Berkas Dua Tersangka Cabul Masuk Jaksa – Ambon Ekspres
Metro Manise

Berkas Dua Tersangka Cabul Masuk Jaksa

AMBON, AE— Penyidik unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Ambon melimpahkan berkas perkara tahap I Moh Adam alias Ahmad dan Yakop Rumahmuri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon untuk diteliti jaksa. Kedua pemuda ini dijebloskan ke bui dan ditetapkan tersangka karena diduga melakukan persetubuhan dan pencabulan terhadap gadis berusia 17 tahun.

aur Subag Humas Polres Ambon, Iptu Nikolas Frederick Anakotta mengatakan, penyidik kepolisiaan sudah melengkapi berkas perkara Ahmad dan Yakop. Kemudian disusul dengan pelimpahan berkas tahap I ke jaksa untuk diteliti.

”Untuk kasus pencabulan dan persetubuhan di Dusun Kamiri, dengan tersangka Ahmad dan Yakop, penyidik PPA sudah rampungkan berkas dan hari ini (kemarin, red) dilimpahkan berkas tahap I ke jaksa untuk diteliti,” ungkap Anakotta, Senin (10/10).

Setelah dilakukan pelimpahan berkas kedua tersangka ke jaksa, selanjutnya tinggal menunggau hasil koreksi. Apabila masih terdapat kekurangan, tentunya akan dilengkapi sesuai petunjuk jaksa. ”Mudah-mudahan setelah pelimpahaan berkas tahap I tidak ada petunjuk lain lagi dari jaksa. Sehingga kasus ini secepatnya diproses lebih lanjut,” tutur Anakotta.

Peristiwa memiluhkan yang menimpah gadis belasan tahun ini terjadi pada tanggal 12 September 2016. Dua hari kejadian kasus ini baru dilaporkan. Pasca kejadian kedua tersangka tidak langsung diamankan polisi. Kedua tersangka baru diamanakan Sabtu (17/9) setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sedikitnya lima orang saksi.

Setelah diamankan, dilakukan pemeriksaan kedua pelaku mengakui apa yang sudah dilakukan terhadap korban. Sehingga kedua pelaku langsung dialihkan statusnya sebagai tersangka. Proses kasus ini displit menjadi dua berkas perkara berdasarkan unsur pidana yang dilakukan. Keduanya dijerat UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Moh Adam alias Ahmad diproses sesuai pasal 81 tentang persetubuhan terhadap anak, sedangkan Yakop Rumahmuri diproses berdasar pasal 82 tentang pencabulan. Kedua pemuda bejat ini bermukim dikawasan Kamiri, Kecamatan Teluk Ambon. Mereka diadukan ke polisi karena diduga melakukan tindak pidana persetubuhan dan pencabulan terhadap seorang gadis dibawah umur.(ERM)

Most Popular

To Top