Proyek Air Bersih Wailulu Mubasir – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Proyek Air Bersih Wailulu Mubasir

Masohi, AE,––Proyek penyediaan air bersih bagi masyarakat di SD Negeri 2 Wailulu Kecamatan Seram Utara Barat Mubazir. Proyek dengan anggaran ratusan juta yang bersumber dari Dinas pertanian dan Peternakan Kabupaten Maluku Tengah tahun anggaran 2015 sama sekali tidak dapat dimanfaatkan oleh warga yang merupakan sasaran dari keberadaan proyek itu.

“Proyek yang dikerjakan oleh Salmon Pontoh itu sama sekali tidak dapat dimanfaatkan oleh warga. Ada sumur bor, bak penampung, mesin pompa air, tapi air tidak ada,” ungkap Anggota DPRD Maluku Tengah daerah pemilihan Kecamatan Seram Utara Barat, La Taslim.

Cilakanya, kata La Taslim, masalah ini sudah dilaporkan kepada dinas terkait, namun tidak ada upaya atau langka perbaikan. DPRD juga sudah mendapat laporan, dan memanggil pelaksana proyek, namun Salmon tak pernah menghadiri panggilan. “Semua upaya telah dilakukan tapi tidak ada upaya perbaikan terhadap proyek yang ada,” kesalnya.

Di daerah itu, masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Pemerintah lewat Dinas Pertanian dan Peternakan menyiapkan proyek untuk menambah pasokan air bersih. Proyek sudah dibangun, namun sampai kemarin, tidak ada air bersih yang bisa dinikmati masyarakat Wailulu.

“Untuk mendapatkan air bersih, masyarakat setempat harus menggali sumur di pinggir sungai, ditapis baru diminum. Tapi kalau musim hujan sumur yang digali tidak bisa difungsikan sama sekali. Proyek ini kan diarahkan untuk menjawab persoalan masyarkaat jadi jangan dijadikan sarana mencari untung semata,” kata dia.

Halimun Sahulatu, anggota DPRD Malteng dari Demokrat, meminta setiap proyek yang dikerjakan diarahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi kalau proyek itu bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat banyak seperti air bersih, pendidikan, maupun kesehatan.

Dia berharap dinas terkait dan rekanan bisa secepatnya selesaikan proyek yang kini sangat dibutuhkan masyarakat. Ini penting, agar kesalahan orang per orang tidak ditimpahkan ke pemerintah secara keseluruhan. “Harus diperbaiki. Ini penting agar pemerintah tidak disalahkan,” pungkas dia.(MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!