Kempo Tambah 1 Medali Emas – Ambon Ekspres
Olahraga

Kempo Tambah 1 Medali Emas

BANDUNG,AE––Atlet asal Maluku di Cabang Kempo berhasil menyumbangkan satu medali emas dan satu medali perunggu di ajang PON XIX Jawa Barat. Medali emas datang dari kelas 70 kg rundori putra, Muhammad Yamin Rahayaan dan sekeping perunggu diraih oleh Thomas yang turun di kelas 60 kg rundori putra.

Laga final yang berlangsung di GOR Sabuga ITB Bandung, Rabu (28/9), Yamin tampil agresif dan akhirnya mampu meredam lawan yang sama saat PON Riau 2012 silam, Ari Prananda dari Sumatera Barat. Ia menang dengan angka tipis 6-5. Sementara Thomas tumbang di fase semifinal dari atlet Bali dengan angka 5-0.

Pelatih Kempo Maluku, Jeremias Lekahena mengatakan, keberhasilan yang diraih oleh anak asuhnya sangat membanggakan karena mereka harus menyisihkan atlet-atlet unggulan lainnya yang berasal dari DKI Jakarta, Sumbar hingga tuan rumah, Jabar.’’ Kami bangga karena Yamin berhasil mempertahankan medali emas. Ini prestasi yang cukup membanggakan bagi kami,’’ ungkap Lekahena kepada Ambon Ekspres di GOR Sabuga, kemarin.

BACA JUGA:  Masyarakat-Mahasiswa Ancam Duduki Kagub

Dua atlet itu merupakan andalan Maluku untuk meraih medali. Mereka tampil memukau sehingga mendapatkan penilaian yang tinggi dari wasit juri sekaligus memastikan dua medali (emas dan perunggu).’’ Kami bersyukur keduanya berhasil menambah koleksi medali untuk Maluku,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Yamin berharap agar pemerintah provinsi bisa memperhatikan seluruh atlet yang berprestasi pada PON kali ini, termasuk dirinya.’’ Saya sangat bersyukur bisa mempertahankan medali emas. Saya berharap, pemerintah provinsi bisa memberikan saya pekerjaan. Semoga para pengambil keputusan di daerah ini bisa mengamini permintaan saya,’’ pintanya.

Sebagai salah satu atlet andalan di cabor ini, Yamin tidak menjadi beban baginya untuk memberikan yang terbaik.’’ Saya hanya berusaha menampilkan kemampuan terbaik. Tidak mau terbebani oleh target ataupun penampilan lawan. Hanya fokus dan berupaya keras menampilkan penampilan terbaik diikuti oleh semangat ‘Maluku Datang Maluku Menang’. Moto ini yang membesarkan hati saya untuk menang,’’ terang Yamin menutup perbincangan.

BACA JUGA:  Berkas Remond Tuntas Pekan Depan

Dibagian lain, Albert Fenanlampir, Wakil Ketua II KONI Maluku menjelaskan, raihan medali emas dan perunggu tersebut dipersembahkan untuk warga Maluku serta buah dari hasil kerja keras latihan yang dilakukan oleh keduanya selama ini.’’ Cabor kempo memang tidak diandalkan pada PON kali ini, tapi Yamin dan Thomas mampu membuktikan bahwa mereka laik tampil dan bersaing dengan atlet dari daerah lain,’’ katanya.

Albert menambahkan, dua atlet tampil sangat luar biasa di setiap fase. Semangat juang mereka cukup tinggi dan itu mereka buktikan dengan raihan dua medali.’’ Kami sangat bangga dengan hasil itu dan semoga kedepan prestasi ini harus tetap dipertahankan atau ditingkatkan lagi,’’ demikian Albert.(ZAL)

Most Popular

To Top