Maluku Tuan Rumah Liga Futsal Nusantara Grup D – Ambon Ekspres
Olahraga

Maluku Tuan Rumah Liga Futsal Nusantara Grup D

Kailuhu : Ini Keputusan AFI 

Ambon.AE,––Maluku resmi menjadi tuan rumah  Liga Futsal Nusantara (LFN) grup D wilayah timur. Kepastian ini didapat dalam rapat koordinasi Asosiasi Futsal Indonesia (AFI), belum lama ini di Jakarta.

Penunjukkan Maluku sebagai tuan rumah LNF juga berdasarkan SK (Surat Keputusan) yang ditandangani oleh Ketmu AFI, Hary Tanoesoedibjo dengan nomor : 196/Nasional/X-2016 tentang penunjukkan tuan rumah Linus Futsal musim 2016.

Di grup D wilayah timur, tim Maluku akan berjibaku melawan tim futsal Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tengah (Sulteng), Gorontalo dan Papua Barat.’’ Kami (Maluku) resmi ditunjuk sebagai tuan rumah LFN 2016 grup D wilayah timur yang direncanakan berlangsung 20 November mendatang,’’ beber Edward Junus Kailuhu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Maluku kepada Ambon Ekspres di Ambon, Rabu (26/10).

Dikatakan, daerah lain yang menghuni Grup D, juga mengajukan sebagai tuan rumah. Namun, pengurus AFI lebih memilih Maluku.’’ Semua peserta di Grup D mengajukan diri menjadi tuan rumah. Sehingga pembahasannya cukup lama, tapi hasilnya, AFI menunjuk Maluku karena belum pernah sekalipun menjadi tuan rumah LFN. Kami berterimah kasih kepada AFI atas kepercayaan ini,’’ ucapnya.

Pertimbangan lainnya, kata Kailuhu, Maluku memiliki letak geografis yang berada di tengah di antara peserta lainnya.’’ Kami siap untuk menjadi tuan rumah LFN. Kami ingin event berskala nasional ini berjalan sukses dan kami siap menjadi tuan rumah yang baik,’’ tegasnya.

Dijelaskan, pihak AFP hanya menyelesaikan laga grup D hingga batas waktu tanggal 30 November sesuai dengan permintaan AFI.’’ Sistem laga LFN kandan-tandang. Jadi kami memperkirakan LFN Grup D akan tuntas akhir November mendatang,’’ ucapnya.’’ Hanya dua tim (juara pool dan runner-up) yang berhak lolos ke LFN seri Nasional di Jakarta, Desember nanti,’’ sambung Kailuhu.

Dengan digelarnya LFN di Maluku, Kailuhu berharap animo masyarakat untuk mendukung dan juga bermain olahraga dalam ruangan ini bisa meningkat agar nantinya bakat-bakat futsal bermunculan.’’ Tim Maluku akan bersua Sulawesi Tengah di laga pembuka. Kami berharap, anak-anak Maluku bisa menang di ‘rumah sendiri’,’’ harap Kailuhu.

Pria berkacamata ini menambahkan, meskipun persiapan tidak terlalu banyak dilakukan oleh Tim Futsal Maluku, namun optimisme para pemain terus dibangun melaui latihan dan kerja keras. Selain itu juga posisi tuan rumah agar bisa dimanfaatkan sebagai pendukung atau semangat untuk bermain

.’’ Tim Futsal Maluku tidak terlalu kalah dibanding tim dari daerah lain. Kami berharap, mereka bisa lolos ke fase selanjutnya,’’ kata Kaihulu menutup pembicaraan.(ZAL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!