Richard Diantara Pilihan Sulit – Ambon Ekspres
Politik

Richard Diantara Pilihan Sulit

Sanaky: RL dan Saya Tak Pernah Putus

AMBON, AE—Memilih satu diantara selusin bakal calon Wakil Walikota Ambon, terasa sulit bagi Richard Louhenapessy. Pertimbangan yang bersandar pada dukungan partai, terutama PDI-Perjuangan, membuat kader Golkar ini bisa saja melepas Lutfi Sanaky yang selama ini dikabarkan sudah dipinang Richard Louhenapessy.

Beberapa balon wawali yang siap berpasangan dengan Richard, diantaranya anggota DPRD Maluku, Lutfi Sanaky, Ketua DPW PPP Maluku, Syarif Hadler Ketua DPW PBB Maluku, Saleh Wattiheluw, Irma Betaubun, Haji Muin, Saiful Almaskati, Zaharudin Latuconsina,  Rizal Sangadji, dan beberapa orang lainnya. Namun, sampai kemarin, belum satupun dipilih.

Sebagian diantaranya mengaku, intens menjalin komunikasi dengan Richard. Namun, dalam beberapa kesempatan, Richard dan timnya selalu memastikan akan memilih Lutfi Sanaky. Lutfi Sanaky juga optimis akan didukung Richard. Ini didasarkan pada konsolidasi dan komunikasi yang terus dilakukan antar dua politisi berbeda partai politik itu.

Lutfi yang hampir dipastikan direkomendasi Partai Gerindra ini telah membangun konsolidasi dan membangun simpul pemenangan di beberapa lokasi. Spanduk pencitraan juga sudah dipasang dibeberapa sudut Kota Ambon. Namun belakangan, Richard mulai tertarik dengan pilihan lain, diantaranya tawaran PDIP.

Ketua DPD PDIP Maluku, Edwin Huwae dalam beberapa kesempatan memastikan, PDI-Perjuangan belum memutuskan siapa yang akan diusung oleh partai pemenang pemilu di Kota Ambon ini. Soal Richard, PDIP bisa merekomendasikan, dengan syarat Ketua DPD Golkar Kota Ambon itu memilih kader PDIP untuk berpasangan.

Tawaran PDIP bak gayung bersambut. Richard mengamini tawaran itu, tanpa banyak mempertimbangkan posisi Lutfi Sanaky. Informasi yang diperoleh Ambon Ekspres, PDIP telah menyiapkan Rizal Sangadji. Ini dibuktikan dengan tawaran PDIP agar Rizal mendaftar di partai moncong putih itu beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:  Polisi Ringkus Dua Pelaku Asusila

Rizal disebut-sebut telah menjadi anggota partai PDI-Perjuangan. Sejak kapan dia menjadi anggota partai, belum ada penjelasan resmi dari DPD PDI-Perjuangan Maluku. Namun, hubungan baik PDI-Perjuangan dengan Daud Sangadji (ayah dari Rizal Sangadji) yang pernah dicalonkan menjadi kandidat Wakil Gubernur Maluku, menjadi pintu masuk komunikasi Rizal dengan PDI-Perjuangan.

Richard pun mulai tertarik dengan sosok Rizal yang terbilang belia di kancah politik lokal ini. Sebenarnya ada dua mama yang diusul PDIP kepada Richard, yakni Muhammad Tady Salampessy dan Rizal Sangadji. Tak hanya Richard, Partai Golkar kota Ambon juga tertarik dengan tawaran rivalnya disetiap momentum politik ini.

“Tetapi, ada juga perkembangan baru, adalah pak Richard menerima PDIP untuk bergabung bersama. Kemudian, PDIP menawarkan dua orang kadernya, salah satunya Rizal Sangadji kepada publik,”kata Marcus Pattiapon, ketua Tim Richard Louhenapessy selama proses pencalonan saat dihubungi Ambon Ekspres lewat telepon genggam, Senin (20/6).

Belum ada pertemuan resmi antara Richard dan Rizal. Tetapi kehadiran putra pengusaha Maluku, Daud Sagadji di rumah dinas walikota sekitar dua minggu lalu untuk berbuka puasa bersama, sedikit memperjelas kemungkinan mereka akan berpasangan.

