Abua Resmi Tanda Tangani Dukungan DOB – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Abua Resmi Tanda Tangani Dukungan DOB

Masohi, AE— Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua bersama Wakil Bupati, Marlatu Leleury resmi menanda tangani dukungan politik pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB). Penandatanganan dukungan Politik bupati itu dilakukan secara resmi dalam Rapat Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di kantor parlemen DPD RI di Jakarta, Selasa (4/10).

Penandatanganan dukungan politik pemerintah Kabupaten Maluku Tengah itu untuk mendukung penuh upaya pembentukan seluruh DOB baru di Malteng antara lain Seram Utara Raya, DOB Kota Kepulauan Lease, DOB Kota Kepulauan Banda, dan DOB Kota Administratif Leihitu.

Langkah untuk mendukung perjuangan pembentukan DOB di Malteng itu dilakukan Tuasikal -Leleury langsung dihadapan Ketua dan seluruh Anggota DPD RI, Mendagri Tjahjo Kumolo, serta seluruh tim dan ketua konsorsium pemekaran yang ada di Malteng.

Usai menandatangani dukungan politik pemerintah kabupaten Maluku Tengah, Tuasikal menegaskan sejak awal pemerintah Kabupaten Maluku Tengah tidak pernah menghambat ataupun menentang perjuangan masyarakat untuk memekarkan kabupaten baru dari Malteng.

“Ini bukti konkrit bagi masyarakat Maluku Tengah, khususnya Leihitu, Banda, Saparua dan Seram Utara Raya. Bahwa selama ini sikap kami memang tidak pernah menghambat atau menentang arus perjuangan pemekaran DOB di Malteng. Olehnya wacana ataupun isu serta opini yang dibangun pihak-pihak tertentu sama sekali tidak benar,” tandas Tuasikal.

Dia menegaskan, sikap resmi Pemkab Malteng maupun dirinya secara pribadi bersama wabub Marlatu Leleury, dilakukan dalam rapat paripurna DPD RI. Itu juga disaksikan oleh semua pihak, termasuk gubernur dan pimpinan konsorsium pemekaran seluruh DOB di Malteng.

“Selama ini hanya karena komunikasi tim pemekaran saja yang tidak begitu lancar dengan saya, lantas berbagai pihak memberi tudingan yang tidak rasional. Namun hari ini, faktanya terkuak bahwa sesungguhnya kami tidak menentang pemekaran DOB,” tegasnya.

Abua menjelaskan bahwa dia dan Wabup, Marlatu Leleury telah bertemu dengan seluruh ketua tim konsorsium yang ada di Malteng, bisa diselesaikan dengan baik. “Saya sudah bertemu dengan semua ketua tim konsorsium, sudah tidak ada lagi masalah. Selama ini masalah itu ada karena kurang komunikasi saja. Saya kira semua sudah selesai, dan saya pastikan akan mendukung penuh perjuangan pemekaran DOB baru di Malteng,” pungkas dia.

Sementara itu, anggota DPRD Maluku Tengah, Halimun Sahulatu menyambut baik dukungan politik dari pemerintah. Kata dia, ini menandakan bahwa pemerintah punya niat baik untuk memekarkan DOB. “Kita harus memberikan apresiasi penuh kepada sikap pemerintah,” kata dia.

DPRD, kata dia, sangat mendukung langkah politik Bupati Malteng, Tuasikal Abua, dalam memberikan ruang kesejahteraan yang lebih besar kepada masyarakat. “DOB akan pintu bagi terbukanya langkah-langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Halimun.(MYX)

Most Popular

To Top