Tagob Dilantik 22 Juni – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Tagob Dilantik 22 Juni

Namrole, AE.–– Gubernur Maluku Said Assagaff memastikan, pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Tagob Sudarsono Soulisa-Buce Ayub Seleky akan dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Buru Selatan periode 2016-2021 pada tanggal 22 Juni 2016 mendatang.

Kepastian pelantikan ini, disampaikan Assagaff saat dikonfirmasi Ambon Ekspres disela-sela kunjungan kerja di Kabupaten Buru Selatan dalam rangka meresmikan Mesjid An-Nur desa Wailikut kecamatan Waesama, Minggu (29/5) siang kemarin.

“Saya pastikan proses pelantikan akan berjalan pada 22 Juni 2016 mendatang, tepat di hari terakhir masa jabatan Soulisa-Seleky pada periode pertama,” sebutnya. Kata Assagaff, usulan berkas pasangan bupati dan wakil bupati terpilih pada 9 Desember 2015 itu sudah dilakukan seminggu yang lalu.

“ Kita sudah usulkan berkas satu minggu yang lalu ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), dan kita berharap dalam waktu dekat, Surat Keputusan (SK) terkait dengan SK pelantikan sudah bisa diterima pemerintah provinsi Maluku. Sehingga persiapan untuk proses pelantikan bisa dilakukan,”harapnya.

BACA JUGA:  Jaksa Usut Dana Bencana Ambalauw

Ditanya kapan SK itu bisa diterima, Assagaff yang juga mantan wakil gubernur Maluku ini mengaku, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri agar SK tersebut dapat segera diproses. Kalaupun, lanjut dia, dalam kurun waktu tiga hari SK itu belum juga diperoleh, koordinasi akan dilakukan lagi untuk memastikan penerbitan SK pelantikan.

“ Kalau tiga hari belum ada, saya akan telpon untuk mengecek SK itu sudah siap atau belum, sehingga proses pelantikan bisa dilakukan sesuai dengan waktu yakni 22 Juni 2016 mendatang,” terang dia.

Wakil Bupati kabupaten Buru Selatan yang mendampingi gubernur disela-sela peresmian Mesjid An-Nur juga meminta masyarakat untuk tidak lagi mempersoalkan proses pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. “ Dihadapan gubernur saat ini, saya mau tegaskan, Pilkada Buru Selatan sudah selesai, dan tinggal saja proses pelantikan dilakukan,”tegasnya.

Hal ini kata dia, penting untuk disampaikan, karena pasca penetapan KPU Bursel yang menetapkan pasangan Tagob Sudarsono- Buce Ayub Seleky sebagai pemenang pilkada, yang dikuatkan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) serta penetapan pengusulan oleh DPRD Kabupaten Buru Selatan, masih ada saja kelompok masyarakat yang tidak mengakui hal itu.

BACA JUGA:  Pempus Siapkan Skema Pembiayaan Masela

“ Masih ada saja, sebagian orang yang belum menerima keputusan itu. olehnya itu saya mau tegaskan sekali lagi di hadap Pa Gubernur Maluku Said Assagaf, Pilkada Bursel sudah selesai dan tinggal pelantikannya saja,”tegas Seleky yang juga mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) itu. (ESI)

Most Popular

To Top