15 Pasang Resmi Mendaftar – Ambon Ekspres
Politik

15 Pasang Resmi Mendaftar

AMBON,AE.—Sebanyak 15 pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota yang ikut dalam pilkada di lima daerah di Maluku secara serentak, resmi mendafar sebagai peserta. Di Maluku Tengah, ada dua pasangan bakal calon dari jalur partai politik, setelah Azis Mahulette-Jhon Lewerissa akhirnya mendaftar.

Di Kota Ambon, dua pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Ambon, Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina dan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler resmi mendaftar di KPU, Jumat (23/9). Pasangan Paulus Kastanya-M.A.S Latuconsina mendaftar sekira pukul 11.00 -12.50.

Pasangan dengan akronim PANTAS (Poly-Sam) itu diusung oleh delapan partai politik dengan total 23 kursi, yaitu PDIP, Gerindra, Hanura, PAN, Demokrat, PKB, PBB, PKS dan PKP Indonesia. Sebelumnya, PKPI juga merekomendasi pasangan ini. Namun rekomendasinya dicoret karena ditanda tangani oleh ketua umum dan wakik sekretaris Jenderal, bukan Sekretaris Jenderal.

Pasangan ini tidak membawa massa saat mendaftar. Pantauan Ambon Ekspres di KPU Maluku, hanya pimpinan partai pengusung yang terlihat mendampingi acara pendaftaran pasangan PANTAS.

Sedangkan pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler, mendaftar pada pukul 17.00. Sebelum mendaftar, pasangan yang diusung oleh tiga partai ini, yaitu Golkar, PPP dan Nasdem dengan total 10 kursi melakukan deklarasi di depan monumen Gong Perdamaian Dunia dengan ribuan massa pendukung, sekira pukul 15.30.

Pilkada kabupaten Maluku Tengah, Pasangan Abua Tuasikal-Marlatu Leleury yang diusung sembilan partai politik dengan total 34 kursi DPRD, diantaranya Golkar, Gerindra, PDIP  Demokrat, Hanura, Nasdem, PBB,PKPI dan PAN, resmi mendaftar.

Sedangkan pasangan dari jalur independen atau perseorangan, yaitu Isnain Nukuhaly-Jacobus Soakalune juga ikut mendaftar. Kedua pasangan calon ini mendaftar di KPU Maluku Tengah pada hari terakhir pendaftaran, Jumat (23/9).

Satu pasangan kandidat lainnya, Azis Mahulette dan John Lewerissa akhirnya juga mendaftar, sekira pukul 23.30 wit. Pasangan ini mendaftar dengan rekomendasiPKB, PKS dan PPP dengan total 6 kursi. Hingga pukul 00.00 (jam 12 malam), KPU masih melakukan verifikasi berkas.

Pilkada Buru dua pasangan calon, yakni Ramly Umasugi-Amos Besan. Pasangan dengan akronim RAMA (Ramly-Amos) itu resmi mendaftar pada hari kedua, Kamis (22/9). Pasangan ini diusung oleh Golkar, PAN, Hanura, PKPI, Demokrat, Nasdem, PBB, Gerindra, PDIP dan PKS dengan total 19 kursi.

Berbeda dengan pasangan RAMA dengan koalisi gemuk, pasangan Bakry Lumbessy-Amrullah Madani Hentihu hanya diusung tiga partai dengan total 7 kursi, yaitu PPP (3 kursi), PKB (3 kursi) dan PKS (1 kursi). Pasangan dengan singkatan BARU ini, mendaftar pada hari terakhir, Jumat (23/9).

Di Maluku Tenggara Barat, terdapat empat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang mendaftar. Pasangan Poly Werembinan-Jusuf Siletty yang diusung oleh PDI Perjuangan (5 kursi)dan pasangan Dharma Oratmangun-Markus Farakngela yang diusung Golkar (3 kursi) dan PAN (2 kursi), telah mendaftar di hari pertama dan hari kedua, 21 dan 22 September.

Sementara pasangan Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly yang diusung 7 partai dengan total 15 kursi, yaitu Hanura 1 kursi, Gerindra 3 kursi, PKPI 3 kursi, Demokrat 2 kursi, PKB 2 kursi, dan PKS 2 kursi, mendaftar di hari ketiga, Jumat (23/9) pukul 12.30 di KPUD MTB. Pasangan perseorangan yakni Jack Kosmakolsu dan Jusephus Kulalean juga mendaftar pada hari yang sama.

Ketua KPUD MTB. JJ Lololuan mengatakan, dengan mendaftarnya pasangan FATWA di hari terakhir maka terdaftar 4 pasangan calon. 3 pasangan jalur parpol dan 1 calon perseorangan.

“Sejak kami buka pendaftaran 21 September lalu, pasangan Poly Werembinan-Jusuf Siletty yang diusung PDI Perjuangan, di hari kedua, terdapat 2 pasangan calon yakni Dharma Oratmangun-Markis Farakmamela (DOA) dan pasangan pasangan perseorangan yakni Jack Kosmakolsu dan Jusephus Kulalean,” ujarnya.

Terpisah, Petrus Fatlolon menyatakan, kemenangan bakal dicapai, mengingat dukungan 7 partai politik dengan kekuataan 15 kursi di DPRD. “Kita yakin menang, kita didukung 7 partai politik. Di MTB terdapat 10 partai politik memiliki kursi DPRD, dari jumlah 25 kursi, FATWA didukung 15 anggota DPRD MTB yang tergabung dalam koalisi duan lolat,” tandasnya diharapan ribuan masa pendukung usai mendaftar.

Sedangkan untuk Pilkada SBB, empat pasangan calon telah mendaftar, yaitu Samson Attapary-Suhfi Majid yang diusung oleh PDIP dan PKS, Remon Puttileihalat-Amiruddin diusung Demokrat dan PAN, Yasin Payapo-Timotius Akerina, diusung Hanura dan Nasdem, dan Sanadjihitu Tuhuteru-Petrus Suripaty yang direkomendasi Gerindra, Golkar dan PKB. Keempat pasangan telah mendaftar pada hari pertama dan kedua (21 dan 22 September).
(ANC/TAB/SAT/CR1/MG3)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!