Abua Pupuskan Harapan Koalisi – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Abua Pupuskan Harapan Koalisi

AMBON,AE.—Pilkada Maluku Tengah 2017, dipastikan hanya diikuti oleh satu pasangan calon dari partai politik. Ini setelah Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan rekomendasi ke pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Abua Tuasikal-Maralatu Leleury.

Sebelumnya pasangan ini telah mengantongi rekomendasi 8 parpol dengan total 31 kursi DPRD, diantaranya Golkar, Gerindra, PDIP  Demokrat, Hanura, Nasdem, PBB, dan PKPI. Bersandarnya rekomendasi PAN yang memiliki 3 kursi di DPRD ke pasangan Abua-Marlatu, memutuskan keinginan pasangan Azis Mehulette-John Lewerissa maju di gelenggang Pilkada Malteng.

Pasalnya, pasangan dengan akronim Amarisa hanya diusung oleh PKB (4 kursi) dan PPP (1 kursi), sehingga tidak memenuhi syarat 20 persen kursi (8 kursi). Sementara pasangan bakal calon perseorangan Isnain Solo dan Jacob Soakalune, pada tahapan verifikasi data dukungan, belum memenuhi syarat. Sesuai aturan, pasangan diwajibkan melengkapi dukungan KTP yang kurang.

Ketua Dewan Pimpinan (DPW) PAN Maluku, Abas Hames Hanubun yang dikonfirmasi Ambon Ekspres via telepon, Kamis (22/9) mengatakan, telah mendapat telepon dari ketua umum PAN, Zulkifli Hasan bahwa nomor rekomendasi, cap dan tanda tangan telah dibubuhi. Fisik rekomendasinya, rencananya diserahkan tadi malam.
“Sesuai informasi lisan dari ketua umum, itu rekomendasi sudah ditanda tangani untuk pak Abua. Rencana malam ini (tadi malam) diserahkan, karena kandidat yang bersangkutan juga ada di sana (Jakarta),”ungkap Hanubun.

BACA JUGA:  Jaksa Garap Kadis PPKAD SBB

Dengan demikian, Hanubun memastikan PAN tetap mengikuti Pilkada Maluku, meski keputusan politik terkadang berubah dalam hitungan menit.”Saya tidak tahu, dua jam ke depan berubah lagi. Tapi PAN tetap ikut Pilkada,”tambah dia.

Kemarin, sebelum informasi resmi dari DPP PAN, bakal calon Bupati Maluku Tengah, Azis Mehulette yang dihubungi mengaku optimis direkomendasikan PAN. “Ya, tentu kami optimis dapat rekomendasi PAN,” kata Mahulette.

Hal senada juga dikemukakan Tuasikal Abua dimana dirinya bersama Leleury memiliki tingkat elektabilitas tinggi secara internal serta berproses di partai. “Kami yakin dengan proses di partai,” ujarnya.

Sebelumnya, sekretaris DPW PKB Maluku Asmin Matdoan mengatakan, jika pasangan Amarissa tidak memenuhi syarat, maka rekomendasi PKB akan dianulir dan membentuk koalisi praksis. Menurut Matdoan, kondisi tersebut telah dipaparkan ke DPP untuk dievaluasi.

Pantauan Ambon Ekspres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tengah, belum satu pun pasangan calon yang mendaftar pada hari kedua pendaftaran, Kamis (22/9). Baik dari jalur partai politik maupun perseorangan.

Anggota KPU, Jaliman Latuconsina mengatakan, sejauh ini baru ada satu pasangan calon yakni perseorangan Isnain Nukuhail dan Jacob Soakulone yang telah berkonsultasi dengan KPU terkait mekanisme pendaftaran. “Sampai hari Kamis pukul 15.20 Wit baru ada pasangan dari jalur perseorangan berkonsultasi dan menyatakan akan daftar pada hari Jumat,” terangnya.

BACA JUGA:  Giliran TPPU Rolobessy Dikejar

Pendaftaran pasangan calon oleh partai politik maupun jalur perseorangan dipastikan dilakukan pada hari ini,(Jumat,red). “Kita akan mendaftar besok(Jumat,red),” kata ketua tim calon perseorangan Hairun Hataul saat menghubungi Ambon Ekspres via telepon.

Menurutnya, mereka juga telah melakukan komunikasi dan konsultasi dengan KPU terkait mekanisme pendaftaran. Lebih lanjut kata dia, segala persyaratan yang diamanatkan peraturan komisi pemilihan umum(PKPU) telah dilengkapi.

“Kami optimis akan lolos sebagai pasangan calon dari jalur independen, dan pasangan Pamahanu siap maju dalam konstestasi pilkada Maluku Tengah, 2017,” katanya optimis.

Alih Dukungan
Sementara itu, pengalihan rekomendasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kepada pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly, membuat pendukung Matias Malaka mengalihkan dukungan. Sebelumnya PKS telah memberikan kepada Malaka. Namun, mantan sekretaris daerah MTB itu tidak mendapat rekomendasi parpol lainnya.

Wujud dukungan terlihat, Kamis (22/9) berlokasi desa Sifnana masa pendukung Malaka menyatakan sikap dukungan kepada FATWA. “Kami mau menyampaikan kepada pak Petrus Fatlolon, sesuai komitmen masa pendukung, apabila pak Malaka mendukung pasangan siapapun maka seluruh dukungan akan beralih ke pasangan tersebut (Petrus-Agustinus),” tandas salah satu tokoh masyarakat Desa Sifnana Kecamatan Tanimbar Selatan,

BACA JUGA:  Hamid Rahayaan Ditolak Golkar Tual

MTB.
Dihadapan Fatlolon, masa pendukung Malaka berkomitmen mengantar pasangan FATWA mendaftar di KPUD MTB. Tidak saja itu, posko-posko tim pemenangan Malaka akan diubah menjadi posko FATWA.

“Kami sudah menyatakan sikap, artinya tidak perlu meragukan kami. Kami siap memenangkan pasangan FATWA. Tim pemenangan pak Malaka tidak dibubarkan tapi akan terus bekerja untuk memenangkan pasangan FATWA,” tandas salah satu tokoh pemuda Sifnana.

Dihadapan masa pendukung Malaka, Fatlolon berjanji untuk menggandeng Malaka dan semua pihak dalam membangun MTB kedepan. “Saya intensif berkomunikasi dengan pak Malaka, saya sampaikan untuk membangun MTB butuh dukungan semua pihak. Pak Malaka memiliki pengalaman dibidang birokrasi yang dibutuhkan dalam membangun MTB,” tutupnya.

Direncanakan hari ini, ribuan masa pendukung pasangan FATWA akan mendaftarkan diri. Sebelumnya pasangan Poly Werembinan-Jusuf Siletty dan pasangan Dharma Oratmangun-Atus Farakngela telah mendaftar di hari pertama dan hari kedua.(TAB/ANC/SAT)

Most Popular

To Top