“Perang” Kota Dimulai – Ambon Ekspres
Politik

“Perang” Kota Dimulai

AMBON,AE.—Dua pasangan calon Walikota dan wakil Walikota Ambon, Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina dan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler resmi telah mendaftar, kemarin. Komisi Pemilihan Umum Kota Ambon menyatakan berkas pendaftaran, sudah terpenuhi untuk sementara, karena masih terus diverifikasi.

Pantauan Ambon Ekspres, pasangan yang lebih awal mendaftar, adalah Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina dan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler. Pasangan ini tiba di kantor KPU Maluku, Tantui, pukul 11.00 dan didampingi ketua dan sekretaris serta pengurus 9 partai pengusung. Pasangan ini tidak membawa massa layaknya acara deklarasi yang dilakukan sebelumnya.

Pasangan PANTAS dan rombongan diterima langsung oleh ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama dan empat komisioner KPU lainnya, ketua devisi Teknis KPU Maluku La Alwi dan Panwaslih kota Ambon. Setelah menjelaskan beberapa aturan teknis dan berkas harus disiapkan pasangan calon, KPU pun memverfikasi berkas pendaftaran yang diserahkan oleh ketua tim pemenang PANTAS, Edwin Adrian Huwae.

Rapat pendaftaran pasalon ini, sempat diskorsing sebanyak dua kali. Pertama, terkait dengan rekomendasi partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang ditanda tangani oleh Pjs ketua umum. Namun, setelah mendengarkan penjelasan La Alwi dan bukti surat edaran Kementrian Hukum dan HAM bahwa DPP Hanura telah mengangkat Pjs ketum menggantikan Wiranto karena menjabat menteri, maka KPU menerima rekomendasi Hanura.

Skorsing kedua selama 5 menit untuk membicarakan rekomendasi PKP Indonesia yang ditanda tangani oleh ketua Umum Isran Noor dan wakil sekretaris jenderal Takudaeng Parawansa. Setelah membaca dengan teliti Peraturan KPU nomor 9/2016 tentang pencalonan, KPU menolak dan mencoret rekomendasi PKPI.

Meski begitu, KPU tetap menerima berkas pencalonan PANTAS, karena diusung oleh delapan partai politik dengan total jumlah 23 kursi DPRD, yaitu PDIP, Gerindra, Hanura, PAN, Demokrat, PKB, PBB dan PKS. KPU kemudian berita acara pendaftaran. Seluruh berkas dalam bentuk BB1 KWK dari masing-masing pasangan calon telah diterima KPU, untuk nantinya diverifikasi.

Ribuan Massa
Sedangkan pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler, mendaftar pada pukul 18.00 wit. Sebelum mendaftar, pasangan yang diusung oleh tiga partai ini, yaitu Golkar, PPP dan Nasdem dengan total 10 kursi melakukan deklarasi di depan monumen Gong Perdamaian Dunia dengan ribuan massa pendukung, sekira pukul 15.30.

Pasangan dengan akronim Paparisa Baru berjalan kaki dengan ribuan massa dari kawasan perempatan Simpang menuju GDP. Baik masyarakat biasa, pimpinan parpol maupun tim pemenangan.

Dalam deklarasi Paparissa Baru, Richard dan Syarif menyampaikan ikrar anti korupsi. Ikrar ini dibacakan di hadapan ribuan massa, sebagai komitmen Paparissa Baru dalam menjalankan pemerintahan yang bersih lewat ikrar anti korupsi untuk warga kota Ambon. Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi.

“Dengan memanjatkan puji syukur Allah SWT, kami yang bertanda tangan di bawah ini, Richard Louhenapessy sebagai calon walikota Ambon dan Syarif Halder sebagai calon wakil walikota Ambon periode 2017-2022. Menyatakan sekaligus mendeklarasikan diri untuk maju dalam proses pemilihan kepala daerah kota Ambon yang akan diselenggarakan 15 Februari,”ucap keduanya secara bersamaan.

Usai deklarasi, pasangan calon Richard-Syarif bersama seluruh pimpinan partai pengusung dan ketua tim pemenang yakni Richard Rahakbauw, langsung menyambangi KPU untuk melakukan pendaftaran. Mereka tiba sekira pukul 18.00 Wit.

Kemudian masing-masing pimpinan partai diminta masukan berkas dan bersama KPU dan Panwaslu bersama-sama melakukan verifikasi berkas. KPU kota Ambon memutuskan menerima berkas Paparissa Baru.

“Demikian KPU kota Ambon menerima berkas dari pasangan Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler sebagai bakal calon walikota dan wakil walikota Ambon periode 2017-2022. Sehingga seluruh berkas ini kemudian akan dilakukan dengan verifikasi selanjutnya,” kata ketua KPU Kota Ambon, Martinhus Kainama.(ISL)

Most Popular

To Top