RI 1 Lintasi JMP – Ambon Ekspres
Trending

RI 1 Lintasi JMP

Mulai Kemarin JMP Dibuka Untuk Umum

AMBON, AE— Penantian panjang masyarakat Maluku, berakhir sudah. Jembatan Merah Putih (JMP) yang membentang diatas Teluk Ambon, akhirnya diresmikan oleh presiden Joko Widodo, Senin (4/4).  Jembatan yang dibangun dengan  konstruksi bertahan hingga 100 tahun mendatang, dan  masa pemeliharaan selama lima tahun itu, kemarin langsung dibuka untuk umum.

Tiba di Bandara Internasional Pattimura, presiden Joko Widodo yang  didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo,  juru bicara presiden Johan Budi serta wakil ketua komisi V DPR RI Michael Wattimena, disambut gubernur Maluku Said Assagaff, pimpinan DPRD Maluku dan pimpinan TNI/Polri.

Rombongan Presiden langsung  menuju Jembatan Merah Putih. Di sana, telah hadir Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terlihat sudah berada   diatas JMP sekitar dua jam sebelum presiden tiba.

Pengamanan dilakukan secara ketat mulai dari ujung kedua sisi jembatan hingga diatas jembatan. Para pejabat yang mengikuti peresmian hanya diperbolehkan masuk ke jembatan dari sisi Poka dengan terlebih dahulu memperlihatkan kartu  pengenal khusus dan melewati pemeriksaan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kendati demikan, tidak menyurutkan semangat warga yang tidak berkesempatan untuk masuk. Mereka antusias menyaksikan  momen bersejarah itu, meski dari jarak jauh. Di beberapa lokasi pantai desa Poka, terlihat puluhun warga berjejer dan memandang ke atas jembatan walaupun langit Kota Ambon  sedang hujan gerimis.

Warga juga berdiri di tepi ruas jalan yang dilalui presiden dengan maksud  melihat secara  langsung kedatangan presiden.  Jokowi membiarkan kaca mobil yang membawanya terbuka, sehingga dengan leluasa melambaikan tangan kepada warga di sepanjang jalan.

Tidak hanya itu,  Presiden juga  melepaskan saputangan warna  merah yang dipegangnya sejak dari bandara dan menjadi rebutan warga  yang berdiri di  perempatan menuju pelabuhan penyebrangan Feri Poka.

“Biar hujan begini, tapi kami ingin lihat pak Jokowi. Apalagi antua (Presiden), datang untuk peresmian JMP, yang memang sudah kami nantikan agar kami juga bisa menikmati dan menggunakan JMP itu,”kata Ongen salah satu warga Poka, kepada koran ini, saat iring-iringan RI 1 itu, melintas.

Tiba di jembatan JMP sisi Poka pada  sekira pukul 17 : 30 Wit, Presiden pun masuk ke dalam tenda yang telah disiapkan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional dan pemerintah daerah  sebagai tempat penandatangan  prasasti  peresmian  jembatan terpanjang di wilayah timur Indonesia itu.

Presiden yang didampingi Gubernur Maluku dan Menteri PUPR, lalu menabuh tifa dan membubuhkan tandatangannya pada prasasti sebagai tanda peresmian JMP.

Kendati hujan gerimis, namun orang nomor satu Indonesia itu menyempatkan diri untuk meninjau hasil pembangunan JMP, didampingi Gubernur Maluku, ibu negara, Menteri PUPR, dan wakil ketua komisi V.

Setelah semua agenda di atas JMP tuntas, RI 1 pun menuju hotel Natsepa dengan melintas  di atas JMP kearah desa Galala, disusul mobil yang membawa juru bicara presiden Johan Budi, selanjutnya mobil yang membawa gubernur Maluku Said Assagaff, dan sekitar lima mobil lain yang membawa para pejabat lainnya, dikawal ketat aparat keamanan.

“Akhirnya jembatan Merah Putih, jembatan terpanjang di Indonesia Timur sudah bisa dimanfaatkan rakyat Maluku. Jembatan ini menjadi simbol perdamaian, persatuan serta lambang kebersamaan antar warga Maluku.

‘Katong semua basudara’. Jembatan ini, bukan hanya mempersingkat jarak dan waktu tempuh menuju Bandara Pattimura, gerakkan pembangunan wilayah tapi bisa menjadi landmark dan ikon baru Kota Ambon.

Ambon akan semakin manise, semua orang bisa melihat keindahan Teluk Ambon dari jembatan ini, “ tulis Presiden Joko Widodo di laman  Facebooknya, kemarin  setelah meresmikan JMP.

Tiba di hotel Natsepa, presiden disambut Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Dilanjutkan dengan makan malam. Presiden dan rombongan menginap di sana. Dan direncanakan, hari ini, bertolak menuju Manokwari.

Setelah rombongan presiden meninggalkan JMP, warga pun bergegas, melintas diatas JMP, baik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

PENGAMANAN
Sementara itu, pantauan Ambon  Ekspres di sepanjang jalan mulai dari kawasan Bandara Internasional Pattimura, hingga di lokasi peresmian JMP, nampak setiap sudut jalan terutama pertigaan maupun perempatan, ada personil aparat keamanan yang berdiri tegap dengan menggunakan senjata maupun ada yang sebuk mengatur arus lalulintas.

Disetiap kawasan nampak  terlihat belasan personil aparat gabungan TNI-Polri disiagakan untuk menanti kedatangan mantan Wali Kota Solo itu,   Personil yang disiagakan itu menggunakan senjata lengkap.

Tak tanggung-tanggung, sebelum iring-iringan orang nomor satu itu melintas, warga yang sementara beraktifitas dihentikan sejenak, agar Presiden lewat. Misalnya jalur dari arah Waiheru menuju bandara Internasional Pattimura, tepatnya di kawasan Patung Leimena desa Poka dihentikan sekitar setengah jam, hingga iring-iringan Presiden itu lewat.

Walaupun dihentikan oleh aparat keamanan yang telah disiagakan untuk mengamankan iring-iringan rombongan Presiden itu melintas, masyarakat terutama pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat tidak mengeluh. bahkan ada diantara para pengguna jalan itu mengaku bersyukur karena jembatan tersebut bisa diresmikan.

“Syukurlah akhirnya JMP diresmikan oleh Presiden. biar macet asal JMP resmi, supaya kita juga bisa melintas diatas,”kata salah seorang sopir minibus, jenis Avanza, yang tak mau memberitahukan namannya, di kawasan Wayame kemarin.

Hal yang sama juga diterlihat di kawasan Maluku City Mall (MCM). Masyarakat sangat antusias berdiri berjajar memadati ditepi jalan untuk menyaksikan Jokowi melintas, usai meresmikan jembatan tersebut. (MAN/AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!