MUI Minta Paslon Bersaing Sehat – Ambon Ekspres
Politik

MUI Minta Paslon Bersaing Sehat

PANTAS Sambangi MUI

AMBON, AE.—Satu per satu tokoh agama di Provinsi Maluku disambangi pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Ambon periode 2017-2022, Paulus Kastanya–M.A.S Latuconsina. Kedatangan pasangan dengan akronim PANTAS ini menjalin silaturahmi sekaligus memohon doa restu.

Beberapa waktu lalu, pasangan PANTAS telah mengunjungi Ketua Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku pendeta A. J. S. Werinussa dan Uskup Diosis Amboina Mgr. P.C. Mandagi, MSC. Senin, (19/9), pasangan PANTAS, kembali menyambangi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Idrus.E. Toekan.

Ketua MUI Provinsi Maluku, Idrus E. Toekan mengatakan, kunjungan pasangan PANTAS merupakan silaturahmi. “Kedatangan pak Poly dan pak Sam sebagai bentuk silaturahmi. Mereka menyampaikan maksud untuk maju dalam Pilkada Kota Ambon,” ungkap Toekan kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dia menegaskan, MUI dilarang terlibat dalam proses politik. Namun, dalam hal memberikan pendidikan politik adalah sebuah kewajiban. “Kita tidak berpolitik praktis, tapi kita mengikuti proses politik. Seluruh proses politik para kandidat kami ikuti. Karena kedatangan pak Poly dan pak Sam ke MUI sebagai lembaga keagamaan, maka nuansa keagamaan yang dibicarakan,” tegasnya.

Dia pun mengimbau pasangan PANTAS, maupun pasangan calon lain, yang nantinya terpilih sebagai walikota dan wakil walikota Ambon harus mengemban amanah masyarakat. “Sesuai ajaran Islam, jabatan dan kekuasaan itu pemberiaan Allah SWT, karena itu kapan pun bisa saja diambil kembali. Karena itu, apabila bapak berdua dipercayakan menjadi pemimpin di kota Ambon dapat mengemban amanah rakyat tersebut. Amanat umat Islam, umat Kristen dan umat beragama lain,“ucapnya.

Dia juga mengajak, pasangan calon dan tim sukses serta masa pendukung menjaga keamanan dan ketertiban. “Bersaing secara sportif dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban sehingga menghasilkan pilkada berkualitas,”katanya.

Paulus Kastanya mengaku kedatangan pasangan PANTAS ke MUI merupakan bagian dari silaturahmi sekaligus memohon doa restu para tokoh agama. Tidak saja MUI, beberapa waktu lalu, pasangan PANTAS telah bersilaturahmi dengan Keuskupan Amboina dan Ketua MPH Sinode GPM.

“Tidak ada pembicaraan khusus, hanya saja sebagai calon pemimpin di kota Ambon, kami datang bersilaturahmi sekaligus memohon doa restu. Kami juga meminta pendapat dan masukan sehingga menjadi referensi kedepan,”ujarnya. (SAT)

Most Popular

To Top