Polisi Ringkus Dua Pelaku Asusila – Ambon Ekspres
Metro Manise

Polisi Ringkus Dua Pelaku Asusila

AMBON, AE— Moh Adam alias Ahmad dan Yakop Rumahmuri akhirnya diamankan polisi terkait dugaan tindak pidana persetubuhan dan pencabulan yang mereka lakukan terhadap gadis 17 tahun beberapa hari lalu. Kedua pemuda ini sudah ditetapkan tersangka dan dijebloskan ke dalam rumah tahanan (rutan) Polres Ambon.

Iptu Nikolas Frederick Anakotta, Paur Subbag Polres Ambon dikonfirmasi terkait perkembangan penangan kasus ini menandaskan, penangkapan terhadap kedua pelaku setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sedikitnya lima orang saksi.

”Mereka (Amad dan Yakop, red) sudah diamankan hari Sabtu kemarin dan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya sudah dijebloskan ke rutan Polres Ambon,” kata Anakotta kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (19/9).

Menurut Anakotta, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kedua pelaku, mereka mengakui apa yang sudah dilakukan terhadap korban. Sehingga kedua pelaku langsung dialihkan statusnya sebagai tersangka.

Proses kasus ini displit menjadi dua berkas perkara berdasarkan unsur pidana yang dilakukan. Keduanya dijerat UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Moh Adam alias Ahmad diproses sesuai pasal 81 tentang persetubuhan terhadap anak, sedangkan Yakop Rumahmuri diproses berdasar pasal 82 tentang pencabulan.

”Proses tetap dilakukan berdasarkan perbuatan yang meraka lakukan, sehingga nantinya berkas perkara tetap displit menjadi dua bagian, Ahmad tentang persetubuhan, sedangkan Yakop tentang pencabulan,” jelas Anakotta.
Sebelumnya, Moh Adam alias Amad dan Yakop yang bermukim dikawasan Kamiri, Kecamatan Teluk Ambon ini diadukan ke polisi. Mereka diduga melakukan tindak pidana persetubuhan dan pencabulan terhadap seorang gadis dibawah umur. Kasus ini masih dalam penanganan unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Ambon.

Informasi di Polres Ambon menyebutkan, aksi kekerasan seksual terhadap korban yang berdomisili di kawasan Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah itu terjadi Senin (12/9) sekitar pukul 21.00 WIT. Tepatnya di dalam kamar kontrakan pelaku. Mereka baru saja kenalan. Korban tidak menyangka pelaku akan melakukan perbuatan bezat tersebut terhadap dirinya.

Kejadian berawal ketika korban mendatangi salah temannya di Wayame, Kecamatan Teluk Ambon. Kemudiaan datang pelaku bersama dua orang rekannya, Yakop Rumahmuri dan Andika mengunakan dua sepeda motor.

Dikontrakan itu mereka sempat bertemu. Entah apa yang terjadi, pelaku kemudian mengajak korban untuk jalan-jalan. Ajakan itu diiyakan korban. Namun dengan pertimbangan temannya harus ikut. Korban menaiki sepeda motor yang dikendarai Ahmad. Sedangkan sepeda motor yang dikendarai Yakop berboncengan dengan Andika dan teman korban.

Mereka kemudian melajukan ke arah dusun Kamiri. Entah apa yang dipikirkan Yakop dan Andika berbalik arah dan menurunkan teman korban tepat di depan swalayan BTN Wayame. Sedangkan pelaku Ahmad sudah lebih duluan dan tiba di rumahnya bersama korban.

Disitulah kemudian pelaku melancarkan aksinya bejatnya. Korban kemudiaan dipaksa melayani nafsu birahinya. Bersamaan saat itu tidak ada satupun keluarga pelaku di rumah. Sempat korban menolak, namun Ahmad terus memaksa dan merayu korban. Bahkan pelaku sempat sampaikan ke korban apabila terjadi sesuatu dia akan bertangungjawab.

Korban termakan rayuaan Ahmad. Dia akhirnya mengiyakan permintaan pelaku. Selanjutnya, korban disetubuhi pelaku. Cilaknya, ternyata Ahmad dan kedua temannya Yakop dan Andika sudah berencana melakukan perbuatan berjat itu secara berjamaah terhadap korban.
Setelah menyetubuhi korban, Ahmad kemudian keluar kamar. Selanjutnya giliran Yakop masuk ke dalam kamar dengan tujuaan menggerayangi korban. Dia merayu korban. Namun, korban tidak mau dan memberontak. Yakop hanya sempat mencabuli korban.

Pasca kejadiaan, korban tidak langsung melaporkan ke pihak berwajib. Selang beberapa hari, dia menceritakan perbuatan itu terhadap beberapa kerabatnya. Mereka kemudian melaporkan itu ke polisi, Rabu (14/9) sekira pukul 16.30 WIT.(ERM)

Most Popular

To Top