“Itu buka puasa bersama dengan pak walikota di rumah dinasnya yang hanya dihadiri oleh Rizal Sangadji. Sekitar dua minggu lalu. Memang tidak ada pembicaraan serius saat itu. Tapi kehadiran Rizal menjadi bahan percakapan banyak orang. Nama Rizal Sangadji merupakan salah satu yang saat ini menguat dalam percakapan-percakapan,”akui Pattiapon.

BACA JUGA:  Toisuta Pertanyakan Sikap Richard

Tak hanya itu, lanjut Pattiapon, komunikasi politik masih terus dilakukan oleh Golkar dan PDIP. Baik di tingkat kota, provinsi maupun pusat. Kata ketua Fraksi Golkar DPRD kota Ambon itu, tidak ada statis dalam politik. Karena itu, semua kemungkinan dan perubahan sikap bisa terjadi dalam hitungan jam.

“Dalam teori politik, bisa saja terjadi perubahan dalam 1×24 jam sebanyak 14 kali. Dan, karena itu segala kemungkinan-kemungkinan bisa saja terjadi,”paparnya.

Kendati demikian, Richard tetap masih membuka ruang komunikasi dan negosiasi politik dengan Lutfi Sanaky, bakal calon wakil walikota yang selalu disebut oleh Richard memiliki angka survei tertinggi. Ini karena kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu terus berusaha mendapatkan rekomendasi dari partainya.

“Bahwa pak Lutfi Sanky masih terus mengupayakan untuk bisa tetap membangun komunikasi dengan pak Richard untuk tetap bersama-sama. Jadi, belum ada keputusan,”kata Pattiapon.

Selain Lutfi dan Rizal, Richard juga masih mempertimbangkan dua figur lainnya, yakni Irma Betaubun kader Gerindra dan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku Syarif Hadler. Pilihan Richard mengerucut kepada empat nama tersebut.

“Tetapi, juga ada Ibu Irma Betaubun yang juga masih terus melakukan loby-loby dalam rangka hal yang sama, yakni rekomendasi dari Gerindra untuk bisa bersama-sama dengan pak Richard. Jadi sudah ke empat nama ini, yakni Lutfi Sanaky, Rizal Sangadji, Syarif Hadler dan Irma Betaubun yang menjadi perbincangan, ”terangnya.

BACA JUGA:  PPATK akan Telusuri Aliran Dana

Sementara itu, dikonfirmasi Ambon Ekspres melalui sms, Lutfi Sanaky menandaskan, dia dan Richard takkan berpisah.”Sampai saat ini dan seterusnya, pak Ris (Richard Louhenapessy) dan beta (saya) tidak ada kata putus. Yang ada adalah terus maju,”kata dia.

Optimisme ini dilatari sinyal kuat Gerindra mengusung keduanya. Bahkan, politisi senior ini mengaku, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Ambon dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra provinsi Maluku telah merekomendasikan mereka.

“Untuk pak RL (Richard Louhenapesy) dan LS (Lutfi Sanaky), DPC (Gerindra) kota Ambon sudah rekomendasi. Juga dari provinsi tingkat 1 (DPD) sudah rekomendasi. Tinggal tunggu pusat dan kini dalam proses verifikasinya saja,”ungkap anggota DPRD Maluku itu.

Sementara itu, hingga kemarin PDIP belum memastikan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Ambon untuk mendapatkan rekomendasi. Keputusan PDIP belum sampai pada tahap format pasangan calon.

“Belum tahu, namanya (Rizal Sangadji) kira-kira masuk nggak. Itu informasi darimana. Belumlah. PDI Perjuangan belum masuk sampai pada tahap itu,”kata wakil ketua DPD PDIP Maluku bidang pemenangan pemilu (Bapilu) Tobhyhend Sahureka, Minggu (19/6).

Mantan anggota DPRD Maluku itu juga mengaku tidak mengetahui informasi Richard Louhenapessy dan Rizal Sangadji akan dipaketkan. Pasalnya, rencana penerbitan rekomendasi setelah idul Fitri. ”Itu informasi dari mana lagi. Belum ada keputusan. Rekomendasi mungkin setelah lebaran. Termasuk untuk daerah lainnya,”jelasnya.(TAB)

Most Popular

To Top