BNN Sisir Bandara Pattimura – Ambon Ekspres
Amboina

BNN Sisir Bandara Pattimura

AMBON, AE.— Untuk pertama kali, Badan Narkotika Nasional Maluku menggelar pemeriksaan terhadap para penumpang dan kru pesawat terbang. Satu per satu barang bawaan penumpang digeledah, pilot, pramugari dan kru pesawat lainnya diperiksa. Namun tak satupun barang haram ditemukan BNN.

Operasi dilakukan pada Sabtu, (15/10). Penggeledahan dilakukan terhadap penumpang datang maupun berangkat dari Bandara Internasional Pattimura. Para penumpang dan pengunjung yang berada di kawasan bandara panik. Adu mulut juga sempat terjadi, karena merasa terganggu dengan operasi yang dilakukan BNN.

Operasi interdiksi ini melibatka Kepolisian, TNI, Bea dan Cukai hingga Balai POM, Imigrasi serta Balai Karantina Pertanian Maluku. Anjing pelacak narkotika milik Direktorat Sabhara Polda Maluku, juga dilibatkan untuk mengendus ada tidaknya barang haram itu.

Sayangnya aksi yang dilakukan sekira pukul 05.00 yang berakhir pukul 09.00, tidak ditemukan narkoba. Ada satu WNA asal negara Spanyol, yang dilakukan tes urine, ternyata positif. Namun bukan positif menggunakan narkotika maupun ganja, melainkan positif menggunakan zat benzo. Benzo Sendiri merupakan zat berasal dari obat yang dikonsumsi tiga WNA itu.

BACA JUGA:  Gubernur: Tidak Semua Diganti

Setiap barang bawaan, dibagasi hingga setiap penumpang yang diduga menggunakan narkotika juga tidak luput dari pemeriksaan oleh tim operasi interdiksi.

Kepala BNN Provinsi Maluku Kombes Polisi Muh Arief Dimjati mengatakan tujuannya untuk mendeteksi sekaligus mengetahui barang bawaan penumpang yang datang. “Operasi ini untuk mengetahui sekaligus mendeteksi barang bawaan penumpang yang masuk ke Ambon, melalui Bandara Pattimura, sekaligus juga kita memberikan informasi kepada masyarakat bahwa ketika masuk ke Maluku harus bersih jangan bawa narkoba,” kata dia kepada wartawan, di kawasan bandara Internasional Pattimura Ambon, Sabtu akhir pekan kemarin.

Dalam operasi itu digunakan sampel, dimana setiap penumpang yang tiba diambil secara acak oleh petugas dan kemudian dilakukan tes urine. Sementara barang bagasi digeledah dan diperiksa petugas dengan mengandalkan dua ekor anjing pelacak.

“Hasil pelaksanaan operasi ini, sebanyak 59 penumpang menjalani tes urine. Dari pemeriksaan urine terditeksi satu penumpang WNA asal Spanyol positif narkoba mengandung zat benzo. Tetapi WNA tersebut tidak diassesment petugas karena kandungan zat benzo tersebut berasal dari obat yang dikonsumsinya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Erni pun Mengakui Perselingkuhannya

Anak buah Komjen Budi Waseso ini menambahkan, tidak hanya pemeriksaan urine penumpang tetapi juga sejumlah awak pesawat Garuda diperiksa. “Ada delapan awak pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 640.

Awalnya Captain Pilot IS alias Igo serta Co Pilot M alias Meji sempat menolak dengan dalih tidak ada informasi atau laporan dari manajemen Garuda. Akhirnya mereka berdua beserta enam pramugari menjalani pemeriksaan urine. Namun hasil pemeriksaan negatif,” beber pria dengan tiga melati dipundaknya itu.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di BNN Maluku ini mengaku, operasi interdiksi ini juga merupakan langkah antisipasi sehubungan dengan berkembangnya modus-modus baru sindikat narkoba dalam mengedarkan atau memasarkan barang haram itu.

”yang kita lihat sekarang ini banyak memang produk-produk yang sengaja dibuat untuk memasarkan narkoba, antara lain mungkin bisa dalam bentuk permen atau bentuk barang lain untuk memasarkan narkoba,” terangnya
Dia menegaskan, operasi interdiksi ini akan terus dilakukan dengan sasaran pintu masuk ke Maluku baik melalui jalur udara maupun jalur laut seperti yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di pelabuhan laut Yos Soedarso. (AHA/ERM)

Most Popular

To Top