Nasdem Masih Rahasiakan Hasil Survei – Ambon Ekspres
Politik

Nasdem Masih Rahasiakan Hasil Survei

Ambon, AE.–– Partai Nasional demokrat secara resmi telah menyerahkan rekomendasi kepada bakal calon Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal. Elektabilitasnya yang mencapai 45 persen ini berdasarkan survei Indo Barometer menjadi acuan Nasdem mencalonkan bupati Malteng aktif ini. Namun sampai kemarin, Nasdem belum mau membeberkan hasil surveinya di Malteng dan Kota Ambon.

“Rekomendasi sudah saya terima. Ini bentuk kepercayaan publik ke saya melalui Nasdem. Saya akan bekerja optimal untuk mewujudkan kepercayaan mereka. Kepercayaan ini tak mudah. Namun harus saya wujudkan,” kata Abua kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Sebelumnya survei Index juga menempatkan Abua sebagai bakal calon dengan elektabilitas tertinggi. Index juga akan melakukan survei kembali tahun ini. “Soal ada yang meragukan hasil survei kami, baiknya jangan beropini. Tampilkan juga hasil surveinya dengan metodologi yang jelas, agar publik jadi tahu,” kata peneliti Index, Nendy Kurniawan Asyari, kemarin.

Soal rekomendasi dari parpol lain, Abua mengatakan, komunikasi masih tetap berjalan, dan kemungkinan ada rekomendasi juga dari beberapa parpol. “Pasti lah ada parpol lain yang mengusung saya. Yang penting diberikan kepercayaan, akan saya jaga kepercayaan itu,” ungkap dia.

BACA JUGA:  2 Polisi Masih Digarap Propam

Nasdem juga akan menyerahkan rekomendasi kepada Richard Louhenapessy. Richard diusung juga karena dia memiliki elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei Indobarometer. Dalam survei itu, Sam Latuconsina juga menempati urutan teratas peraih elektabilitas tertinggi untuk calon Wakil Walikota Ambon.

Salah satu fungsionaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Maluku, Man Kabakoran mengatakan, pihaknya belum bisa mempublikasikan hasil survei Pilkada Kota Ambon dan Maluku Tengah. Alasannya, hasil survei akan dikeluarkan, setelah deklarasi dukungan Nasdem kepada Louhenapessy yang direncanakan pada Sabtu (4/6).

“Kami belum bisa mengeluarkan hasil survei. Jadi, nanti saja. Mungkin setelah penyerahan dukungan kepada Louhenapessy tanggal 4 Juni ini,”kata Kabakoran di sekretariat DPW Partai Nasdem Maluku, Selasa (31/5).

Sementara itu, sumber lain di Nasdem menyebutkan, terdapat beberapa pertimbangan, sehingga Nasdem belum mengumumkan hasil survei Indo Barometer tersebut. Dua diantaranya, Louhenapessy belum memutuskan bakal calon wakil walikota dan masih terjadi pro kontra di internal Nasdem.

BACA JUGA:  DPRD Sasar K2 Bodong

“Memang diakui, masih terjadi tarik ulur soal hasil survei. Sebagian besar, tidak setuju dengan hasil survei, dimana Louhenapessy punya angka tertinggi,” kata sumber ini.

Tetapi menurut dia, hasil survei Indo Barometer sudah objektif dan rasional dengan menempatkan Louhenapesssy sebagai balon walikota yang memiliki angka tertinggi. Sehingga, rekomendasi dukungan diberikan kepada kader Golkar itu.

Berapa angka hasil survei Richard Louhenapessy dengan dua balon lainnnya, Paulus Kastanya dan Brury Nanulaita?, ia enggan membeberkannya.”Hasil saya sudah lihat. Tapi, nanti saja. Pada saatnya akan disampaikan, ”pungkasnya.

Di Seram Bagian Barat, Partai Golkar mulai menyiapkan skenario kedua, jika Ketua DPD Golkar Seram Bagian Barat, La Husni tidak berhasil mengangkat elektabilitasnya. “Ada skenario kedua,” ungkap sumber Ambon Ekspres, kemarin.

Skenario kedua itu, kata dia, menyiapkan calon lainnya menggantikan La Husni. Sekretaris DPD Partai Golkar Frans Purmiasa, disiapkan sebagai langkah strategis, jika elektabilitas La Husni tidak terdongkrak naik. “Kita berharap, pa Husni bisa bergerak dan melakukan konsolidasi agar tingkat elektabilitasnya jauh lebih baik,” ungkap sumber di DPD Partai Golkar Maluku ini.(TAB)

Most Popular

To Top