Konsolidasi Akbar PKST Malteng – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Konsolidasi Akbar PKST Malteng

Persatuan Keluarga Sulawesi Tenggara (PKST) salah satu pagyubun terbesar yang tersebar di kabupaten kota di Maluku. Tak heran, bila PKST selalu menjadi incaran para kandidat kepala daerah yang ingin merebut kursi kepala daerah. Ini disebabkan populasi masyarakat Sultra di Maluku yang sangat besar.

Di Maluku Tengah, anggota PKST juga cukup besar. Konsolidasi akan segera dilakukan menghadapi pelaksanaan musyawarah besar (Mubes) dalam waktu dekat ini. “Mubes akan digelar,” kata Koordinator PKST, La Ruadiani, Sabtu (18/6), usai buka puasa bersama paguyubun PKST.

Hadir dalam buka puasa bersama yang dipusatkan di gedung Paguyuban Jawa Ina, komponen masyarakat Maluku Tengah asal Sulawesi Tenggara yang terhimpun dalam 16 Ikatan Keluarga pada 18 kecamatan di Maluku Tengah. Hadir pula Kepala Kementerian Agama Malteng, Usman Bahta, Dandim 1502/ Masohi Letkol Inf Arm Yogo Widiatmoko,serta Polres Malteng.

Ruadiani dalam kesempatan tersebut mengatakan, paguyuban tersebut sebagai wadah penghimpun seluruh komponen masyarakat yang berasal dari Sultra.

BACA JUGA:  Duit Pelicin Masuk Tambang

Kegiatan itu sedianya dilakukan atas persetujuan bersama seluruh sub etnis Sulawesi Tenggara yang berada di Maluku Tengah diantaranya paguyuban Gulamas, Tomia, Wangi-wangi, Wabula, Siompo, Kabaena, Kolaka, Kendari, Pulau Makasar, Wolio, Kadatua, Cia-cia, Muna, Kamaru dan Lasalimu serta pewakilan pimpinan anak cabang.

Menurut Rudiani, ini merupakan konsolidasi awal menghadapi musyawarah besar perdana yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Dimana, eksistensi PKST kabupaten Malteng diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah bukan saja secara lahir, tapi juga bathin.

Yang terpenting kata dia pra musyawarah ini sebagai komitmen bersama Seluruh sub etnis Sulawesi Tenggara. “Untuk membangun Maluku Tengah yang lebih baik kedepan dan itu sudah dibuktikan oleh PKST selama ini bukan saja lahir tapi juga bathin,” ujarnya.

Menyinggung kepengurusan PKST kedepan nya, Rudiani menerangkan, jika seluruh sub etnis dari masing-masing paguyuban telah menentukan sikap dan komitmen bersama agar figur diputuskan secara aklamasi. “Itu komitmen bersama dimana semua menginginkan bpk Mayor Inf La Ode Muhammad,” terangnya.

BACA JUGA:  3 Transaksi “Haram” Bank Maluku

Yang pasti tambahnya, desein besar organisasi tersebut secara internal menjadi wadah penghimpun aspirasi masyarakat Maluku Tengah asal Sulawesi Tenggara yang berada di bumi Pamahanunusa dan secara eksternal adalah bersama-sama pemerintah daerah memberikan konstribusi bagi pembangunan daerah.(ANC)

Most Popular

To Top