Pendidikan Bela Negara Penting Dilakukan – Ambon Ekspres
Amboina

Pendidikan Bela Negara Penting Dilakukan

Menhan Beri Kuliah Umum di Unpatti

AMBON, AE.—Menteri Pertahan RI, Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menegaskan, pendidikan dan pengetahuan tentang bela negara sangat dibutuhkan saat ini oleh segenap bangsa. Hal itu demi terjaganya keutuhan NKRI dari pengaruh maupun ancaman terhadap gangguan keamanan.

Menurut dia, program bela negara yang tengah dilakukan merupakan bagian dari rovolusi mental, dalam membangun daya tangkal bangsa untuk menghadapi kompleksitas, dinamika sekaligus mewujudkan ketahanan bangsa.

“Kesadaran setiap warga negara yang diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga merupakan sok power bangsa dan akan memberikan efek bagi negara-negara tetangga yang ingin mengganggu keutuhan NKRI,” kata Ryamizard saat memberikan kuliah umum di kampus Unpatti Ambon, kemarin.

Dikatakan, kesadaran bela negara merupakan modal sosial bangsa untuk membangun dan menjadi bangsa yang maju. Hal itu akan terwujud jika kesadaran bela negara sudah terlampau tinggi dan benar-benar dilakukan oleh warga sendiri.

BACA JUGA:  MUI Minta Paslon Bersaing Sehat

“Jika kita sudah memiliki kesadaran dalam bela negara, maka bangsa ini akan maju dan sejajar dengan bangsa lain. Bela negara merupakan modal besar bagi kita. Amerika sendiri ingin belajar tentang bela negara dari kami,” jelasnya.

Tak hanya Amerika, mantan Kasad ini juga mengaku, jika pengetahuan tentang bela negara yang saat ini tengah dilakukan pemerintah terhadap seluruh masyarakat menjadi perhatian dari sejumlah negara lain. “Buka saja Amerika, tetapi Inggiris, Belanda, Jerman dan negara-negara besar lainnya juga ingin belajar tentang apa itu bela negara. Inilah modal bagi bangsa kita untuk mempertahankan keutuhan NKRI,” tuturnya.

Pihaknya, kata dia, saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak Mendikbud maupun Menrisetdikti agar program pendidikan bela negara segara dimasukan kedalam kurikum pembelajaran bagi para pelajar dan mahasiswa. “Ini sangat penting, sehingga generasi kita tidak lagi terpengaruh dengan paham-paham maupun aliaran yang dianggap itu memangganggu keutuhan negara kita,” tuturnya.

BACA JUGA:  Mengawal Inflasi, Memperbaiki Struktur Ekonomi

Ditambahkan, pendidikan bela negara sangatlah penting. Hal itu bila tidak dilakukan maka kenyataan saat ini sejumlah negara di Timur Tengah diporak-porandakan karena lemahnya pengetahuan bela negara. “Kalau kita tidak memulai dari sekarang, maka dan biarkan kondisi ini terus terjadi maka generasi kita dengan mudah terpengaruh dengan ISIS, teroris maupun sebagainya. Nah, hadirnya bela negara ini demi menuju Indonesia yang semakin emas. Mari kita semua harus sadar dan mau membela negara kita. Tanamkan hal itu,” tegasnya. (AHA)

Most Popular

To Top