Amri: CSR di Maluku Belum Terlihat – Ambon Ekspres
Ragam

Amri: CSR di Maluku Belum Terlihat

Ambon, AE.––Pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) dirasa perlu ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, sehingga perusahaan pelaksana CSR memiliki pegangan dalam melaksanakan CSR yang tepat sasaran. di Maluku sendiri implementasi CSR sama sekali belum nampak.

“Pelaksanaan CSR perlu diatur sehingga tidak hanya sekedar bantuan sosial, tapi mampu memandirikan masyakarat” kata Anggota Komisi VIII DPR RI, Amrullah Amri Tuasikal kepada wartawan saat kunjungan kerjanya ke Balikpapan, belum lama ini.

Amri juga menjelaskan, banyak masukan dari berbagai kalangan, khususnya para akademisi, agar Indonesia sebaiknya punya definisi CSR sendiri menyesuaikan dengan konteks permasalahan di Indonesia. Sejauh ini, CSR yang diadopsi perusahaan Indonesia menggunakan Community Involvement and Development yakni kebijakan perusahaan untuk kegiatan sosial.

Menurut Amri, pemerintah dirasa perlu untuk membuat aturan yang jelas sebagai acuan untuk perusahaan dalam melaksanakan CSR. CSR dilakukan untuk memenuhi biaya pemberdayaan masyarakat, untuk itu diperlukan social mapping yang melibatkan Pemerintah daerah.

“CSR itu perlu aturan yang jelas, dibuat road map sehingga program ini dibuat untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Dan harus ada laporan. Dan terakhir buat payung program yang memayungi program-program CSR, sehingga semua program CSR menjadi terarah. Selain itu, juga harus memakai data kemiskinan,” tambahnya.

Amri yang berasal dari Daerah Pemilihan Maluku ini, mencontohkan dapilnya yang belum terlihat jelas pelakasanaan CSR dari perusahaan yang ada di Maluku. Dia mencontohkan CSR perusahaan di sektor perikanan dapat memprioritaskan CSRn-ya untuk pengembangan kapasitas masyarakat pesisir di sektor perikanan dan kelautan.

Jika yang dilakukan melalui CSR itu diseuaikan dengan kebutuhan dan karakter masyarakatnya maka upaya pengentasan kemiskinan pun dapat berjalan. Pengentasan orang miskin selama ini keliru, karena orang miskin dibantu menjadi tidak mandiri. Yang cocok pengentasan adalah pengangguran. Contoh CSR tanam pohon, tetapi setelah acara berakhir, berakhirlah semua. Apakah CSR yang seremonial yang Indonesia inginkan. Tanam pohon, tidak diurus akhirnya mati,” ujar Amri.(ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!