Banjir Bandang, 93 Rumah Rusak – Ambon Ekspres
Trending

Banjir Bandang, 93 Rumah Rusak

Sebanyak 645 Jiwa Menjadi Pengungsi

Piru, AE— bencana banjir longsor di dusun Jawa Sakti, Desa Sole, Kecamatan Waesala, kabupaten Seram Bagian Barat, Minggu (3/4), mengakibatkan 93 rumah warga rusak parah. Satu buah mesjid dan 4 ruang SD Negeri Jawa Sakti satu buah Polindes, dan balai desa juga mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Akibat bencana tersebut, sebanyak 645 jiwa terpaksa harus mengungsi di desa Solle. Kepala dusun Jawa Sakti, Rahmat kepada Ambon Ekspres senin (4/4) menjelaskan, banjir terjadi sekira pukul 22.00 wit, saat itu warga belum tidur. Sehingga mereka bisa menyelamatkan diri, meski dengan baju di badan.

Ratusan warga terpaksa kehilangan harta benda. Mereka lebih banyak memilih menyelamatkan diri. Para siswa sekolah dasar juga terpaksa tidak bisa bersekolah. Mirisnya lagi, siswa kelas 6 yang saat ini akan mengikuti Ujian akhir semester terpaksa dititipkan di SD Negeri solle.

Mereka terpaksa mengikuti UAS dengan menggunakan baju biasa. Baju seragam mereka hanyut dibawa banjir dan longsor. Sebagian diantara mereka juga tidak menggunakan alas kaki. Sebagian lagi hanya menggunakan sandal, agar tetap bisa melaksanakan UAS.

BACA JUGA:  Polisi "Bongkar" Lagi SPBU

Rahmat berharap, pemerintah daerah dan pemerintah Provinsi Maluku segera membantu masyarakat di tempat pengungsian. Mereka kini kekurangan  pakaian dan bahan makanan. Sampai kemarin, belum ada bantuan dari pemerintah provinsi.

Kemarin, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah SBB Ardiles Siahaya, dan anggota DPRD dapil Waesala diantaranya Maarup Tomia, Jamadi Darman dan La Ode risnu Judin, meninjau lokasi bencana. Mereka juga bertatap muka dengan penggungsi serta memberikan bantuan logistik berupa, mi instan, beras, selimut, tikar dan makanan kaleng. (CR1)

Most Popular

To Top