Maluku Tambah 1 Emas – Ambon Ekspres
Olahraga

Maluku Tambah 1 Emas

KARAWANG,AE––La Memo, raja rowing asal Pulau Osi, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, kembali menyumbang medali emas bagi ‘Bumi Seribu Pulau’ pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Pada babak final nomor Single Sculls Putra (M1X) yang digelar akhir pekan (Sabtu, 17/9), Memo berhasil mencapai garis finis di posisi pertama. Dalam perlombaan tersebut, atlet pelatnas itu jauh meninggalkan pedayung lainnya sejak di titik 500 meter menjelang finish.

La Memo mengayuh dengan santai untuk mencapai garis finis setelah jauh meninggalkan pedayung lainnya. Ia mencapai garis finish dengan catatan waktu 7:23.89. Sementara posisi kedua ditempati pedayung dari kontingen Sulawesi Selatan, Sulpianto dengan catatan waktu 7:30.16, dan di posisi ketiga ditempati Juliadi Saputra asal Jambi dengan catatan waktu 7:43.37.

Kepada Ambon Ekspres usai lomba, La Memo menuturkan, target dua emas di ajang ini merupakan targetnya sejak awal.’’ Ini (dua medali emas) saya persembahkan untuk Maluku dan janji saya kepada Pak (Zeth) Sahuburua selaku pimpinan kontingen PON Maluku akhirnya benar-benar terwujud. Saya bersyukur bisa dapat emas lagi,’’ ungkapnya.

Sasaran dua medali emas ini, lanjut Memo, sebenarnya merupakan targetnya sejak lama dan untuk mewujudkan misi itu, saya selalu fokus untuk berlatih dan berlatih.’’ Meski meraih dua emas, saya tidak akan puas, karena ke depan targetnya bisa meraih emas pada pesta olahraga Asian Games,’’ tutup Memo

Dengan tambahan sekeping emas dari nomor M1X, maka Memo telah menyumbang dua emas untuk daerahnya pada PON tahun ini. Satu emas lainnya disumbangkan dari nomor Double Sculls Putra (M2X). Di nomor itu La Memo turun bersama rekannya, Rusdi Elly.

Bukan hanya emas yang Memo dapatkan, namun Maluku juga berhasil menambah sekeping perunggu dari nomor W4- yang diisi oleh Natalia Latupeirissa, Linda Luturmas, Maria Bahi dan Chelsea Corputty.

Empat pedayung andalan Maluku ini hanya mampu bertengger di posisi ketiga dengan catatan waktu 7.28.23. Sementara tempat pertama diraih oleh tuan rumah, Jabar yang diisi oleh Anisa, Elga, Nurul da Susanti. Mereka membubuhkan waktu tercepat 7.18.14. Sedangan pasangan Ambarani, Fitri, Julianti dan Siti Hasanah asal Sultra berada di posisi kedua dengan catatan waktu 7.23.26.

Sayang, hasil ciamik yang dipersembahkan oleh La Memo ini tidak diikuti oleh Linda Luturmas. Mereka gagal meraih medali di nomor LW2X. Sementara Alma Alu dan Faleriana yang turun di nomor W2X juga gagal mempersembahkan medali untuk Maluku. Dengan demikian, koleksi medali Maluku di cabor dayung menjadi 3 medali emas dan 2 medali perunggu.

Manajer Tim Dayung Maluku, Anos Yermias mengaku bangga karena dalam ajang ini, tim dayung telah menyumbang tiga medali emas.’’ Selamat dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Maluku yang telah medoakan tim dayung kami,’’ singkatnya.(ZAL)

Most Popular

To Top