Rekomendasi Bersyarat dari PDIP – Ambon Ekspres
Politik

Rekomendasi Bersyarat dari PDIP

AMBON,AE––Ketua DPD PDI Perjuangan Edwin Adrian Huwae mengatakan, PDIP bisa mencalonkan Richard Louhenapessy sebagai Walikota Ambon, dengan syarat harus menggandeng kader banteng moncong putih itu. Jika tidak, rekomendasi PDIP kepada Ketua DPD Golkar Kota Ambon itu, tak akan mungkin diberikan.

Sampai kemarin, Richard tetap menginginkan berpasangan dengan Lutfi Sanaky, kader Partai Gerindra. Konsolidasi mereka terus dilakukan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Richard dan Lutfi selalu bersama menghadiri beberapa kegiatan.

“Semua itu bisa saja terjadi, rekomendasi PDIP diberikan kepada RL (Richard Louhenapessy). Asalkan RL harus menggandeng kader PDI Perjuangan sebagai wakilnya, dan saya kira tidak masalah. Tetapi kalau gandeng kader lain, ya saya kira untuk rekomendasi sabar dulu,”ujarnya.

Sementara itu, bakal calon Walikota Ambon periode 2017-2022 Jhon Jokohael, mengatakan persaingan dalam perebutan rekomendasi bagi setiap balon walikota sangt ketat. Olehnya itu DPP PDIP harus teliti ketika mengeluarkan rekomendasi. Seharusnya yang diutamakan adalah kader, jika ingin memenangkan piwalkot.

“PDIP harus mengutamakan kadernya. Saya jamin jika DPP memberikan rekomendasi kepada saya sebagai calon Walikota Ambon, tentu PDIP akan menangkan pertarungan ini, biarpun yang di lawan adalah petahana. Itu bukan persoalan bagi saya. Namun sebaliknya, jika rekomendasi itu nantinya diberikan kepada orang lain, itu berarti jangan mimpi untuk PDIP bisa menangkan pertarungan ini,” ungkap Jhon kepada wartawan di kantor DPRD Maluku Selasa (7/6)

Dia berharap kepada DPP PDIP, sebelum mengeluarkan rekomendasi, perlu dilakukan pertimbangan dan dengan baik. Sehingga dukungan PDIP dengan kekuatan dan basis yang begitu banyak, tidak sia-sia hanya karena salah mengusung kandidat.

Keyakinannya bisa menang, jika diusung PDIP, karena pernah menjadi anggota DPRD Kota Ambon selama dua periode. Ini menandakan tingkat pengenalannya di masyarakat, baik dikalangan muslim maupun kristen sudah tinggi. Bahkan itu sudah menjadi basisnya selama ini.

Untuk Balon Walikota dan wakil Walikota Ambon, PDIP hanya punya tiga kader yang maju, yakni Jhon Jokohael sebagai calon Walikota, dan Wakil Muhammad Tadi Salampessy serta Sam Hatapayo sebagai balon wawali.

“Ya mestinya DPP harus objektif panggil kami bertiga, lalu tanya dari ketiga ini masing-masing harus mengambarkan potensi kemenangannya, dengan adanya seperti itu, DPP dapat menilai ketiga kader ini, dan harusnya seperti itu. Jika DPP tidak melakukan metode seperti itu, ya sudah nanti kita lihat saja. Dan saya pastikan rekomendasi PDIP yang diberikan kepada selain kader, pastinya akan kalah dalam pertarungan nanti,” ujarnya
PPP

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Ambon, Rovik Akbar Afifudin kepada Ambon Ekspres, di Balai Rakyat Belakang Soya, Kamis (08/6), mengaku, PPP merupakan partai terbuka. Karena itu, semua kandidat punya peluang.

Soal informasi PPP berpeluang mendukung Richard, kader muda PPP itu membantahnya.“Soal informasi kader yang akan diusung berpasangan dengan Pak Richard, saya baru dengar. Tetapi PPP ini partai terbuka, dan hasilnya untuk siapa yang diberikan rekomendasi oleh DPP, maka itu yang akan kita amankan. Jadi tidak ada itu informasi soal dukung-dukungan, ”katanya.

Menurutnya, PPP juga merupakan partai besar dan terbuka dalam membangun komunikasi politik dengan partai politik lainnya. Karena itu, tidak menutup kemungkinan bagi non kader yang telah mendaftar sebagai bakal calon yang akan direkomendasikan.

“Kita punya kader terbaik yakni Syarif Hadler, Afras Pattisahusiwa dan Sam Latuconsina. Maka silakan publik menilai. tetapi semua balon yang mendaftar punya kesempatan yang sama. Yang jelas kita punya cara untuk mengukur kemenangan, dan memberikan rekomendasi. Siapa yang direkomendasikan DPP, maka itulah yang berhak,”paparnya.

Ditanya soal kepastian pendaftaran, Rovik mengaku, setelah setelah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PPP. Pihaknya berharap, bisa dimulai bulan ini.
“Jadi diharapkan bulan ini PPP buka pendaftaran bagi umum. Juknisnya sudah selesai dan kita menunggu arahan DPP. Dimana kita akan buka tahapan penjaringan hingga pada rekomendasi, ”pungkasnya.(MG2/ISL)

Most Popular

To Top