7 Bukti Nyata Kalau Bumi Tidak Datar – Ambon Ekspres
Coffe Break

7 Bukti Nyata Kalau Bumi Tidak Datar

Sebagian orang percaya bahwa Bumi yang ditinggali manusia berbentuk datar. Berbagai macam argumen diajukan untuk meyakinkan masyarakat.

Terlepas benar atau salah teori tersebut, ada banyak hal masuk akal yang membuktikan bahwa bumi tidak datar.
Berikut tujuh penjelasan mudah yang membuktikan bentuk nyata dari planet yang kita duduki saat ini;
Sebagian orang percaya bahwa Bumi yang ditinggali manusia berbentuk datar. Berbagai macam argumen diajukan untuk meyakinkan masyarakat.

Terlepas benar atau salah teori tersebut, ada banyak hal masuk akal yang membuktikan bahwa bumi tidak datar.
Berikut tujuh penjelasan mudah yang membuktikan bentuk nyata dari planet yang kita duduki saat ini;

1.Kapal laut dan garis horison
Jika Anda berada di pelabuhan atau pantai, dan Anda melihat ke arah garis horison, akan ada sebuah fenomena yang menarik. Kapal laut yang datang mendekati pelabuhan tidak tiba-tiba muncul dari horison. Kapal justru seperti muncul dari bawah laut.

Tentu hal ini adalah hal yang jelas membuktikan kalau Bumi berbentuk bulat. Jika Bumi datar, kapal yang kita lihat mendekat ke pelabuhan akan datang dari kecil ke dekat, bukan muncul tiba-tiba dari garis horison layaknya muncul dari dasar laut.

Hal ini bisa dianalogikan dengan seekor semut yang berjalan di buah jeruk. Jika kita melihat semut berjalan ke atas dari balik buah jeruk, bagian yang Anda lihat pertama kali dalah kepala, lalu perlahan badan dan akhirnya seluruh tubuh semut terlihat.

2. Bayangan
Jika kita menancapkan sebuah batang atau tongkat di tanah, tongkat tersebut akan menghasilkan bayangan. Bayangan selalu bergerak tiap waktu berlalu. Jika Bumi ternyata datar, tentu dua batang atau tongkat di tempat yang berbeda akan menghasilkan bayangan dengan ukuran yang sama.

Namun hal ini tidak terjadi, benda yang berada di tempat berbeda, akan menghasilkan bayangan yang berbeda pula ukurannya. Bahkan bisa jadi tidak menghasilkan bayangan, karena matahari tepat satu garis di atas benda tersebut.

3. Melihat jauh dari tempat lebih tinggi
Dari sebuah dataran biasa, Anda mungkin bisa melihat pemandangan secara jelas, namun terbatas. lalu jika Anda berpindah ke tempat yang lebih tinggi, namun untuk melihat visi pemandangan yang sama, Anda akan melihat visi yang lebih jelas dan lebih jauh daripada yang Anda kita.

Hal ini terjadi karena bentuk Bumi bulat. Jika Bumi datar, tak akan ada kesan jauhnya Bumi yang muncul. Jika Bumi datar, pemandangan hanya akan terlihat mengecil dan hilang di titik horison.

4. Melihat pemandangan dari pesawat
Jika kita melancong menggunakan pesawat, terutama di jarak yang jauh, kita akan sadar kalau pesawat punya jalur yang mengitari Bumi namun tak pernah jatuh ke ‘tepian’ Bumi. Selain kebenaran umum tersebut, jika Anda berkesempatan melancong dengan rute transAtlantic atau melintasi samudera Atlantik yang biasa dilakukan oleh maskapai papan atas, melalui jendela Anda secara nyata bisa melihat lengkungan Bumi di luasnya samudera Atlantik.

5. Adanya zona waktu
Zona waktu sangat berbeda di setiap negara. Ketika di Indonesia jam 10 pagi, di Inggris masih jam 2 pagi. Ketika di New York jam 12 siang, di China jam 12 tengah malam. Hal ini sudah cukup membuktikan kalau Bumi berbentuk bulat.

Pasalnya, Bumi yang bulat dan berotasi di porosnya, membuat penyinaran matahari hanya bertahan di sisi tertentu. Jika tak kena sinar, sisi tersebut akan mengalami malam, dan sebaliknya.

Penjelasan makin meyakinkan karena di malam hari kita tak bisa melihat matahari. Seharunya jika Bumi datar, matahari akan bisa terlihat kapanpun, dan tak ada malam hari.

6.Inti gravitasi
Satu hal yang menarik mengenai gravitasi adalah keterkaitannya dengan massa. Kekuatan gravitasi antara sebuah objek, sangat tergantung dari massa dan jaraknya. Jadi jika gravitasi menarik benda yang ada di Bumi dengan kekuatan yang sama, sulit dipungkiri kalau Bumi tidak berbentuk bulat dan ada inti gravitasi di dalamnya.

7. Gambar dari luar angkasa
Sudah 60 tahun manusia bereksplorasi ke luar angkasa, mengirim satelit, bahkan robot ke sana. Ada misi yang berhasil ada yang membiarkan misinya melayang-layang di hampa udaranya luar angkasa.

Namun di tengah sulitnya bertahan di sistem tata surya, sudah sangat banyak gambar-gambar yang dipotret dari sana, yang menunjukkan bagaimana keadaan di sana. (MC)

Most Popular

To Top