Klaim Menang di Zona Baguala-Sirimau – Ambon Ekspres
Politik

Klaim Menang di Zona Baguala-Sirimau

AMBON,AE.—Konsolidasi tim pemenangan dua pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Ambon, Richard Louhenpessy-Syarif dan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina di zona kompetitif, gencar dilakukan. Dari hasil konsolidasi sementara, tim optimis akan meraih kemenangan dengan jumlah suara signifikan.

Sekretaris Tim Pemenangan pasangan Richard Louhenapessy-Syarif, Reza Bahawerez, Rabu (21/9) mengatakan, tim tidak hanya bergerak di dua kecamatan yang dinilai kompetitif, yaitu Baguala dan Sirimau. Konsolidasi dilakukan di lima kecamatan, desa hingga dusun.

“Kita terus melakukan konsolidasi, karena pasangan kita usung ini adalah dengan koalisi kerakyatan. Tetapi, kita tidak fokus pada ke wilayah-wilayah tertentu saja,”kata Reza.

Seperti diberitakan Ambon Ekspres, Rabu (21/9) Analis politik Almudatsir Sangadji dan Direktur Resco M. Jais Patty menilai, pemilihan Walikota dan wakil Walikota Ambon dipastikan berlangsung sengit. Terutama di kecamatan Sirimau dan Baguala Selain memiliki banyak pemilih, juga karena ketokohan kandidat di wilayah-wilayah itu.

Secara demografi politik, bakal calon Walikota Paulus Kastanya yang berpasangan dengan Muhammad Armin Syarif Latuconsina alias Sam sebagai balon wakil Walikota Ambon, memiliki basis signifikan di wilayah Benteng dan Kudamati, kecamatan Nusaniwe. Ini dipengaruhi oleh faktor figuritas Paulus (Poly) serta dukungan identity party (ID) PDI Perjuangan.

BACA JUGA:  Berebut Kursi Wakil Ketua DPRD Ambon

Sementara dukungan Richard, hampir merata di semua wilayah. Persaingan ketat, diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Sirimau yang meliputi, Batu Merah Galunggung, Kebung Cengkeh, hingga Stain.

Reza melanjutkan, tim pemenangan pasangan Richard-Syarif dengan akronim Paparisa Baru yang diusung Partai Golkar, Nasdem dan PPP bergerak bersama rakyat dalam melakukan konsolidasi. Tidak hanya mengandalkan kekuatan partai politik pengusung.

Selain parpol pengusung dan tim pemenangan, kata Wakil ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP kota Ambon itu, simpul-simpul Paparisa Baru di masyarakat juga melakukan konsolidasi.

“Jadi, selain tim, rakyat juga telah bekerja untuk kemenangan pasangan Paparisa Baru. Ada kekuatan-kekuatan yang kita tidak, mereka bekerja untuk Paparisa Baru. Dan itu dilakukan secara massif. Ini membuktikan bahwa respon warga kota Ambon terhadap Paparisa Baru ini sungguh luar biasa,”ungkap Reza.

Sementara itu, sekretaris Tim Kampanye pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina dengan akronim PANTAS, Rustam Latupono mengatakan, setelah deklarasi koalisi PANTAS, hasil konsolidasi mulai dirasakan. Popularitas dan akseptablitas pasangan ini, meningkat dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Ancaman Setelah Reklamasi Pantai

“Pasca deklarasi koalisi PANTAS, terdapat progress yang cukup baik dari konsolidasi-konsolidasi yang telah dilakukan sebelumnya. Kita tidak asal bicara. Ada parameter-parameter yang kita buat dalam skala tim pemenangan,”ungkap Rustam.

Rustam mengaku, konsolidasi melibatkan semua elemen partai pengusung dan relawan. Meski Sirimau memiliki jumlah pemilih terbanyak dibandingkan empat kecamatan lainnya, yakni Nusaniwe, Leitimur Selatan, Baguala dan Teluk Ambon, namun konsolidasi dilakukan di semua kecamatan.

“Saya kira wilayah yang akan diperebutkan pasti di daerah Sirimau, karena memiliki jumlah pemilih terbanyak di kota Ambon. Tapi, kita tidak fokus pada daerah Sirimau saja. Kita fokus pada semua titik dengan pergerakan semua partai,”ungkap dia.

Dengan pola pergerakan konsolidasi yang massif dan koalisi gemuk dari sembilan partai politik yaitu PDIP, Gerindra, PAN, PKS, PBB, Hanura, PKPI, Demokrat dan PKB, Rustam sangat optimis pasangan PANTAS akan memenangkan pertarungan Pilwakot Ambon 2017 mendatang.

”Kita sangat yakin, tidak mendahului keputusan Tuhan tapi saya sangat yakin kita akan keluar sebagai pemenang,”papar sekretaris DPC Partai Gerindra kota Ambon itu.(TAB)

Most Popular

To Top