23 Orang Berebut 5 Rekomendasi Gerindra – Ambon Ekspres
Trending

23 Orang Berebut 5 Rekomendasi Gerindra

Ambon, AE— Fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Partai Gerindra, Sabtu (23/4), ditutup dengan kekaguman panelis terhadap pemaparan visi dan misi Levinus Kariuw. Dia dinilai menguasai masalah, dan materi di dalam visi dan misinya. Gerindra sendiri menyiapkan lima rekomendasi untuk lima calon, dari 23 peserta.

Ini tampak dari pertanyaan-pertanyaan program pengembangan desa, kecamatan sampai pemekaran desa dan kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat yang diajukan para panelis. Empat panelis, Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) M.J.Sapteno, Guru Besar politik dan sosial Tony Pariela, Guru Besar Ekonomi Fakultas Ekonomi Unpatti Jusuf Leiwakabessy, dan akademisi IAIN, Abidin Wakano.

Dalam visi misinya, Levinus menegaskan, akan melakukan pemekaran dusun menjadi desa, seperti di Huamual, Elpaputih, Inamosol, dan Manipa. Dia juga akan memprioritaskan pembentukan kecamatan baru, Kecamatan Sapalewa. “Ini program prioritas saya, dan akan saya wujudkan jika terpilih nanti,” kata Levinus, Balon Bupati SBB, usai pemaparan visi misi di Gedung Wanita, Jalan DI Ponegoro, Kota Ambon, Sabtu (23/4).

Dalam fit and proper test yang dilakukan Gerindra selama dua hari sejak Jumat (22/4) sampai Sabtu (23/4). Proses ini, diikuti 23 kandidat bakal calon Bupati dan Walikota dari lima kabupaten Kota

Dari puluhan kandidat yang tampil menyampaikan visi-misi, dihadapan para pinalis, semua kandidat mengaku, optimis untuk mengantongi rekomendasi Gerindra. Dua kandidat, Levinus Kariuw, Bakal Calon Bupati kabupaten Seram Bagian Barat, dan Ahdar Sopalatu Bakal Calon Bupati Kabupaten Maluku Tengah, juga mengaku optimis mengantongi rekomendasi Gerindra.

Kariuw sendiri, saat tampil dihadapan pinalis yang disaksikan oleh ketua DPD dan pengurus Gerindra se-Maluku, mengatakan kondisi kabupaten Seram bagian Barat saat ini terlihat masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pembangunan di berbagai sektor.

“Inilah momentum strategis untuk memastikan hadirnya figur pemimpin yang kuat dan berkarakter untuk mewujudkan kabupaten yang religius, damai dan sejahtera, serta berkeadilan bagi semua layanan prima birokrasi yang bebas dari KKN,” papar Kariuw, saat mengikuti uji kelayakan di partai Gerindar, Sabtu sore kemarin.
“Dengan penjelasan dari visi-misi kami sebagai Bakal Calon bupati, untuk membangun Seram Bagian Barat, kedepan sudah cukup jelas. Intinya kami hadir untuk melakukan perubahan, perbaikan dan untuk kesejahteran masyarakat,”terangnya.

Dikatakan, alasan lain untuk mendapatkan rekomendasi partai Gerindra, karena wakil yang mendampinginya merupakan kader Gerindara sendiri. “Pak Ode Masihu, yang menjadi wakil saya adalah orang Gerindra. Sehingga peluang untuk mendapatkan rekomendasi dari Gerindra sendiri terbuka dan kami optimis, bila dibandingkan dengan kandidat yang lain,”tegasnnya.

Sementara itu, Ahdar Sopalatu Bakal calon Bupati Maluku Tengah, mengatakan optimis mendapatkan rekomendasi dari partai tersebut. Meski dirinya bukan kader dari partai tersebut.
“Saya bukan kader partai, namun tetap optimis untuk mendapatkan remomendasi. Apalagi wakil yang akan mendampingi saya untuk bertarung di pilkada nanti itu, kalau bisa orang Gerindra sendiri,”katanya.

Sopalatu mengaku, dari kelima bakal calon Bupati Malteng yang mengkuti, fit and proper test, hanya dia sendiri yang berasal dari Seram. “Semua kandidat punya peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi tetapi kita lihat nanti. Karena bagi kami sudah cukup jelas apa yang disampaikan.

Maluku Tengah, butuh keadilan, butuh perubahan, dan butuh kesejahteraan. Dan pimpinan maupun kader partai pasti mengetahui hal itu. Untuk basis, saya orang seram, isteri saya orang Leihitu-Salahutu, Ibu saya Orang Saparua, itulah alasan kami, dan rekomendasi akan ada di tangan kami,” tegasnya. (AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!