Puluhan Bom Ditemukan Warga – Ambon Ekspres
Amboina

Puluhan Bom Ditemukan Warga

AMBON,AE.— Puluhan bom yang diduga sebagian masih aktif kembali ditemukan warga di kawasan Ahuru, Kampung Kolam, Kecamatan Sirimau. Belum diketahui siapa pemilik barang berbahaya itu. Polisi masih menyelidiki. Namun bom tersebut diperkirakan sisa-sisa konflik yang ditanam.

Ahuru daerah terbanyak ditemukan bom rakitan maupun senjata api yang diduga sisa-sisa konflik 1999. Sebelumnya, pada akhir 2013 silam, sebanyak 57 buah bom rakitan masih aktif ditemukan di sekitar rumah warga di Ahuru. Bom itu diamankan Pos Satuan Tugas (Satgas) BKO Yonif 125/Si’mbisa Kodam I Bukit Barisan yang bertugas di Ahuru depan Gereja Katolik Santa Yakobus.

Sabtu, (1/10), bom rakitan terbuat dari pipa besi berukuran sekira 10 inci itu disimpan di dalam sebuah tas ransel hijau. Bom ditemukan dilahan kosong ini pertamakali ditemukan oleh Ismail Bugis (59).

Saat itu, Ismail membersihkan lahan miliknya pada Sabtu (1/10) sore. Lahan itu kurang lebih seluas 10 meter persegi. Dipakai untuk menanam ubi kayu (kasbi-red). ”Karena dia (Ismail-red) capek, dia tidak langsung memberitahukan ke orang lain, ” kata salah Satu warga di lokasi penemuan, kemarin.

BACA JUGA:  Nenek Nyaris Tewas Ditangan Oknum Anggota TNI

Dia baru memberitakukan temuannya kemarin, kepada saudaranya Efendy Bugis alias Edy (48) di Desa Batu Merah. Usai mendapat informasi itu, Edy berkoordinasi dan melaporkan kejadian itu ke anggota dit Intelkam polis yang dikenalinya, bernama Faisal.

Mereka kemudian bersama Ismail meninjau lokasi ditemukan bom itu sekira pukul 14.30 untuk melihat barang yang dicurigai bom itu.” jadi setelah Katong cek ternyata betul bom rakitan. Kalau yang tadi sempat beta (saya-red) lihat itu bom itu ada didalam ransel. Saya sempat buka itu ada sekitar sekita 20 puluh buah lebih, panjang sekitar 12 centi dengan pipa ukuran 10 inci. Besarnya, seukuran bagian bawa gelas aqua,” ungkap Edy di lokasi kejadian, kemarin.

Setelah dipastikan benda yang dicurigai itu bom rakitan, Edy dan Faisal melaporkan ke Kapolres Polres Pulau Ambon AKBB Harold Wilson Huwae. Sekira pukul 16.30, tim penjinak bom bersama anggota Polres Ambon langsung bergegas ke TKP dan mengamankan lokasi penemuan.

BACA JUGA:  2 Polisi Masih Digarap Propam

Tim penjinak bom ini baru berhasil melakukan evakuasi sekira pukul 17:50. Kasat Reskrim Polres AKP Baiquni Wibowo dikonfirmasi di TKP soal tindak lanjut dari temuan bom itu mengungkapkan, belum bisa memberikan penjelasan lebih.”Kita serahkan dulu ke Brimob untuk mengidentifiasi dulu. Berapa banyak, masih aktif atau tidak nanti kita lihat hasilnya seperti apa,” kata Baiquni.

Polisi memintai keterangan Ismail Bugis, dan saudaranya Efendy Bugis..”Belum tau siapa pemilik. Kasus ini masih dalam penyelidikan. Terkait ini belum ada yang kita curigai,”tutupnya.
(ERM)

Most Popular

To Top