Kejahatan Seksual Terhadap Anak Meningkat – Ambon Ekspres
Metro Manise

Kejahatan Seksual Terhadap Anak Meningkat

AMBON, AE— Kejahatan asusila bahkan berujung kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur, yang terjadi di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya mengalami peningkatan. Tercatat, di tahun 2016 dari Januari-Agustus sebanyak 48 kasus yang ditangani di unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Ambon. Hal ini diungkapkan Paur Subbag Humas Iptu Nikolas Frederick Anakotta kepada wartawan, Senin (19/9).

Dikatakan, berdasarkan data laporan yang ditangani unit PPA, kasus pencabulan dan kekersan seksual terhadap anak mengalami peningkatan. ”Kasus asusila ditangani Polres Ambon tahun 2016 ini untuk persetubuhan anak 23 kasus, cabul sebanyak 25 kasus sedangkan kasus perkosaan korban dewasa ada 4 kasus dan cabul dewasa 2 kasus,” jelas Anakotta.

Dari puluhan kasus pencabulan dan persetubuhan terhadap anak itu, lanjut dia, tercatat persetubuhan anak 13 kasus sudah dituntaskan. Sedangkan pencabulan anak delapan kasus yang sudah dituntaskan dan sudah naik ke tahap persidangan. Sementara dua kasus pemerkosaan dewasa dan dua kasus cabul dewasa juga sudah dituntaskan.

”Sisa dari total kasus masih dalam proses penyelidikan dan perampungan berkas karena ada beberapa kasus yang pelaku belum tertangkap,” katanya.

Dijelaskan, kasus pencabulan dan persetubuhan terhadap anak yang terjadi diwilayah hukum Polres Ambon ini umumnya para tersangka dikenal dekat oleh korban. Baik itu masih keluarga korban maupun tetangga yang telah dikenal dekat oleh keluarga korban. “Penyebab pencabulan variasi. Mulai terpengaruh film porno, miras dan juga kondisi tempat tinggal dan pergaulan korban,” tandas dia.

Anakotta meminta kepada orang tua untuk lebih aktif menjaga anak-anaknya. Jangan terlalu memberikan kepercayaan kepada orang yang baru dikenal, bahkan berani melepaskan anak seorang diri. Untuk itu, sangat diharapkan peran aktif para orang tua.

”Orang tua juga harus bisa waspada dan menjaga anak dari kejahatan pencabulan bahkan persetubuhan yang kita lihat yang sering terjadi dan rata-rata menimpah korban anak-anak usia produktif. Intinya, jangan berikan kesempatan pelaku kejahatan leluasa melakukan perbuatanya terhadap anak-anak kita. Peran orang tua itu sangat penting guna menghindari anak dari kejahatan seperti ini,” tutup Anakotta.(ERM)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!