Siapa Sangka, Sudut-Sudut Jakarta ini Membawa Kita Berasa di Eropa – Ambon Ekspres
Advetorial

Siapa Sangka, Sudut-Sudut Jakarta ini Membawa Kita Berasa di Eropa

Jakarta pernah sangat berjaya pada masanya, sungguh menggoda untuk didatangi dan menjadi salah satu pusat perdagangan di Asia karena lokasinya yang strategis. Para pelayar Eropa bahkan menjuluki Jakarta dengan sebutan Permata Asia atau Ratu dari Timur. Bicara soal masa lalu ibukota negara tersebut, ingatan kita mungkin akan tertuju pada nama Batavia. Sebuah tempat yang menjadi pusat kegiatan orang-orang Eropa di bawah kepemimpinan VOC. Sebelumnya, Pelabuhan Sunda Kelapa ditaklukkan oleh Demak dan diubah jadi Jayakarta. Namun setelah VOC merebut dan menancapkan tajinya, nama Batavialah yang digemakan.

Tentu sebagai tempat yang penting dan pusat pemerintahan, ada banyak sekali bangunan penting dengan berbagai fungsi untuk mendukung kepentingan orang-orang Eropa pada saat itu. Beberapa bangunan tersebut masih bisadi jumpai hingga saat ini. Terutama di kawasan Kota Tua Jakarta. Lokasinya dekat dengan hotel murah di Jakarta. Sehingga liburan muakan semakin menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa bangunan tua bersejarah yang ada di Jakarta.

  1. Museum Fatahillahmuseum-fatahillah

Image Source: https://www.flickr.com/photos/influcom/

Sebuah bangunan bergaya Eropa Klasikan bisa kamu lihat jika bertandang kekawasan Kota Tua Jakarta. Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Fatahillah atau nama resminya adalah Museum Sejarah Jakarta. Bukan hanya arsitektur bangunan saja yang menjadi daya tarik karena sudah berusia tua, tapi koleksi benda-benda di dalamnya akan membuat wawasanmu akan perjalanan bangsa jadi lebih luas. Dulunya bangunan ini adalah gedung Balai Kota Batavia yang dibangun oleh VOC.

Masa pembangunanya sekitar tahun 1707 hingga 1710 atas instruksi dari GubernurJendral Johan van Hoorn. Jika dilihat sekilas, bangunan yang semula disebut sebagai Stadhuis van Batavia itu mirip dengan Istana Dam di Amsterdam. Selain bangunan pendamping ada juga ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara. Saat ini kamu bisa mengunjungi Museum Fatahillah untuk berwisata dan melihat koleksi bersejarah dari zaman kerajaan.

  1. Museum Wayang museum-wayang

Image Source :https://www.flickr.com/photos/27494734@N07

Saat ini bangunan Museum wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Dari jauh saja, kamu sudah bisa melihat sebuah bangunan besar bergayaEropa yang khas. Pandanganmu memang tidak salah, karena museum tersebut dulunya adalah bangunan milik Belanda yang difungsikan sebagai gereja. Awalnya bernama  De Oude HollandscheKerk (“Gereja Lama Belanda”). Setelah perbaikan pada tahun 1732, berganti nama menjadi De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja BaruBelanda).

Akibat bencana gempa bumi, bebera pabagian bangunan hancur dan untuk beberapa tahun tidak difungsikan. Baru sekitar tahun 1975, diperbaiki. Kemudian tidak lagi digunakan sebagai gereja, tapi untuk menyimpan berbagai koleksi wayang. Meski begitu nuansa bangunan lama masih begitu terlihat. Ada sekitar 4 ribujenis wayang  yang di pamerkan di sini. Kamu bisa berwisata sejarah sambil mengenal lebih dekat budaya asli Indonesia.

  1. Stasiun Jakarta Kota stasiun-jakarta-kotaImage Source :https://www.flickr.com/photos/sbamueller

Stasiun Jakarta Kota adalah bangunan bersejarah bergaya Eropa yang masih bertahan hingga saat ini, memang ada beberapa titik yang terlihat kurang begitu terawat. Namun sekarang, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menata kembali stasiun tersebut setelah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Lokasi tersebut pada masa kolonial Belanda awalnya bernama Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij, sebuah perusahaan swasta yang menangani jalur kereta api antara Batavia dan Bogor. Namun setelah tahun 1913 dijual pada pemerintah Hindia belanda. Pembangunan stasiun kemudian dilakukan dan selesai padatahun 1929 dengan bentuk bangunan seperti sekarang ini.

Itulah beberapa bangunan di Kota Tua Jakarta yang akan membuatmu merasakan atmosfer ala negara Eropa jika bertandang kesana. Jika kamu ingin mencarihotel murah di Jakarta, sebaiknya kamu menginap di Airy Rooms. Jaringan Hotel murah ini menyediakan fasilitas mumpuni berupa AC, TV layardatar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum dan WiFi gratis. Jika kamu tertarik, langsung saja lakukanpemesanan melalui melalui website, WhatsApp,teleponke Customer Service, dan juga lewatAndroid Apps.

android-app

Airy Rooms adalah jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak dan akan memberikanmu pengalaman berlibur di Kota Tua Jakarta yang menyenangkan. Selamat liburan ya!

Most Popular

To Top