Puluhan Kapal Dicek Kelaikan – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Puluhan Kapal Dicek Kelaikan

Kepala Seksi Rancang Bangun, Stabilitas, Garis Muat Kapal Penumpang dan kapal Penangkap Ikan, Agustinus meminta pemilik kapal, operator kapal dan awak kapal peduli terhadap keselamatan jiwa, lingkungan saat pengoperasian kapal.

“keselamatan kapal sebagai suatu budaya (Safety Culture) perlu terus dibangun di kalangan operator, anak buah kapal dan semua pihak yang terkait dalam pengoperasian kapal,”jelas Agustinus usai melaksanakan ramp check di pelabuhan penyeberangan Galala, Pelabuhan penyeberangan Hunimua dan pelabuhan Tulehu, Kamis (22/9) dan Jumat (23/9).

Agus menjelaskan, pemeriksaan kelaiklautan kapal (Ramp Check) dilaksanakan sesuai instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor UM.008/69/8/DJPL-16, tanggal 21 September 2016, tentang Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal (Ramp Check) Secara terus menerus pada seluruh kapal berbendera Indonesia. Ini untuk memastikan seluruh kapal memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal.

Selain itu, untuk menjamin kelancaran pengoperasian kapal guna mendukung pertumbuhan perekonomian negara. Kemudian, dapat meminimalisir kerugian yang yang ditimbulkan oleh pengoperasian kapal sub-standard.
Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan itu menyebutkan, kapal yang diramp check, diantaranya KMP. Temi di pelabuhan penyeberang Galala, KMP. Tanjung Kuako dan KMP.

BACA JUGA:  Kadishub Tersangka Kasus Arara

Terubuk di pelabuhan Penyeberang Hunimua, serta KM. Express CANTIKA 88 di pelabuhan Tulehu.“Hasil ramp check, menunjukkan kapal yang diperiksa secara umum memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal,”papar Agus.

Menurut Agus, awak kapal dan pemilik kapal harus memiliki kepedulian terhadap keselamatan jiwa, keselamatan kapal dan lingkungan saat mengoperasikan kapal. Hal itu dilakukan dengan menyiapkan perlengkapan keselamatan yang dapat digunakan saat kapal dalam keadaan emergency?

Pelaksanaan ramp check diikuti Marine Inspector (MI) dari Kantor KSOP kelas I Ambon yang dipimpin oleh Kapten Julianus, Jonly Penturi, ST, Miraza Polpoke, ST, dan Nevile V. Pattikawa,ST.(ISL)

Most Popular

To Top