Kemampuan RR-Edwin Seimbang – Ambon Ekspres
Politik

Kemampuan RR-Edwin Seimbang

Dalam Menggerakan Koalisi

AMBON,AE.—Kader Partai Golkar, Richard Rahakbauw dan kader PDI Perjuangan Edwin Adrian Huwae diberi tanggung jawab memimpin koalisi partai politik pengusung pasangan bakal calon Walikota dan wakil Walikota Ambon. Kedua figur ini dinilai sama-sama memiliki kemampuan untuk menggerakan koalisi guna memenangkan Pilwakot.

Richard Rahakbauw yang biasa disapa RR, dipercaya oleh pasangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (PAPARISA BARU)untuk memimpin koalisi yang terdiri dari partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sementara Edwin, adalah ketua tim pemenangan pasangan Paulus Kastanya-Muhammad Armin Syarif Latuconsina (PANTAS).

Pengamat politik Universitas Pattimura, Johan Tehuayo menilai, terlepas dari dukungan partai politik dan figuritas pasangan calon, ketua tim pemenangan juga memiliki pengaruh signifikan. Richard dan Edwin, kata dia, juga punya pengaruh tersebut.

Apalagi, keduanya merupakan pimpinan DPRD provinsi Maluku dan punya pengalaman politik yang cukup panjang. Selain itu, pimpinan di masing-masing partai. “Dari prespektif kepemimpinan politik, Edwin dan Ricard memiliki pengalaman politik di pimpinan DPRD Maluku, sehingga keduanya memiliki kapabilitas dan produktivitas mengelola tim sukses dalam rangka memenangkan Pilkada kota Ambon,”kata Tehuayo, Minggu (2/10).

Sedangkan dari sisi dukungan politik, menurut Tehuayo, Edwin lebih diuntungkan. “Sedangkan dari prespektif sumber dukungan politik, Edwin lebih dominan karena dia menjadi ketua Tim Sukses untuk 9 parpol. Sedangkan Richard hanya 3 parpol,”jelas dia.

Meski memimpin koalisi sembilan partai, PDIP, Hanura, Demokrat, Gerindra, PKS, PKB, PAN, PBB dan PKPI, namun menurut Tehuayo, Edwin mampu menggerakan semuanya. Ini karena Edwin punya kapasitas dan pengaruh sebagai ketua DPRD Maluku sekaligus ketua DPD PDI Perjuangan provinsi Maluku, memiliki hubungan personal yang baik dengan ketua-ketua parpol koalisi.

“Karena kapasitas dia sebagai ketua DPRD dan ketua DPD PDIP Maluku, sehingga dia memiliki pengalaman politik dan manajemen strategi untuk mengkonsolidasikan dan mengkoordinasikan 9 parpol yang ada dalam koalisi. Selain itu, dalam memengaruhi publik untuk memberikan dukungan politik,”papar dia.

Sebaliknya, jika Edwin gagal, prediksi Tehuayo, kemenangan menjadi milik pasangan PAPARISA BARU yang kaolisinya dipimpin Richard Rahakbauw. “Kalau Edwin dapat menggerakan potensi sturukur politik dalam koalisi PANTAS secara efektif dan produktif, dapat diasumsikan secara kuantitatif, PANTAS menang. Tapi kalau sebaliknya, maka Richard dan PAPARISA bisa menang,”papar dia.

Sementara itu, dia menilai, Richard Rahakbauw juga memiliki kelebihan. Selain koalisi pasangan PAPARISA BARU yang hanya terdiri atas tiga partai sehingga mudah dikoordinir, Rahakbauw punya kemampuan manajerial yang baik.

“Dia memiliki popularitas dan integritas dalam menajemen strategis struktur koalisi yang dibentuk oleh Golkar dan dua partai lainnya. Ini bisa dikonsolidasikan secara efektif dan efisien dalam kaitannya dengan proses pengambilan keputusan politik dalam koalisi,”ungkap dia.

Terlepas dari kemampuan Edwin dan Richard secara personal, kata Tehuayo, kemenangan pasangan calon juga ditentukan oleh efektifitas dan produktifitas semua parpol koalisi. Kemudian, penguatan struktural hingga ke desa dan dusun

“Kapasitas sistem atau struktur jaringan harus dibentuk sampai pada tingkat desa dan keluruhan, dan harus dipastikan berfungsi secara efektif dalam mempngaruhi voter (pemilih). Baik secara personal maupun secara kelompok,”pungkas kandidat doktor di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung itu.

Kader Partai Golkar Maluku, Tammat R Talaohu mengatakan, kelebihan Rahakbauw secara politik ialah lolos sebagai anggota DPRD Maluku dari daerah pemilihan kota Ambon. Padahal, dua periode sebelumnya, Rahakbauw terpilih dari dapil Maluku Tenggara.

“Keberhasilan Richard Rahakbauw dalam mengelola dirinya sendiri pada pemilu legislatif kemarin, itu merupakan salah satu bukti konkrit bahwa dia mampu melengserkan orang-orang yang sebetulnya tuan rumah dalam dalam kontestasi pemilu. Itu menjadi kelebihan beliau,”kata Talaohu.

Menurut dia, Rahakbauw memiliki kemampuan manejerial dalam mensukseskan kontestasi politik dan ketokohan di kota Ambon dan Maluku pada umumnya.“Maka saya yakin, kapasitas Rahakbauw itu akan menjadi nilai tambah buat pasangan PAPARISA BARU untuk memenangkan Pilkada di kota Ambon. Beliau menjadi jaminan kemenangan bagi pasangan PAPARISA BARU, ”ungkapnya.

Selain itu, sebut dia, Rahakbauw juga dikenal sebagai komunikator politik yang baik. Sehingga, kepentingan dan keinginan parpol koalisi untuk pemenangan pasangan PAPARISA BARU, bisa diakomodasi.

“Selain itu, saya kenal dia sebagai seorang komunikator yang andal. Sehingga tahu bagaimana mengakomodasi espektasi daripada teman-teman koalisi. Makanya, saya yakin teman-teman di koalisi akan terayomi semua. Apalagi hanya tiga parpol pengusung, mudah untuk digerakkan,”ungkap dia lagi.

Sementara itu, Kader PDIP Rudolf Pattiasina mengemukakan, Edwin merupakan tipe pemimpin yang tenang dan besar hati dengan merangkul semua kepentingan. Sehingga, ia memiliki kemampuan untuk menggerakan koalisi, meski terdiri dari atas banyak parpol.

“Selalu ada hubungan baik dengan seluruh ketua-ketua partai koalisi dan tim pemenangan. Dan sosok beliau yang bersahaja dan mampu merangkul semua unsur dalam koalisi,”kata Pattiasina.

Secara eksternal atau diluar koalisi, kata dia, Edwin mampu mempengaruhi pemilih yang sampai saat ini belum menentukan pilihan politik di pilwakot. “Dan saya kira Bung Edwin mampu menjembatani itu. Karena beliau itu orang bersahaja dan tidak emosional, sehingga dia membawa dampak pada pasangan calon yang diusung PDIP dan partai koalisi lainnya,”papar dia. (TAB)

Most Popular

To Top