Keputusan Berani Richard Kejar PDI Perjuangan – Ambon Ekspres
Politik

Keputusan Berani Richard Kejar PDI Perjuangan

AMBON,AE.—Bakal calon Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dinilai sangat serius mengejar rekomendasi PDI Perjuangan, dan melepaskan Lutfi Sanaky. Sebaliknya akan berdampak negatif jika PDI Perjuangan yang dikejar tak merekomendasinya dalam Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Ambon.

Pengamat politik Universitas Pattimura, Johan Tehuayo menilai, PDI Perjuangan merupakan partai dengan basis terbanyak di Kota Ambon. Ini dibuktikan dengan kemenangan PDI Perjuangan pada pemilihan legislatif, dan menempatkan kadernya sebagai ketua dewan.

Olehnya itu, PDI Perjuangan menjadi primadona yang dikejar setiap bakal calon walikota dan wakil walikota guna mendapatkan dukungan politik. Sebab, jika PDIP memberi rekomendasi dan didukung oleh partai koalisi lainnya, maka kemungkinan memenangkan pemilihan walikota cukup terbuka.

“PDIP merupakan kekuatan politik di Kota Ambon, karena memperoleh dukungan suara yang signifikan pada pemilu legislatif, sehingga menguasai DPRD kota Ambon dan berhasil menempatkan ketua dewan. Oleh karena itu, dalam kaitannya dengan rekrutmen calon kepala daerah, PDI Perjuangan akan melakukan melalui berbagai prosedur dan mekanisme dan terakhir ditentukan oleh ketua umum,”kata Tehuayo melalui pesan singkat atau sms kepada Ambon Ekspres, Selasa (18/6).

BACA JUGA:  21 September Kandidat Mendaftar

Karena itu, PDI Perjuangan lebih cenderung mengusung kadernya. Tetapi, kata dia, realitas politik saat ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan membuka kesempatan kepada non kader. Dua nama yang mencuat saat ini, adalah pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota, Poly Kastanya dan Sam Latuconsina dan Richard Louhenapessy.

Menurut Johan, Poly dan Sam berpeluang diusung PDI Perjuangan. “Karena itu, calon walikota yang diusung adalah kader partai, bukan Richard. Kemungkinan bisa Poly dan Sam. Karena proses politik ada komunikasi politik oleh kedua figur ini telah terlaksana secara efektif,”ungkapnya.

Namun, di sisi lain, ia menilai Richard Louhenapessy sangat serius mengejar rekomendasi partai berlambang banteng moncong putih itu. Ini dibuktikan dengan keputusan petahana itu untuk mendaftar dan mengikuti setiap tahapan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota yang dilakukan oleh PDI Perjuangan.

Untuk menghindari dampak negatif tersebut, maka sudah saatnya ketua DPD Partai Golkar kota Ambon itu menentukan dan mendeklarasikan bakal calon wakilnya ke publik, guna peningkatan popularitas dan dukungan politik. Kemudian, dapat mempengaruhi polarisasi dan segmentasi pemilih yang mungkin sebagian sudah menentukan pilihan kepada kandidat lain.

BACA JUGA:  Kepala Pertamina Cs Diperiksa 4 Jam

Pengamat komunikasi politik asal Unpatti, Said Lestaluhu juga menilai, Richard serius mengejar PDI Perjuangan. Sebab, upaya Richard tersebut memiliki dampak domino dalam proses menuju pilwalkot.

Pertama, sebut dia, guna mendapatkan dukungan maksimal, khususnya dari partai politik untuk melanggengkan pencalonan dan kemenangannya. Kedua, sebagai bentuk pelemahan terhadap upaya politik yang juga dilakukan oleh Poly dan Sam guna mendapatkan rekomendasi PDI Perjuangan.

“Dia (Richard) serius. Karena kalau dia menggandeng wakil dari Gerindra dalam ini Lutfi Sanaky, tidak terlalu berpengaruh terhadap Poly dan Sam. Karena itu, strategi yang dimainkan bagaimana melawan Poly dan Sam dengan memilih calon dari PDIP. Di sisi lain melemahkan upaya pasangan lain untuk memperoleh rekomendasi PDIP,”jelasnya.

Akan tetapi, lanjut said, upaya Richard ini juga berdampak negatif. Sebab, publik akan menilai Richard sebagai figur yang tidak konsisten dalam menentukan wakil, kendati di dalam berpolitik semua kemungkinan dapat terjadi dan berubah.

BACA JUGA:  Pecandu Narkoba Segera Lapor BNN

“Akan timbul pertanyaan publik, mengapa Richard belum tentukan wakil. Disamping itu, bisa saja muncul keraguan dari pemilih, karena dia dinilai plin plan. Misalnya, bagi elit Gerindra, Richard dinilai tidak konsisten karena tidak memilih kader mereka. Kondisi ini juga memberikan keuntungan bagi kandidat lain, ”ungkapnya.

Kekuatan RL Bisa Melemah

Sementara itu, lanjut Said, kekuatan Richard bisa melemah apabila pada akhirnya PDI Perjuangan yang diincar tidak memberikan rekomendasi. Ditambah, jika Richard telah melepas kekuatan politik Gerindra dan Lutfi.
“Kalau dia tidak direkomendasi PDI Perjuangan, maka tetap akan berdampak. Kalau dia melepas Lutfi, maka Gerindra akan beralih dukungan. Pasti Lutfi juga punya basis massa,”katanya.

Namun, sangat tergantung dari figur wakil yang akan dipilih Richard. Jika figur pengganti Lutfi memiliki tingkat pengenalan dan keterpilihan setara dengan Lutfi, maka peluang kemenangan cukup terbuka.

“Tetapi dalam politik dan konteks Pilkada, faktor figur yang menentukan. Selain itu keputusan politik pemilih itu terbentuk pada waktunya masing-masing, dan itu bisa berubah-ubah. Baik saat kampanye maupun pemilihan, ”urainya. (TAB)

Most Popular

To Top