Kloter I Jamaah Haji Tiba di Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Kloter I Jamaah Haji Tiba di Ambon

AMBON, AE.—Setelah kurang lebih satu bulan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, rombongan jamaah haji asal Maluku mulai berdatangan.  Tercatat jamaah asal Maluku sebanyak 596 orang yang menjalankan rukun Islam ke 5 tahun 2016 ini.

Kamis kemarin, sebanyak 288 orang sudah tiba di Kota Ambon. Sementara sisanya sebanyak 308 dijadwalkan tiba Jumat (6/10). “Untuk jamaah asal Maluku yang baru dipulangkan hari ini (kemarin, red) sebanyak 288 orang.

Sementara yang masih tersisa sebanyak 308 orang. Mereka ini nantinya akan di datangkan dari embarkasi Makassar menuju Ambon besok (hari ini, red) pukul 07.30 WIT,” ujar Kepala Kantor Kemenag Maluku, Fesal Musaad kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya para jamaah tiba di Ambon dengan pesawat Garuda dari emberkasi Makassar melalui dua penerbangan. Penerbangan pertama tiba pukul 06.35 WIT. Sementara penerbangan kedua tiba pukul 07.00 WIT.
Para jamaah itu dijemput sejumlah pejabat di daerah ini. Usai penerimaan, para jamaah langsung dibawa ke Mesjid Raya Al-Fatah. Setelah itu jamaah asal Kota Ambon akan dipulangkan langsung kerumahnya masing-masing.

Sementara untuk jamaah dari tiap-tiap kabupaten akan diistirahatkan di Asrama Haji Waiheru sambil menunggu waktu pemulangan yang direncanakan Jumat (7/10). “Mereka yang dari kabupaten diisitirahatkan di Asarama Haji Waiheru sambil menuggu waktu pemulangan,’’ terangnya.

Dirinya menandaskan, semua jamaah asal Maluku dalam kondisi sehat. Selama mereka tiba di embarkasi Makassar kondisi para jamaah juga sudah diperiksa tim dokter. Lebih lanjut, kata dia, dari jumlah 596 jamaah haji asal Maluku itu, masih tersisah satu jamaah asal Maluku Tenggara bernama Zainab Binti Hj Nurdin Rahanar yang masih tertinggal di Arab Saudi karena sakit, sehingga perlu mendapatkan pemeriksaan kesehatan dengan baik baru dapat dipulangkan.

Namun demikian, dirinya memastikan jamaah haji ini akan diterbangkan dari Jeddah menuju Makasaar karena kondisinya sudah membaik. Sehingga dengan waktu yang bersamaan jamaah tersebut, bisa langsung dipulangkan bersama jamaah Maluku kloter kedua dari Makassar menuju Ambon.

“Jamaah yang sakit ini karena terlalu capek dan kurang istirahat sehingga pada saat pemulangan jamaah dari Jeddah menuju Makassar, dia tidak bisa ikut karena harus mendapatkan perawatan intesif dulu. Tetapi saat ini dia sudah baik dan hari jumat besok dia sudah tiba sama-sama dengan jamaah kloter kedua nanti dari Makassar menuju Ambon,” paparnya.

Musaad mengaku, untuk pelayanan jamaah haji khusunya Maluku ditahun ini, mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan beberapa tahun terakhir. Sehingga dengan adanya ketercapaian itu, diharapkan terus diupayakan sehingga peningkatanya terus bertambah di tahun-tahun yang akan datang.

“Alhamdullah pelayanan jamaah haji Maluku tahun ini mengalami peningkatan dari sebelumnya. Olehnya itu peningkatan ini tidak dijadikan hanya sebatas ini saja, tetapi kami akan upayakan terus untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi dari yang sekarang ini,” ungkap Musaad dengen penuh keyakinan.

Selain itu, menyangkut Maluku dijadikan emberkasi jamaah haji, dia mengaku sudah dilakukan audens dengan Gubernur Maluku, Dirjen Haji dan Kementerian Agama. Dan sudah disetujui untuk Maluku ditetapkan menjadi embarkasi haji antara provinsi. Dan itu perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji bisa berjalan dengan baik.

Musaad menambahkan, selain embarkasi, pihaknya juga akan memperjuangkan kuota jamaah haji untuk Maluku. Karena selama ini Maluku hanya diberikan sekitar 700 orang.

Sementara Papua dan Maluku Utara lebih dari 1000 orang. “Penduduk kita banyak, sementara kuotanya sedikit. Ini kan tidak rasional. Olehnya itu saya sudah melakukan audens dengan dirjen haji untuk kami Maluku harus diberikan kuota yang sama seperti mereka,” pungkasnya. (MG2)

Most Popular

To Top