PANTAS: Gerakan Assagaff tak Berpengaruh – Ambon Ekspres
Politik

PANTAS: Gerakan Assagaff tak Berpengaruh

AMBON,AE.—Sebagai ketua DPD Partai Golkar Maluku, Said Assagaff diyakini akan bergerak maksimal memenangkan
pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler. Tapi partai pengusung dan tim pemenangan pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina, telah menyiapkan ‘kartu truf’ guna menjegal pergerakan Assagaff.

Pergerakan Assagaff dalam rangka memena- ngkan pasangan Richard-Syarif dengan akronim PAPARISA BARU, merupakan kewajiban. Sebab, Assagaff merupakan ketua Golkar Maluku.

Dia memiliki tanggung jawab politik dan moril memenangkan pasangan yang diusung oleh Golkar itu. Apalagi, Richard adalah kader sekaligus Ketua DPD Golkar kota Ambon. Dengan kekuatan politiknya, Assagaff pasti berjuang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Maluku, M. Saleh Wattiheluw menyatakan, wajar bila ada keberpihakan politik Assagaff kepada pasangan PAPARISA BARU. Dan Assagaff akan bekerja maksimal.

Tetapi, menurut Saleh, pergerakan Assagaff tidak terlalu berdampak pada proses pemenangan pasangan PAPARISA BARU yang diusung oleh Golkar, Nasdem dan PPP itu. Sebab, kata dia, pasangan PANTAS dan parpol pengusung, termasuk PBB sudah bergerak sejak lama.

“Selain itu, Ambon ini kecil. Masing-masing kita mengetahui gerak-gerik dalam rangka memenangkan pasangan calon kita masing-masing. Jadi, bagi saya, pergerekan pak Assgaff dalam jabatannya sebagai ketua DPD Golkar, tidak berpengaruh,”kata Saleh ketika wawancarai Ambon Ekspres melalui telepon genggam, Rabu (28/9).

Olehnya itu, lanjut salah satu anggota dewan penasehat Tim Pemenangan PANTAS itu, tim PANTAS telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi pergerakan politik Assagaff.”Tentu, langkah-langkah antisipasi kita siapkan. Intinya, kita sudah siapkan kartu truf untuk antisipasi pergerakan itu,”tandasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Fadli Mastail mengatakan, meski gubernur akan bekerja untuk memenangkan pasangan PAPARISA BARU, namun diyakini tak akan maksimal.

“Tapi di sisi yang berbeda, kita juga melihat ada disharmonis disana. Hal ini yang kemudian menjadi hipotesa, mungkin saja pergerakan gubernur tidak terlalu serius dalam rangka memenangkan PAPARISA,”kata Fadli saat dihubungi secara terpisah.

Fadli melanjutkan, publik terlalu berlebihan mempresepsikan Assagaff, bahwa keberpihakan dia kepada pasangan calon tertentu memungkinkan pasangan tersebut akan menang. Kata dia, publik hanya menilai dari sisi kekuasaan dan jabatan Assagaff sebagai Gubernur Maluku.

“Tapi yang namanya politik, tidak bersifat statis, tapi dinamis. Sehingga tidak bisa ditelan begitu saja, bahwa kemana pergerakan gubernur, pasangan itu pasti menang. Saya kira itu pembicaraan yang sangat kelirulah,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan internal PDI Perjuangan untuk pemenangan pasangan PANTAS, Tobhyhend Sahureka juga mengatakan, langkah-langkah antisipasi pasti dilakukan guna menepis peluang kekalahan dan memperlebar kemenangan PANTAS. Termasuk menghadang pergerakan Assagaff.

“Kita akan melakukan tindakan antisipatif untuk memenangkan pasangan kita. Kalau soal strategi, tentu itu sifatnya rahasia. Tapi yang pasti, ada,”kata Sahureka.

Disinggung soal pergerakan politik Assaggaff, mantan anggota DPRD provinsi Maluku itu menilai, biasa-biasa saja. Apalagi soal presepsi publik, bahwa keperpihakan Assagaff baik selaku gubernur maupun ketua Golkar kepada pasangan tertentu tidak secara otomatis mereka menang.

Dia berpatokan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku 2013 lalu. Saat itu, meski PDIP sendiri mengusung pasangan Herman Koedoebon-Daud Sangadji, melawan pasangan Said Assagaff-Zeth Sahuburua yang diusung oleh Golkar dan sejumlah parpol lain, tapi tetap PDIP menang di Ambon.

“Said Assgaff pada pilgub kemarin kalah kok di Ambon. Bagaimana mau dikatakan dia bisa berpeluang menang. Yang menang itu kan PDIP Perjuangan di Kota Ambon. Waktu itu PDI Perjuangan sendiri loh. Apalagi PDI Perjuangan ditambah dengan sekian banyak partai, yang pasti menang dong,”tutur dia. (TAB)

Most Popular

To Top