Bom Rakitan Temuan Masih Aktif – Ambon Ekspres
Metro Manise

Bom Rakitan Temuan Masih Aktif

AMBON, AE— Dari hasil urai yang dilakukan unit Gegana Brimob Polda Maluku, sebanyak 22 buah bom rakitan yang ditemukan warga di kawasan Ahuru Kampung Kolam, Kecamatan Sirimau pada Sabtu (1/10) masih aktif. Kini tim Gegana Polda Maluku telah berhasil menonaktifkannya. Demikian diungkapkan Kasat Reskrim Polres Ambon AKP Baiquni Wibowo kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan, bom rakitan itu sudah diurai tim gegana. “Sudah diurai. Bom itu aktif, namun sudah dinonaktifkan dengan cara diurai itu,” ungkap Baiquni.

Meskipun telah diuraikan, tambah dia, pihaknya belum menerima laporan resmi dari Gegana, terkait hasil tersebut. Sehingga Polres Ambon belum tahu benda benda apa saja yang berada dalam bom itu. “Kita belum dapat surat resmi dari Polda Maluku. Biasanya, surat itu dari Gegana sampaikan surat ke Kasat Brimob ke kapolda sebelum sampai ke kapolres. Kita belum tahu isi bom terbaru seperti apa,” jelas Baiquni.

Disinggung mengenai bom-bom tersebut apakah sisa peninggalan konflik lalu atau tidak, dia tak bisa memastikannya. “Itu sudah lama dan sudah karatan. Ranselnya saja sudah lapuk,” ujar dia, sembari mengatakan lokasi penemuan bom telah disterilkan pasca ditemukan oleh warga.

BACA JUGA:  Kinerja Harus Jadi Indikator Perombakan

Sebelumnya, pada Sabtu (1/10), bom rakitan terbuat dari pipa besi berukuran sekira 10 inci itu disimpan di dalam sebuah tas ransel hijau. Bom ditemukan dilahan kosong pertama kali oleh Ismail Bugis (59). Saat itu, Ismail membersihkan lahan miliknya. Lahan itu kurang lebih seluas 10 meter persegi. Dipakai untuk menanam ubi kayu.

Karena capek, dia tidak langsung memberitahukan ke orang lain. Dia baru memberitahukan temuannya kepada saudaranya Efendy Bugis alias Edy (48) di Desa Batu Merah.

Usai mendapat informasi itu, Edy berkoordinasi dan melaporkan kejadian itu ke anggota polisi yang dikenalinya. Mereka kemudian bersama Ismail meninjau lokasi ditemukan bom itu untuk melihat barang yang dicurigai bom itu. Setelah dicek ternyata benar adanya kalau temuan itu bom rakitan.(ERM)

Most Popular

To Top