Nyaman Bersama Garuda Bintang Lima pun Diraih – Ambon Ekspres
Ragam

Nyaman Bersama Garuda Bintang Lima pun Diraih

Pongoh: Rute Ambon- Surabaya Kembali Dibuka

Kualitas pelayanan maskapai penerbangan Garuda Indonesia kepada konsumen tidak perlu diragukan lagi. Ini terbukti dengan prestasi yang diraih oleh pihak manajemen Garuda Indonesia. Yang terbaru Garuda Indonesia kembali menerima penghargaan sebagai Maskapai Bintang Lima atau 5-Star Airline oleh Skytrax, oleh lembaga independen pemeringkat penerbangan global yang berbasis di London, Inggris.

Prestasi ini merupakan kesempatan kedua, pada akhir 2014 Garuda Indonesia juga berhasil meraih penghargaan serupa.

Sertifikat 5-Star Airline yang kedua tersebut diserahkan langsung CEO Skytrax Edward Plaisted kepada Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo pada ajang pameran kedirgantaraan terbesar di Asia, Singapore Airshow 2016 ini.

Proses sertifikasi “5-Star Airline” dilaksanakan melalui proses “Skytrax Audit” dengan poin-poin penilaian mendetail yang meliputi seluruh aspek pelayanan, dari pre-flight, in-flight dan post-flight.

Seperti kualitas pelayanan penumpang di bandara, kualitas ruang tunggu, kenyamanan kabin, sajian dalam pesawat (inflight meal), hingga kualitas hiburan dalam pesawat (in-flight entertainment).

Sebagaimana dikutip Dream.co.id, Direktur Utama Garuda, M. Arif Wibowo menyampaikan bahwa, pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen dan konsistensi manajemen dan seluruh karyawan Garuda Indonesia. Hasil dari kerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja perusahaan pada seluruh aspek bisnis.

Pencapaian ini merupakan milestone penting bagi Garuda Indonesia di awal tahun 2016, sekaligus menjadi tantangan yang lebih besar bagi Garuda Indonesia untuk secara terus-menerus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa.

Menteri BUMN RI Rini Soemarno turut mengapresiasi kinerja Garuda Indonesia atas pencapaian dan keberhasilan dalam mempertahankan gelar bergengsi tersebut. Rini Soemarno memuji kerja keras manajemen dan seluruh karyawan Garuda Indonesia yang telah berhasil meraih penganugerahan untuk kedua kalinya predikat sebagai

“Maskapai Bintang Lima” dari Skytrax, karena pencapaian tersebut tidak sekedar memperkuat brand komersial Garuda Indonesia, namun sekaligus memperkokoh nation branding Indonesia di mata dunia.

Lebih jauh Rini Soemarno juga memuji pencapaian laba bersih (net profit) tahun 2015 yang dicapai Garuda Indonesia senilai Rp 1 triliun lebih atau setara 77,9 juta dolar AS.

Dari total lebih dari 200 maskapai penerbangan di seluruh dunia, hingga saat ini hanya terdapat tujuh Maskapai Bintang Lima (Five Star Airlines) yaitu Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Qatar Airways, Asiana Airline, All Nippon Airlines, dan Hainan Airlines.

Sementara itu secara terpisah GM Garuda Indonesia (Maluku) Soni Pongo menjelaskan, untuk mendukung kualitas dan kepuasan pelayanan konsumen Garuda Indonesia kini telah melakukan penjajakan untuk menjawab semua kebutuhan pasar. Salah satunya Provinsi Maluku. Di Maluku, kata dia, Garuda Indonesia akan kembali membuka rute Ambon Surabaya PP, yang sebelumnya sempat terhenti.

”Rute ini dibuka kembali untuk menjawab kebutuhan pasar atas permintaan konsumen. dengan segala pertimbangan, kita kembali membuka rute Ambon Surabaya,” katanya tadi malam.

Selain itu, pihaknya juga dalam waktu dekat akan membuka rute Ambon Kaimana (PP) yang sebelumnya belum pernah ada. ”Ini juga atas permintaan konsumen. Sebagai jawaban dari pihak Garuda Kita siap melayani, dengan jenis pesawat ATR 72600,” katanya.

Jenis pesawat tersebut, kata dia disesuaikan dengan runway Bandara di Kaimana. Yang jelas jenis pesawat ini merukan generasi terbaru. Jadi manajemen Garuda setiap memberikan pelayanan selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen, termasuk umur pesawat selalu ada regenerasi setiap 5 tahun.

”Jadi semua umur pesawat Garuda rata-rata maksimal pemakaian hanya 5 Tahun dan selanjutnya diganti lagi dengan pesawat yang terbaru. Ini semata-mata dilakukan untuk kenyamanan konsumen, tentu ini hanya salahsatu poin dari beberapa perioritas yang menjadi perhatian pihak Garuda Indonesia,” katanya.(*/ASI)

Most Popular

To Top