Louhenapessy tak Lagi Lepas Sanaky – Ambon Ekspres
Politik

Louhenapessy tak Lagi Lepas Sanaky

AMBON,AE.—Pertanyaan masyarakat Ambon terkait siapa bakal calon Wakil Walikota yang mendampingi Richard Louhenapessy untuk bertarung dalam Pilwakot 2017 mendatang, sudah mulai terjawab. Louhenapessy hampir pasti menggandeng Sanaky sebagai wakilnya.

Hal ini tergambar dalam acara pelantikan Raja Hutumuri, di Hutumuri, Jumat (3/6). Informasi yang dihimpun Ambon Ekspres langsung dari Max Pattiapon, menjelaskan, dalam sambutannya, Louhenapessy, sempat menyebut Sanaky sebagai wakilnya.

Sanaky yang juga berada di sana saat itu, tutur Max, langsung berdiri dari tempat duduknya. Warga dan tetamu yang hadir dalam acara tersebut, kemudian bertepuk tangan dan memberikan apresiasi.
“Jadi, memang ada pernyataan pak Ris itu, ‘yang akan mendampingi saya’. Ada pertanyaan seperti itu yang ditunjukkan kepada pak Lutfi.

Dan pernyataan itu membuat ramai. Iya, beliau sebut kata itu. Heboh betul. Langsung pak Lutfi berdiri dan mendapatkan apresisasi yang luar biasa,” kata Max yang dihubungi Ambon Ekspres via seluler, tadi malam.

BACA JUGA:  Golkar Tunda Penetapan Richard-Syarif

Max mengaku, Louhenapessy seperti terpengaruh suasana saat itu yang sangat ramai dipadati sekitar sepuluh ribu orang. Mereka berasal dari Hutumuri sendiri, Siri Sori Sarani, Siri Sori Islam, Wai, Haria, Tengah-Tengah dan Hitumessing.

“Sekitar lebih dari 10 ribu orang. Luar biasa banyak. dan memang karena suasananya begitu ramai, sehingga ekspresinya seperti itu,”kata kader Partai Golkar itu.

Namun, baik Louhenapessy maupun Sanaky belum dapat dikonfirmasi terkait informasi ini. Tiga kali Ambon Ekspres mencoba menghubungi Louhenapessy dan empat kali untuk Sanaky, tapi tidak diterima. Pesan pendek juga tidak dibalas hingga berita ini diturunkan.

Pengamat politik Universitas Darussalam Ambon, Ali Roho Talaohu menilai, jika Louhenapessy dan Sanaky berpasangan dan melawan balon pasangan Poly Kastanya dan Sam Latuconsina, maka peluang menangnya sama. Karena, masing figur punya kekuatan yang nyaris seimbang.

Dari sisi incumbent, lanjutnya, pasti kekuatan Louhenapssy maupun Sam, akan terbagi. Baik di level akar rumput maupun kalangan birokrasi. Selain, keduanya sama-sama memiliki finansial.

BACA JUGA:  21 September Kandidat Mendaftar

“Kekuatan incumbent akan terbagi. 50 persen untuk Richard dan 50 untuk Sam. Sebab, tidak dipungkiri bahwa, Sam juga adalah bagian dari incumbent, meski dia hanya wakil walikota,” kata dia.

Sementara itu, dari sisi ketokohan figur muslim, menurut Ali, juga nyaris seimbang antara Sam dan Lutfi Sanaky. Lutfi sebagai politisi, tentu punya massa. Begitu juga, Sam yang kendati tidak berada pada partai politik tertentu, tapi memelihara basisnya sejak ia terpilih sebagai wakil Walikota.

“Kalau dari sisi kefiguran, ya setelah pak Sam ada Pak Lutfi Sanaky dan Syarif Hadler. Karena itu, saya kira, basis massa muslim pak Lutfi juga hampir seimbang dengan Sam,”ulasnya.

Sementara itu, di kalangan pemilih Kristen, kata dia, Poly lebih sedikit diunggulkan daripada Louhenapessy. Namun, tidak dipastikan, apakah masih tetap seperti kondisi yang ada hingga pencoblosan atau berubah, karena sosialisasi dan konsolidasi politik masih terus dilakukan.

“Karena itu, jika terjadi head to head dan Poly-Sam diusung PDIP, maka saya kira peluangnya seimbang. Karena masing-masing punya kelemahan dan kekurangan. Kalaupun nantinya siapa yang menang, tidak terlalu signifikan perbedaan suaranya,”pungkasnya.

BACA JUGA:  Kisah Mengharukan Safrina, Penderita Cerebral Palsy, Kuliah Hingga S-2

Sementara itu berdasarkan hasil survei Indo Barometer beberapa waktu lalu, bakal calon Wakil Walikota Ambon yang memiliki elektabilitas tertinggi, adalah Sam Latuconsina. Perbedaannya dengan peraih kedua elektabilitas tertinggi cukup jauh.(TAB)

Most Popular

To Top