Paparisa-PANTAS Hari Ini “Serbu” KPU – Ambon Ekspres
Politik

Paparisa-PANTAS Hari Ini “Serbu” KPU

AMBON,AE.—Dua pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota, Richard Louhenapessy-Syarif Hadler dan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina, akan mendaftarkan diri di
Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari ini. Sementara itu, semua pasangan bakal calon di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sudah mendaftar.

Ketua tim pemenangan PANTAS, Phil Latumariisa mengatakan, pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina (PANTAS) akan bergerak dari rumah PANTAS di Karang Panjang sekira jam 10 pagi ini menuju kantor KPU. Tidak ada arak-arakan massa, seperti deklarasi yang dilaksanakan sebelumnya.

“Yang mengantar pasangan calon adalah seluruh pengurus DPC, PAC, pengurus DPD dan DPW sembilan partai pengusung,”kata sekretaris Tim Pemenangan pasangan PANTAS itu.

Phil memastikan, dokumen pendaftaran, terutama BB1. KWK sudah berada di tangan tim pasangan PANTAS. Termasuk rekomendasi dan BB1.KWK dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah diserahkan secara resmi, Kamis (22/9). “Syarat mendaftar itu sudah clear. Karena rekomendasi, dan terutama BB1.KWK sembilan parpol sudah ada di tangan kita,”tandasnya.

BACA JUGA:  Bolongnya Transaksi Rp54 M

Untuk diketahui, pasangan PANTAS diusung oleh Sembilan partai politik yang memiliki kursi di DPRD kota Ambon dengan 25 kursi dari 35 kursi. Yaitu, PDIP, Gerindra, Hanura, PAN, Demokrat, PKB, PBB, PKS dan PKP Indonesia.

Ketua tim pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler, Max Pattiapon mengungkapkan, sesuai rencana, pasangan dengan akronim Paparisa Baru itu akan menggelar deklarasi di Gong Perdamaian Dunia (GDP) jam 2 siang. Diupayakan, sebanyak 5.000 massa dari tiga partai pengusung, Golkar, Nasdem dan PPP hadir dari acara itu.

“Besok jam 2 siang, diharapkan sekira 5000 massa akan memasuki kawasan Gong Perdamaian Dunia, yaitu dari Golkar, PPP dan Nasdem untuk ikut acara deklarasi pasangan Paparisa Baru,” kata Max kepada Ambon Ekspres, Kamis (22/9).

Sebelum mendatangi kawasan GPD, Richard dan Syarif akan keluar dari kediaman masing-masing dan bertemu di Batu Meja. Di sana, mereka akan disambut oleh atraksi Tifa Totobuang, Hadrat dan Sawat rebana.
Acara deklarasi diupayakan berlangsung sekira 1-2 jam. Pasalnya, setelah itu, pasangan Paparisa Baru diarak menuju kantor KPU provinsi Maluku di jalan Sultan Hasanudin, Tantui untuk mendaftar.

BACA JUGA:  Aktifitas GBU Dihentikan

Baru RAMA
Sementara itu, hingga kemarin atau hari kedua waktu pendaftaran, hanya pasangan Ramly Umasugi-Amos Besan yang mendaftarkan diri. Ribuan massa pendukung mengantarkan pasangan yang diusung Golkar, PAN, Hanura, PKPI, Demokrat, Nasdem, PBB, Gerindra, PDIP dan PKS itu ke kantor KPU sekira pukul 13.20 WIT.

Di dalam ruangan KPU, pasangan dengan akronim RAMA ini didampingi tim pemenang dan perwakilan partai pengusung. Tidak menunggu lama, berkas pendaftaran diserahkan oleh tim dan diterima ketua KPU Buru, Munir Soamole.

Setelah diteliti oleh petugas KPU selema sekira satu jam, berkas tersebut dinyatakan lengkap. Hanya beberapa dokumen asli seperti SKCK dan surat keterangan kesehatan yang dibelum disertakan.

Sedangkan untuk Pilkada SBB, empat pasangan calon telah mendaftar, yaitu Samson Attapary-Suhfi Majid yang diusung oleh PDIP dan PKS, Remon Puttileihalat-Amiruddin diusung Demokrat dan PAN, Yasin Payapo-Timotius Akerina, diusung Hanura dan Nasdem, dan Sanadjihitu Tuhuteru-Petrus Suripaty yang direkomendasi Gerindra, Golkar dan PKB.

BACA JUGA:  Romang Menunggu Janji Edwin

Sementara di Maluku Tenggara, direncanakan hari ini ribuan masa pendukung pasangan FATWA akan mendaftarkan diri. Sebelumnya pasangan Poly Werembinan-Jusuf Siletty dan pasangan Dharma Oratmangun-Atus Farakngela telah mendaftar di hari pertama dan hari kedua.
(TAB/CR1/MG3/SAT)

Most Popular

To Top