Jaksa Sita Dokumen Terkait Repo – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Jaksa Sita Dokumen Terkait Repo

AMBONAE— Tim penyelidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, kemarin kemarin memeriksa mantan Komisaris PT Bank Maluku, Zainudin Umasangadji, terkait transaksi Reverse Repo maupun Repo Obligasi antara Bank Maluku dengan PT.AAA Securitas. Umasangadji diduga juga menyerahkan sejumlah dokumen. Terhitung hingga Kamis kemarin, sekitar delapan orang dari pihak Bank Maluku yang digarap jaksa.

Hal itu intens dilakukan, guna mencari ada tidaknya perbuatan melawan hukum terkait kegiatan transaksi Repo. Dalam hal ini, Repo Obligasi maupun Reverse Repo. Kepentingan jaksa meminta keterangan dari Zainudin Umasangadji, bertujuan untuk mengumpulkan bahan dan keterangan (Pulbaket) melalui pihak-pihak terkait. Pemeriksaan dilakukan sekitar pukul 11.00 dan berakhir pukul 13.00 Wit.

Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette ketika dikonfirmasi mengatakan, permintaan keterangan dari Umasangadji merupakan lanjutan dari permintaan keterangan sebelumnya. Hal itu dilakukan jaksa penyelidik yang berkaitan dengan kepentingan penyelidikan kasus itu. “Kan ini masih penyelidikan. Jadi masih bersifat rahasia. Nanti kalian pantau saja, “ujarnya.

BACA JUGA:  Kekuatan Dukungan Mulai Mengerucut

Informasi yang berhasil dihimpun koran ini menyebutkan, Umasangadji diminta untuk menyerahkan beberapa dokumen terkait transaksi Repo. Dokumen apa saja yang diserahkan, masih diteliti oleh tim. “Tadi mungkin selain diperiksa, Pak Zainudin juga diminta untuk serahkan dokumen. Tetapi belum tahu dokumen apa yang diserahkan. Yang pasti berkaitan dengan Repo, “terang sumber koran ini.

Sumber juga mengatakan, dalam beberapa waktu kedepan, jaksa masih fokus untuk memanggil pihak-pihak dilingkup internal Bank Maluku, untuk dimintai keterangan. Kapan jadwalnya, masih disusun oleh tim yang menangani kasus itu.

Kepala Seksi Penyidikan Kejati Maluku, Ledrik Takandengan ketika dikonfirmasi soal jadwal pemeriksaan terhadap istri dari tersangka Hentje Toisuta, Dorlina Supriaty Ion, terkait kasus pembelian lahan dan gedung Bank Maluku di Surabaya mengatakan, saksi dijadwalkan menjalani pemeriksaan lanjutan pada senin pekan depan.

Pemeriksaan terhadap BOS PT.Cahaya Fajar, penting karena berkaitan dengan transfer dana dari saksi kepada tersangka.

“Sampai sejauh ini, memang pemeriksaan terhadap Istri Hentje itu penting. Dan memang penyidik juga belum terlalu dalam memeriksa istri tersangka, “jelas Takandengan.

BACA JUGA:  Melihat Cara Turkish Airlines Memanjakan Penumpang

Informasi yang berhasil dihimpun koran ini beberapa waktu lalu menyebutkan, ketika melakukan penyitaan terhadap Handphone milik tersangka Hetnje Toisuta, Penyidik dibuat penasaran dengan beberapa percakapan didalamnya. Termasuk transfer uang dari saksi Dorlina kepada Hentje.

Transfer itupun tidak sedikit. Rp.160 juta hingga Rp.200 juta pernah ditransfer saksi kepada suaminya. Anehnya, saksi tidak mengetahui, untuk apa uang ratusan juta itu digunakan suaminya. Selain itu, hingga saat ini jaksa masih melacak beberapa nama yang pernah melakukan percakapan dengan Hentje melalui BBM mapun SMS. (AFI)

Most Popular

To Top