Nane Puttileihalat akan Diperiksa – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Nane Puttileihalat akan Diperiksa

AMBON,AE.–– Ratusan saksi telah diperiksa, puluhan dokumen telah dikantongi, namun hingga kini jaksa pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, belum menemukan bukti kuat, soal keterlibatan Nane Puttileihalat dalam kasus korupsi dana kegiatan guru di Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten SBB. Nane dalam waktu dekat akan diperiksa.

Sejauh ini, kejaksaan telah menetapkan dua tersangka dalam penyalahgunaan anggaran sosialisasi empat kegiatan kurikulum 2013 itu. Yakni Ledrik Sinanu selaku PPTK dan mantan Kadis Pendidikan Kabupaten setempat, Bonjamina Dorce Puttileihalat.

Namun, Fransyane Puttileihalat alias Nane juga diduga turut bertanggungjawab. Hanya saja, jaksa belum menemukan bukti kuat terkait keterlibatan adik kandung Bupati SBB itu.

Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Kejati Maluku, Ledrik Takandengan, ketika dikonfirmasi terkait sampai sejauh mana peran Nane dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi K-13 mengakui, dirinya hanya melanjutkan hasil penyelidikan maupun penyidikan tim sebelumnya.

“Kalau soal K-13 SBB itu, saya memang tindaklanjuti hasil penyidikan oleh tim sebelumnya. Jadi kita proses lanjut saja, “ujarnya. Sampai sejauh ini, kata Takandengan, tim belum menemukan adanya bukti kuat terkait keterlibatan Nane dalam kasus yang merugikan negara Rp.2 M lebih itu.

“Kalau untuk PPTK, Ledrik Sinanu itu memang sudah jelas. Begitu juga dengan mantan kadis, perannya juga sudah jelas. Kalau Nane, sejauh ini belum ada bukti yang kuat, “tandasnya.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun koran ini yang juga masih di lingkup Kejati Maluku menyebutkan, meski sampai saat ini belum ada bukti kuat soal keterlibatan Nane, namun belum tentu Nane bisa lolos. Karena, kasus ini masih berlanjut hingga ke pengadilan.

“Nanti dilihat saat kasus ini bergulir di Pengadilan. Kalau ada fakta-fakta menarik, maka itu akan jadi temuan baru penyidik, “jelas sumber yang enggan namanya dikorankan ini.

Nantinya, tambah sumber, jaksa juga akan memanggil Nane Puttileihalat agar diperiksa sebagai saksi. “Mungkin Nane juga akan dipangggil untuk diperiksa sebagai saksi guna melengkapi berkas tersangka Lou, “ungkapnya.

Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette ketika dikonfirmasi soal agenda pemeriksaan terhadap tersangka Bonjamina Dorce Puttileihalat alias Lou, mengatakan, akan diagendakan usai peringatan hari bakti Adhyaksa.

“Nanti usai hari Bhakti Adhyaksa baru penyidik agendakan panggilan kepada Lou untuk diperiksa sebagai, “kata Sapulette. Selain Lou, penyidik juga akan memanggil pihak-pihak lain untuk diperiksa sebagai saksi. (AFI)

 

Most Popular

To Top