Pelantikan Pengurus Golkar Tanpa Wenno – Ambon Ekspres
Politik

Pelantikan Pengurus Golkar Tanpa Wenno

AMBON, AE.–– Resmi sudah Kepengurusan DPD I Partai Golkar Maluku hasil Musyawarah Daerah (Musda) IX dibawah komando Said Assagaff. Mereka dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP Golkar Setia Novanto.

Menariknya, pelantikan yang dilakukan tanpa kehadiran Yance Wenno. Namun sejumlah petinggi Golkar yakin, Yance akan bergabung kembali dengan jabatan baru sebagai Wakil Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini.
Yance Wenno merupakan mantan Ketua DPD Partai Golkar kota Ambon, dibawah kepemimpinan Zeth Sahuburua, kala itu. Namun dirinya dianggap membangkan karena melakukan berbagai hal yang melanggar.

Bahkan dia disebut-sebut lebih memilih mendukung pasangan Paulus Kastanya-Syarif Armyn Latuconsina, ketimbangan Richard Louhenapessy-Syarif Hadler.

Meski membangkang, Wenno kembali diangkat menjadi salah satu wakil ketua pada kepengurusan DPD I Golkar Maluku. Saat pelantikan, Wenno tidak terlihat. Sejumlah petinggi DPD maupun DPP Golkar tidak mempersoalkan ketidakhadirannya. Mereka optimis, setelah dilantik dengan jabatan yang baru, Wenno akan memenangkan segala keputusan partai untuk kepentingan pilkada, khususnya kota Ambon.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Timur, Aziz Samual tidak mengetahui alasan ketidakhadiran Wenno pada pelantikan kepengurusan DPD I Golkar Maluku. Dia akan menanyakan masalah ini kepada para pimpinan DPD Maluku. Bahkan akan dilakukan berbagai pendekatan secara internal sehingga tidak ada kader yang membangkang atau mbalelo.

BACA JUGA:  Berkas Remond Tuntas Pekan Depan

“Kalau soal Yance mungkin beliau ada sakit, karena saya juga tidak tahu. Mungkin ada hal yang belum diketahui. Tetapi akan kita konfirmasi. Sesuai aturan partai jika sudah ada rekomendasi atau perintah DPP maka semua kader harus menaati aturan. Jika tidak taat akan diberikan sanksi partai sesuai PO dan juklak yang berlaku,” tandas Samual, kepada awak media usai pelantikan, di Natsepa Hotel, Selasa malam (18/10).

Dia menilai, sebagai kader Golkar, tidak perlu berprasangka buruk karena ketidakhadiran Wenno berdasarkan alasan khusus dan telah meminta ijin kepada pimpinan DPD. Karena itu dia optimis, Wenno akan kembali bergabung dengan DPD untuk memenangkan Golkar di Maluku.

Sekretaris DPD Golkar Maluku, Roland Tahapary menjelaskan, bahwa secara resmi undangan pelantikan pengurus DPD telah diberikan sebelumnya. Namun ada sesuatu dan lain hal sehingga Wenno tidak dapat menghadiri proses pelantikan.

“Saya tidak mau sampai ke situ. Tetapi undangan secara resmi sudah kita berikan. Tetapi dia (Yance Wenno) sudah ijin kepada saya. Bahwa dia sementara berduka karena anaknya meninggal. Tapi nanti dia akan bergabung juga bersama kita di Golkar. Itu yang dia janjikan lewat telepon kepada saya,” papar Roland.

BACA JUGA:  Klaim Menang di Zona Baguala-Sirimau

Menurutnya, proses pelantikan DPD Maluku merupakan sebuah kehormatan karena dilantik langsung oleh ketua umum DPP Golkar. Momentum ini menjadi dorongan untuk seluruh berusaha keras memenangkan keputusan DPP, termasuk agenda pilkada.

Target 60 Persen
Disi lain, Ketua DPD I Golkar Maluku, Said Assagaff, dalam pidatonya mengatakan, Maluku akan menghadapi pilkada di lima kabupaten/kota. Yakni kota Ambon, Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah (Malteng), Buru dan Maluku Tenggara Barat (MTB). Dimana Partai Golkar telah melakukan berbagai deklarasi bersama-sama dengan partai pendukung lainnya demi memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Proses pelantikan DPD I serta II PG merupakan sebuah amanah untuk membesarkan Golkar di Maluku. Assagaff berjanji menjadikan Maluku sebagai basis kemenangan Golkar, baik di pilkada, pileg maupun pilpres.

“Tahun 2017 ada 5 kabupaten/kota yang ikut pilkada serentak. Dan kami telah melakukan deklarasi bersama partai pendukung lainnya. Sesuai dengan target Golkar untuk kemenangan pilkada 2017 nanti. kurang lebih 60 persen, kami yakin akan mencapai target 60 persen untuk memenangkan pilkada,” tandas Assagaff.

BACA JUGA:  Proyek Air Bersih Wailulu Mubasir

Assagaff yang juga Gubernur Maluku ini menilai, Maluku memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya Blok Masela, tambang emas di Buru dan Nikel di pulau Seram. Sehingga dalam menyambut HUT Golkar ke 52 pada tanggal 20 Oktober nanti, seluruh kepentingan Golkar di daerah dapat diakomodir oleh DPP Golkar untuk diperjuangkan di pusat.

“Sebagai partai besar di Indonesia, kami ingin agar DPP Golkar lewat ketua umum DPP Pak Setia Novanto dapat memperjuangkan aspirasi kami. Karena Maluku memiliki banyak kekayaan alam,” pintanya. (ISL)

Most Popular

To Top