3 Pasangan Balon Terbentuk – Ambon Ekspres
Politik

3 Pasangan Balon Terbentuk

AMBON,AE.— Format bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon 2017-2022, mulai terbentuk dengan dua pasangan. Komunikasi politik pun kian diintensifkan. Hasilnya, beberapa partai politik memberi lampu hijau mengusung mereka. Sampai kemarin, ada tiga pasangan bakal calon yang sudah berniat maju, termasuk satu balon Walikota Ambon.

Dua bakal calon pasangan yang mengemuka saat ini, adalah Richard Louhenapessy-Lutfi Sanaky dan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif (Sam) Latuconsina. Kendati belum ada pengakuan atau deklarasi resmi, namun negosiasi politik antara Richard dan Lutfi mulai sampai pada kata sepakat berpasangan.

Dalam sambutannya pada acara pelantikan Raja Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Jumat (3/6) Richard menyinggung posisi Lutfi sebagai balon wakilnya. Lutfi juga ada saat itu. Pun pada penyerahan rekomendasi Partai Nasdem, Sabtu (4/6) di aula Xaverius, Luffi juga terlihat di sana.

Dikonfirmasi langsung oleh wartawan seusai penyerahan rekomendasi partai Nasdem, Richard mengaku, Lutfi merupakan calon wakil Walikota yang paling berpeluang ia gandeng. Hasil survei jadi rujukannya.
Selain Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB) juga telah memberikan sinyal kepada Richard. Namun, partai yang memiliki 2 kursi DPRD itu, masih merahasiakan nama balon wakil walikota yang akan dicantumkan dalam SK rekomendasi untuk mendampingi Richard.

”Yang pasti, rekomendasi PBB itu paket pasangan. Karena itu, kami tunggu sampai pak Ris tentukan wakil, baru rekomendasi dikeluarkan,”kata ketua tim penjaringan bakal calon Walikota dan wakil Walikota DPC PBB Kota Ambon, Poly Yoris.

Partai lain yang disebut-sebut hampir pasti mengusung Richard tanpa pasangan maupun resmi dengan Lutfi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 4 kursi, Golkar 4 kursi dan PKPI 2 kursi.

Sementara itu, Poly-Sam juga terus berkomunikasi dengan sejumlah parpol. PDIP, Hanura, PKS, PPP, dan Demokrat, menjadi target pasangan yang berakronim PANTAS ini. Hanura, PKS, dan PPP disebut-sebut hampir pasti mengusung pasangan ini.

Brury Nanulaitta yang juga berniat ikut dalam pilwakot, yakin akan diusung oleh PDIP, maupun Demokrat. Namun hingga kini belum diketahui dengan siapa dia akan berpasangan. Awalnya, nama Ridwan Marasabessy disebut-sebut bakal digandeng Brury, hanya saja sampai kemarin, belum ada pernyataan resmi soal pasangannya.

Ketua DPW PKS Maluku Asiz Sangkala, belum mau bicara soal pilkada. Tetapi, sebelumnya Azis mengaku, semua bakal calon punya peluang yang sama, karena survei masih berlangsung saat itu.”Mau memasuki kepala puasa, jangan kita bahas itu dulu, ”singkatnya via sms.

Wakil ketua DPD PDIP Maluku Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) Hendrik Sahureka mengatakan, semua bakal calon berpeluang diusung.”Semua balon punya peluang yang sama. Survei sudah selesai dilakukan, tapi belum dilaporkan ke DPD,”singkat dia.

Pengurus DPD Partai Hanura Maluku, Boby Gunawan Tianotak mengatakan, untuk Pilwalkot, lembaga survei dari DPP baru menyelesaikan survei pekan kemarin. Namun, ia belum mengetahui hasilnya.
”Jadi, belum ada informasi soal itu. Memang survei sudah selesai. Tapi hasilnya belum diketahui. Kemungkinan dalam minggu ini bisa diketahui,”katanya.

Dia melanjutkan, masih ada tahapan yang dilalui, yakni rapat bersama DPD Maluku dan DPC Hanura kota Ambon dan kepengurusan ditingkat kecamatan dan desa.”Nanti, kalau sudah ada rapat dengan DPD, baru bisa ketahui arahnya ke siapa,”tambahhnya.

Untuk pasangan independen, bakal calon Elsina Elisabeth Latuheru Syauta (Elsye) dan Muhammad Azis Tunny (Agil) mendeklarasikan diri maju dari jalur independen pada tanggal 20 Mei lalu di kawasan monumen pahlawan J. Leimena di Poka, Ambon.

Pasangan ini sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 15 ribu Kartu Tanda Penduduk dari syarat yang ditentutkan sebesar 25 ribu lebih. Agil optimis, dengan waktu tersisa dua bulan syarat minimal akan dipenuhi, bahkan melebihi target.

“Kami yakin akan menjadi peserta pilwakot. Antusias masyarakat cukup tinggi dengan kehadiran kami, sebagai calon yang mengusung perubahan. Pemerintahan hari ini, tidak banyak memberikan perubahan, karena itu, kami menawarkan perubahan yang lebih menyentuh kepentingan masyarakat banyak,” pungkas Agil.(TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!