Hari ini Hanura Survei Balon Walikota – Ambon Ekspres
Amboina

Hari ini Hanura Survei Balon Walikota

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), hari ini melakukan survei internal terhadap bakal calon bupati dan wakil bupati serta balon walikota dan wawali. Hanura memastikan, survei dilakukan secara objektif dan rasional.

“Pentahapan sebelumnya sudah dilakukan, sehingga besok (hari ini, red) DPP Hanura akan melakukan survei internal terhadap Poly Kastanya, Novida Elizabeth Supit dan Brury Nanulaita selaku balon Walikota dan Sam Latuconsina selaku balon wakil walikota.

Dimana proses survei dilakukan oleh lembaga independen yang ditentukan DPP sekaligus bersama DPP menjalankan. Bahkan bukan saja terjadi di kota Ambon empat kabupaten lainnya yang menyelenggarakan pilkada 2017,” terang Ketua DPC Hanura kota Ambon, Achmad Ohorella, kepada awak media di Balai Rakyat jalan Rijali, kemarin.

Ketua Fraksi Hanura kota Ambon ini mengaku, setelah survei internal, ketua-ketua DPC akan mendengar paparan hasil survei lembaga resmi yang ditunjuk serta dari internal DPP. Selesai survei, DPP menetapkan rekomendasi.
Sementara untuk pendekatan survei, lanjut dia, akan dikombinasikan bentuknya. Karena yang mendaftar tidak dalam bentuk pasang-pasangan. Sehingga akan diolah menjadi hasil yang rasional, objektif dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BACA JUGA:  Bom Rakitan Temuan Masih Aktif

“Misalnya, Polkas (Poly Kastanya) dan Sam akan diduetkan dalam survey, begitu juga Brury-Sam maupun Novida-Sam. Atau bisa hanya Polkas-Sam. Sementara balon lain yakni Brury dan Novida kita akan pasangkan dengan wakil walikota yang sementara mengemuka secara acak. Tentu kita akan lihat perbandingan hasilnya baru kita bisa tentukan pilihan,” tandasnya.

Ohorella menambahkan, indikator pemberian rekomendasi selain hasil survei, juga adalah pendekatan kader, hasil uji kelayakan dan kepatutan serta komitmen kandidat terhadap partai. Sehingga semua kandidat memiliki peluang yang sama.

“Pada akhirnya kita akan lihat rekomendasi ke siapa karena seluruhnya tetap akan diproses sesuai aturan partai dan tidak ada membeda-bedakan. Baik kader maupun non kader. Tergantung siapa yang berpeluang menduduki rating tertinggi pada indikator. Bahkan penetapan rekomendasi, diperkirakan mungkin pertengahan Juni atau awal Juli diberikan ke pasangan calon,” kata dia.
Bukan Calon Bayangan

Sementara itu, tim pemenang Brury Nanulaitta menegaskan, kandidat mereka bukan calon bayang atau boneka seperti diisukan saat ini. Brury serius maju untuk memperebutkan kursi Walikota Ambon dalam Pilwalkot 2017.
Ketua tim pemenang Brury Nanulaita, Eddy Angkota kepada wartawan Rabu (25/5) mengatakan, isu yang berkembang hanyalah permainan tim balon lain. Namun, isu tersebut tidak mematahkan semangat tim dan basis massa yang dimiliki Brury dan dinilai tidak etis.

BACA JUGA:  Kejar Tuan W, Isteri Hentje Diperiksa

Sebagai tim pemenang, mereka tetap memperjuangkan Brury untuk memenangkan pilwakot nanti. Olehnya itu, komunikasi politik secara intens tetap dilakukan.

“Sebagai tim pemenang, kami tetap bantah isu yang tidak jelas itu. Kami juga tahu, bahwa ini adalah permainan dari tim yang lain. Tetapi kami tidak pernah terpengaruh dengan isu itu. Kami akan buktikan pada saatnya nanti, Pak Brury akan maju sebagai calon walikota yang sah bersama wakilnya, bukan seperti apa yang mereka sampaikan,” ungkapnya.

Dia mengaku, memang sejauh ini belum ada kepastian siapa yang akan berpasangan dengan Brury. Penetapan bakal calon wawali akan dilakukan setelah kepala di Pekerjaan Umum (PU) Kota Ambon itu mendapatkan rekomendasi partai politik.

Eddy dan tim pemenang sangat yakin, Brury akan mendapatkan rekomendasi PDIP dan Demokrat. “Kami sangat yakin rekomendasi Demokrat dan PDIP akan diberikan kepada Pak Brury. Karena PDIP yang mendorongnya maju sebagai calon walikota,”pungkasnya. (MG2)

Most Popular

To Top