Paparisa Baru “Keok” di PBB – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

Paparisa Baru “Keok” di PBB

Harapan Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler untuk mendapatkan rekomendasi Partai Bulan Bintang (PBB), pupus. PBB lebih memilih mengusung pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armyn Syarif Latuconsina, sebagai bakal calon Walikota-Wakil Walikota Ambon. Sementara PKB dan PDIP belum memastikan rekomendasi.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Kota Ambon, Riduan Hasan yang dikonfirmasi via seluler, tadi malam mengaku, DPP PBB secara resmi telah memberikan rekomendasi untuk pasangan Poly-Sam, Kamis (25/8) sekitar jam 5 sore WIB. Rekomendasi dengan nomor SK.PP/014/Pilkada 2016 penetapan balon walikota dan wawali Ambon, itu ditanda tangani ketua umum dan sekjen PBB, Yusril Ihza Mahendra dan Jurhum Lantong.

Hadir dalam penyerahan itu, antara lain ketua Desk Pilkada DPP Hashulhaq, pengurus DPP Syarifudin Maloko, Dwinto Ananias, Jusuf Hasane, Zulkifli SS dan sekjen PBB Jurhum Lantong. Dari Maluku, ada ketua DPW PBB Maluku M saleh Wattiheluw, wakil ketua DPW saleh sahupala dan Ketua DPC PBB Kota Ambon.

BACA JUGA:  Kapolda: Saya tidak Akan Lindungi

“Sudah diserahkan sekitar jam 5 sore (kemerin) waktu Jakarta. Saya dipanggil oleh DPP untuk menerima rekomendasi, lalu diserahkan kepada pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armyn Syarif Latuconsina,”akui Riduan.

Namun, Riduan enggan memberikan penjelasan detail ihwal pertimbangan DPP PBB merekomendasi Pasangan dengan akronim PANTAS (Poly-Sam) itu. Yang penting, kata dia, DPC sudah berproses sesuai mekanisme dan menetapkan dua paslon, yakni Richard-Syarif dan Poly-Sam ke DPP. “Dan, itu sudah menjadi pertimbangan DPP. Kita tahu itu,”katanya.

Karenanya, sesuai isi rekomendasi, tambah anggota DPRD Kota Ambon itu, seluruh kader harus memenangkan paslon yang diusung. Baik di tingkat DPW, DPC maupun Ranting dan Anak Ranting. “Apa pun keputusannya (DPP), harus ditaati oleh semua komponen partai. Semuanya harus melaksanakan putusan partai,”tegasnya.

Sementara itu, Sam mengaku, rekomendasi PBB secara otomatis menambah kekuatan bagi pasangan PANTAS.”Alhamdulillah, PBB akan menambah energy bagi pasangan PANTAS untuk bertarung dan memenangkan pertarungan di Pilwalkot 2017,”kata mantan wakil Walikota Ambon itu via sms.

BACA JUGA:  24 Dokter Periksa Kesehatan Paslon

Sebelum PBB dengan 2 kursi, pasangan PANTAS telah mengantongi rekomendasi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 3 kursi, Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 2 kursi, Demokrat 4, Partai Amanat Nasional (PAN) 1, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2 dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 4. Total sementara kursi yang diperoleh sebanyak 16.

Sedangkan pasangan Paparisa Baru (Richard-Syarif) telah direkomendasi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 3 kursi, Golkar 4 dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi. Total 10 kursi atau sudah melebihi syarat 20 persen (7 kursi) dari 35 kursi DPRD saat ini.

Sam juga sangat optimis, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga akan mengusung pasangan PANTAS. Namun, ia belum mau memberikan penjelasan panjang. “Sangat optimis. Tapi, tunggu saja. Atau biar jelas, tanyakan langsung kepada partai bersangkutan,”tandasnya.

Sementara itu, DPP PDIP belum membahas rekomendasi untuk pasangan calon Bupati dna Walikota lima kabupaten/kota di Maluku. Pasalnya, Koordinator Wilayah Timur, Komarudin Watubun masih di Ambon.

BACA JUGA:  Pengadilan Perdana Buat Rolobessy

“Belum. Yang sudah dibahas, itu untuk daerah lain. Untuk Maluku, belum karena pak Komar (Komarudin Watubun) masih ada satu kegiatan. Kemungkinan besok (hari ini), baru Maluku, ”ungkap kader PDIP, Rudolf Pattiasina.

Ketua Bapilu DPD PDIP Maluku, Tohbyhend J.M. Sahureka juga mengakui hal yang sama.”Belum Bung,”singkat dia.
Seperti diketahui, DPD PDIP Maluku mengusulkan tiga bakal calon walikota ke DPP, yakni pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armyn Syarif Latuconsina alias Sam, Brury Nanulaitta dan Richard Louhenapessy dengan balon wakil A.E Rizal Sangadji dan Tadi Salampessy. Namun, Richard memilih Syarif Hadler sebagai wakilnya. (TAB)

Most Popular

To Top