Puluhan Nama Diajukan PKB – Ambon Ekspres
Politik

Puluhan Nama Diajukan PKB

AMBON, AE.— Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB akan menetapkan 4 bakal calon bupati dan 4 bakal calon wakil bupati di empat kabupaten di Maluku yang menyelenggarakan Pemilihan kepala daerah serentak, Februari 2017. Kini DPW PKB akan merekomendasikan puluhan nama untuk dipilih satu nama oleh DPP PKB.

Sekretaris Desk Pilkada, DPW PKB Maluku, Malaka Yaluhun dalam rilisnya, kemarin, mengungkapkan, ada 9 nama bakal calon bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, Wahab Talaohu, Hamzah Sangadji, Eli Djamaludin, Djafar Sani Lewenussa, Ibrahim Sangadji, Azis Mahulette, Sa’adiah Uluputty, Habibah Pelu. Sementara, 2 bakal calon wakil bupati, Marlatu Leleury yang kembali berpasangan dengan Tuasikal, dan Alex R Tutuhatunewa berpasangan dengan Hamzah Sangadji.

Untuk Kabupaten Buru, ada enam nama yang akan diusulkan DPW PKB Maluku ke DPP, Bakri Lumbessy, Muhammad Satrio Bugis Primasti, Ramli Umasugi, Ikram Umasugi, Djalil Mukadar, dan Amos Besan. Untuk Maluku Tenggara Barat ada dua nama yang diusulkan, Petrus Fatlolon yang berpasangan dengan Agustinus Utuwaly, dan Mathias Malaka.

Sementara untuk Seram Bagian Barat, ada 12 nama yang diusulkan, Paulus Samuel Puttileihalat, Mustafa Nasir, Levinus Kariuw, Sanadjihitu Tuhuteru, La Kadir, AKBP. Ahmad Untung Surianata, Mansur Tuharea, Yasin Payapo, Irwan La Aru, Muhammad Husni, Adrianus Robert Riry, dan Fransiane Puttileihalat.

Yaluhun mengatakan, dalam bulan ini DPP PKB akan menetapkan empat bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati untuk diusung. Dia belum mengetahui siapa yang bakal diusung, namun untuk Maluku Tengah ada kecenderungan PKB akan mengusung Wahab Talaohu.

Dia tidak menampik, kecenderungan PKB mengusung Wahab, karena Wahab memiliki nilai lebih. Wahab adalah, tokoh pergerakan eksponen 98 juga kader Nahdatul Ulama (NU) dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dia juga diketahui mempunyai kedekatan dengan tokoh-tokoh NU dan PKB.

“Intinya keputusan DPP akan diamankan oleh DPW PKB,” kata Yaluhun. Mengenai koalisi, dia mengaku PKB telah membangun komunikasi dengan Gerindra untuk Pilkada Maluku Tengah. PKB yang memiliki 4 kursi di DPRD Malteng, masih membutuhkan tiga kursi untuk bisa mengajukan bakal calon.

“Jika koalisi terbangun antara PKB dan Gerindra, kita akan mengusung Wahab Talaohu-Johan Lewerissa. Apalagi pencalonannya sudah mendapat respon positif dari Ketua umum Gerindra untuk maju mencalonkan diri. PKB akan sangat terbuka membangun koalisi ini,” pungkas Yaluhun.

Sementara itu, Partai Demokrat membantah adanya informasi rekomendasi bakal diberikan kepada bakal calon Bupati Maluku Tengah, Jusuf Latuconsina dan pasangannya Moni Lawalata. Proses di DPP masih berlangsung, dan Demokrat membuka peluang bagi semua kandidat.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Maluku Tengah, Cris Papilaya yang dihubungi Ambon Ekspres lewat telepon genggam, Minggu (10/7) mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Maluku. Termasuk informasi soal kecenderungan Demokrat bakal memberikan rekomendasi kepada Jusuf Latuconsina.

“Jadi, belum ada rekomendasi untuk siapa (Jusuf Latuconsina). Termasuk Soal informasi bahwa akan diberikan kepada Kombes dan ibu Liliane, itu juga tidak benar,”tandas Papilaya.

Menurut Papilaya, isu seputar kemungkinan rekomendasi diberikan kepada bakal calon tertentu merupakan sesuatu yang biasa. Apalagi didorong dengan kepentingan politik. Hanya saja, kata dia, Demokrat punya mekanisme dan aturan yang menjadi landasan penetapan rekomendasi.

“Kalau soal itu biasa. Itu hanya isu-isu yang berkembang. Namun, yang jelas, belum ada rekomendasi. Demokrat punya mekanisme dan aturan,”paparnya. (TAB)

Most Popular

To Top