Angka Pencaker Kota Ambon Mencapai 2.780 Orang – Ambon Ekspres
Amboina

Angka Pencaker Kota Ambon Mencapai 2.780 Orang

Angka pencari kerja (pencaker) di Kota Ambon Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon hingga 31 Agustus 2016 lalu mencapai 2.780 orang.

Angka tersebut menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Tenaga Kerja pada Disnaker Kota Ambon, Theo Tousalwa, termasuk cukup tinggi. “Angka itu berdasarkan jumlah kartu kuning yang dikeluarkan Disnaker Kota Ambon,” katanya, kepada wartawan, Selasa (27/9).

Tingginya angka pencaker di Kota Ambon, terangnya, disebabkan banyaknya jumlah lulusan setiap tahun, baik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun perguruan tinggi.

Selain itu, ungkapnya, tingginya pengurusan kartu kuning pada Disnaker Kota Ambon disebabkan banyak perusahaan swasta yang membuka lowongan pekerjaan. “Pengurusan berkas lamaran pekerjaan harus menggunakan kartu kuning, makanya banyak lulusan yang mengurus pembuatan kartu kuning,” ungkapnya.

Lanjutnya, banyaknya pengurusan kartu kuning pada Disnaker Kota Ambon, tidak membuat petugas melakukan praktek ambil untung. “Setiap Pencaker yang datang melakukan pengurusan kartu kuning dilayani dengan baik, dengan memenuhi persyaratan, seperti, melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto, keterangan domisili, ijasah asli dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat SMA atau Perguruan Tinggi,” terangnya.

BACA JUGA:  Richard Tertarik Tawaran PDIP

Kalau semua syarat terpenuhi, maka proses pengurusan berjalan lancar. Tapi kalau ada pencaker yang mengeluh, hal tersebut bukan disebabkan oleh lambannya pelayanan petugas.

Tapi karena ada beberapa persyaratan yang tidak dipenuhi oleh pencaker. “Kalau pengurusan terlambat, itu bukan karena petugas. Namun kelengkapan dari pencaker yang tidak mendukung pembuatan kartu kuning,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top