Residivis Pencuri Motor Kembali Diringkus – Ambon Ekspres
Metro Manise

Residivis Pencuri Motor Kembali Diringkus

AMBON, AE— Aparat kepolisian kembali menangkap salah seorang pelaku pencurian sepeda motor (curanmor). Pelaku diketahui bernama Mohammad Nazir Angkotasan. Dia sudah dijebloskan ke rumah tahanan (rutan) Polres Ambon. Sementara salah satu pelaku dalam pengejaran polisi.

KBO Satreskrim Polres Ambon, Iptu Izaak Salamor mengungkapkan, penangkapan terhadap pelaku terjadi di kawasan Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Saat itu pelaku hendak melakukan transaksi hasil curian dengan salah seorang pemilik bengkel dikawasan tersebut.

Aparat kepolisian Polsek Salahutu yang mengetahui itu langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku. “Dia ditangkap anggota Polsek Salahutu, Senin (30/5) pukul 15.00 WIT. Saat itu dia sementara melakukan transaksi penjualan hasil curian, ada anggota yang mengetahui kemudian menangkap pelaku,” ungkap Salamor kepada wartawan, Selasa (31/5).

Salamor menjelaskan, setelah diamanakan pelaku kemudian digiring ke Polres Ambon untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku diketahui menggasak sepeda motor merek Yamaha dengan nomor polisi DE 2217 NA milik warga Kayu Putih, Kecamatan Sirimau. Korban diketahui bernama Samuel Hendrick Siwabessy. ”Jadi, pelaku bersama salah satu temannya mencuri sepada motor ini pada Selasa (24/5) sekitar pukul 04.00 Wit di Kayu Putih,” cetus Salamor.

Sebelum pencurian itu terjadi, awalnya pada Senin (23/5) salah satu anak korban menggunakan sepada motor tersebut untuk pergi ke Kampus UKIM guna mendaftar kuliah. Setelah kembali kemudian dia memarkirkan sepada motor itu di depan Gereja Lazarus Kayu Putih tanpa mengunci stir.

Keesokan harinya, sepada motor sudah tidak berada ditempatnya. Pemilik kendaraan sempat melakukan pencarian namun tidak ditemukan. Korban tidak langsung melaporkan kejadian itu. Kasus itu resmi dilaporkan setelah pelakunya tertangkap polisi. ”Pelaku mengambil motor ini dengan cara mendorong dengan menggunakan sepada motor lainnya sampai ke kedalam kota. Kemudian dibuka kabel dan dihidupkan mesin,” kata Salamor.

Menurut Salamor, pelaku yang telah diamankan ini merupakan resedivis dengan kasus yang sama baru saja bebas dari penjara. Kurang dari tiga bulan bebas, pelaku kembali mengulangi perbuatannya. ”Dia ini juga resedivis kasus pencurian motor dan baru saja keluar penjara,” imbuhnya.

Dalam pemeriksaan polisi, sepada motor yang digunakan pelaku dan temannya menuju lokasi kejadiaan (TKP) itu merupakan hasil curian. Sepada motor itu di curi temannya dari Pulau Buru. Selaian itu, dalam jangka beberapa bulan terakhirnya setelah dibebaskan pelaku sudah mencuri enam unit sepada motor dengan TKP berbeda.

Ada yang dari luar Kota Ambon dan juga di Kota Ambon. ”Motor yang dipakai ke lokasi kejadian itu juga hasil curian dari Namlea. Ada enam unit sepada motor yang sudah dicuri. Sementara baru satu yang kita amankan. Sedangkan lain sisanya masih dalam penyelidikan,” jelasnya.

Salamor menandaskan, teman pelaku yang kabur masih dalam pengejaran. ”Identitas temannya itu sudah kita kantongi. Sementara dalam pengejaran,” beber Salamor sembari menambahkan pelaku bakal dijerat pasal 363 KUHPidana. ”Ancaman hukumannya 7 tahun penjara,” tegas Salamor.(ERM)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!