Dua Nama Tanpa Lutfi – Ambon Ekspres
Politik

Dua Nama Tanpa Lutfi

Lutfi Tetap Mendukung Richard 

AMBON, AE—Harapan Lutfi Sanaky untuk berpasangan dengan Richard Louhenapessy sebagai Wakil Walikota pupus sudah. Pilihan Richard kini pada dua nama, yaitu Syarif Hadler dan A E Rizal Sangadji. Siapa yang berpeluang ia pilih, komunikasi dan negosiasi masih terus dilakukan. Sementara Lutfi mengaku, tidak ada perpisahan dengan Richard, maupun perlawanan politik terhadapnya.

Pada awalnya Lutfi merupakan kandidat terkuat yang akan digandeng Richard. Peluang ini berulang kali diungkapkan Richard kepada publik. Indikatornya adalah hasil survei. Richard dan Lutfi bahkan berada bersama pada beberapa kali momentum silaturahmi politik. Terakhir pada acara penyerahan rekomendasi dukungan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kepada Richard di Aula Xaverius, awal Juni.

Namun, rupanya itu merupakan pertemuan terakhir Richard dan Lutfi. Hal ini disinyalir akibat Richard mulai tertarik dengan tawaran PDIP yang mendorong Rizal Sangadji bergandengan dengan Richard. Richard pun terbuka.
Olehnya itu, dengan berbagai pertimbangan dan kalkulasi politik serta masukan dari sesepuh dan tokoh, akhirnya Richard memutuskan untuk melepas Lutfi. Lalu, Syarif dan Rizal yang masih tersisa untuk ia pilih salah diantara mereka.

“Jadi sudah mengerucut ke dua nama yaitu dari PDIP dan pak Syarif. Pak Lutfi sudah selesai, “kata salah satu orang dekat Richard kepada Ambon Ekspres, Rabu (22/6).

Namun, sumber yang juga kader Golkar itu tidak mau membeberkan alasan spesifik Richard melepaskan Lutfi. Ia hanya mengaku, Richard mendapat banyak masukan dari orang pentingnya terkait figur Lutfi. “Pada saatnya nanti saya sampaikan. Mungkin setelah pak Ris (Richard) memilih dan menetapkan pasangannya. Jadi tunggu saja,” katanya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, Marcus Pattiapon mengaku, hanya tersisah dua nama tersebut. Syarif masuk pada urutan kedua figur balon Wawali yang dipilih setelah figur dari PDIP yang disebut-sebut adalah Rizal Sangadji.”SH (Syarif Hadler) ada dalam urutan kedua setelah PDIP,”ungkap ketua Tim Richard ini via sms.

Pattiapon menyatakan, Syarif merupakan figur yang sangat diperhitungkan oleh Richard dan tim sebagai balon wawali. Syarif dinilai salah satu tokoh muslim yang memiliki basis politik dan sosial yang cukup kuat di tengah masyarakat.

“Itu sangat diperhitungkan. Nanti kita lihat perkembangan selanjutnya. Komunikasi masih terus dilakukan,”kata ketua fraksi DPRD kota Ambon itu.

Seperti diberitakan Ambon Ekspres, Selasa (21/6) Lutfi Sanaky masih optimis akan digandeng oleh Richard sebagai balon Wawali. Bahkan, Lutfi mengaku ia dan Richard telah direkomendasikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Kemarin, saat kembali dikonfirmasi, soal tanggapan dan sikapnya atas perubahan pilihan Richard, Lutfi mengaku tidak ada kata putus alias masih ada harapan mereka akan berpasangan.”Tidak ada kata putus, tidak ada kata stop,”kata via sms. Kalimat ini bahkan diulang sebanyak tiga kali.

Ia juga menjawab, tidak ada perlawanan terhadap Richard jika memang tidak digandeng.”Tidak ada perlawanan. Yang ada itu tetap lanjut berjuang bersama pak Ris, kita benahi kota Ambon. Kerja keras bangun Ambon lebih maju bersama masyarakat kota Ambon,”demikian Lutfi. (TAB)

Most Popular

To Top