Hari Ini Jaksa Kembali Periksa Istri Hentje Toisuta – Ambon Ekspres
Metro Manise

Hari Ini Jaksa Kembali Periksa Istri Hentje Toisuta

Terkait Kasus Bank Maluku Surabaya

AMBON, AE— Walaupun telah diperiksa  dua kali oleh jaksa, namun keterangan istri  dari tersangka Hentje Toisuta, Dorlina Supriaty Ion, dianggap masih kurang. Penyidik, kembali memanggil istri BOS CV Harves itu untuk diperiksa lagi terkait kasus dugaan korupsi pembelian lahan dan gedung Bank Maluku Surabaya.

Dijadwalkan, pemeriksaan terhadap istri dari tersangka kasus mark up pembelian lahan dan gedung Bank Maluku di Surabaya itu, dilakukan Senin hari ini. Pemeriksaan ini merupakan yang ketiga kalinya.

Sumber Ambon Ekspres di Kejati Maluku menyebutkan, pemeriksaan terhadap pemilik PT Cahaya Fajar itu, karena ada beberapa transaksi berupa transfer uang antara tersangka dan saksi belum terungkap. Pasalnya, uang senilai ratusan juta yang ditransfer saksi kepada suaminya, tidak diketahui dipergunakan untuk apa. “Kan saksi tidak tahu uang yang dia transfer itu untuk apa. Padahal uang itu ratusan juta,” kata sumber.

Uang yang ditransfer saksi, terdiri dari beberapa kali pengiriman. Jumlah yang terbesar Rp 200 juta. Ada juga Rp 160 juta dan beberapa kali transfer lainnya. “Tersangka pegang gironya. Jadi saksi diminta transfer oleh tersangka tahun 2015 lalu,” beber sumber.

Selain itu, lanjut sumber, penyidik juga masih membutuhkan dokumen-dokumen dari saksi berupa transaksi-transaksi pengiriman uang itu. Tidak hanya itu, ada sejumlah dokumen lain yang dibutuhkan penyidik dari saksi. “Waktu pemeriksaan kedua itu, saksi hanya serahkan dokumen copyan saja. Jadi penyidik minta yang asli,” tandas sumber.

Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya jadwal pemeriksaan terhadap saksi. “Memang jadwalnya senin pekan depan (hari ini, red),” terangnya.(AFI)

Most Popular

To Top