Pembobolan ATM Pertama di Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Pembobolan ATM Pertama di Ambon

AMBON,AE— Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Mandiri di depan Mesjid Al- Fatah Samping Salon Seva Diva, Jalan Sultan Baabulah, dibobol. Hanya saja pembobol tidak berhasil membawa kabur uang yang berada di ATM tersebut. Dia justeru berhasil diringkus polisi.

Pelaku diketahui bernama Vicry Aco Ruslan (17). Dia kini diamankan polisi. Pemuda belasan tahun ini bermukim di daerah Silale. Tak menunggu lama polisi langsung menciduk pelaku dirumahnya.

Kemungkinan pelaku sudah melakukan pembobolan ATM pada malam hari saat sepi. ATM baru diketahui dibobol, Rabu (4/10) sekira pukul 08.10 oleh Cecep suhendar (53) saat hendak menarik uang dari ATM.

Dia kemudiaan melapor ke pihak bank dan akhirnya diteruskan ke polisi. Kasus ini ditangani Polres Ambon dan PP Lease, namun awalnya belum diketahui siapa pelaku. Ini insiden pembobolan ATM pertama kali terjadi di Ambon.

Sekira pukul 08.35 anggota Polres Ambon dan Polsek Sirimau Langsung Turun Kejadiaan mengamankan TKP. Sekira pukul 08.50 Tim Indentifikasi Polda Maluku Langsung melakukan olah TKP.

Pantauan koran ini, sekira pukul 11.00 anggota satreskrim Polres membawa CPU Komputer CCTV. Beberapa warga dan juga pihak Bank Mandiri langsung dimintai keterangan.

Dari hasil lidik berdasarkan CCTV teridentifikasi pelaku pengrusakan. Tidak menunggu lama polisi langsung membekuk Vicry Aco Ruslan. ”Setelah teridentifikasi, dia (Vicry Aco Ruslan-red) langsung ditangkap. Dia ditangkap dirumahnya. Tadi sekira pukul 14.00. Sudah kita amankan untuk diperiksa lebih lanjut,” kata Kapolres Pulau Ambon AKBP Harol Wilson Huwae,Kemarin.

Huwae mengatakan, mesin ATM sengaja dirusak. Dan kemungkinan pengrusakan terjadi pada pukul 02.30 Selasa dini hari. “Dari keterangan saksi maupun dari pihak Bank Mandiri, kemungkinan terjadi pengrusakan ATM sekira pukul 02.30 dini hari. Karena ada notifikasi dari ATM itu bahwa ATM off pada pukul 02.30. Sehingga kemungkinan pelaku melakukan pengrusakan pada pukul 02.30,” tandas Huwae.

Saat ini pihak Polres Pulau Ambon melakukan pengembangan penyelidikan guna mengungkapkan motif dibalik pembobolan serta pengrusakan ATM tersebut. Dan kasus ini merupakan kasus pertama yang terjadi untuk wilayah Kota Ambon.

“Kami belum tau berapa orang yang terlibat dalam pengrusakan ATM tersebut. Nanti kita akan lihat hasil rekaman cctv. Kalau di Jawa, cara ini sudah trend. Tapi untuk wilayah kota Ambon baru pertama terjadi modus yang berusaha merampok ATM dengan cara menjebol. Tapi belum berhasil karena berangkasnya saja yang rusak, tapi uangnya masih utuh,” pungkasnya. (ERM/ISL)

Most Popular

To Top