Pesisir Pantai Piru Dipenuhi Sampah – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pesisir Pantai Piru Dipenuhi Sampah

PIRU, AE.—Sepanjang pesisir pantai Piru, ibukota Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dipenuhi tumpukan sampah. Salah satu titik utama sampah berada di pantai Sungai Layueng Desa Piru, Kecamatan Seram Barat. Olehnya itu, Pemkab SBB diminta untuk menindaklanjuti kondisi ini. Pasalnya, Piru terlihat semakin kumuh.

Tokoh masyarakat SBB, Lambertus Matayane kepada Ambon Ekspres mengatakan, tumpukan sampah di sepanjang pesisir pantai Piru dari Dusun Kilo Satu hingga Dusun Waemeteng Pantai bahkan hingga ke Desa Ety sampai saat ini belum pernah ditangani.

Masalah tersebut, kata dia, belum mendapatkan perhatian serius dari Pemkab SBB. Sebab sampah-sampah tersebut berserakan kemana-mana. ‘’Terlihat seperti lautan sampah. Posisi pantai Piru seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) saja,” katanya.

Menurutnya, pesisir pantai Piru dan air Sungai Layueng sudah lama menjadi tempat pembuangan sampah. Bahkan volume sampah di bibir pantai yang dikirim dari sungai layueng bertambah saat musim hujan. Dikatakan, konidisi ini sangat mengganggu masyarakat dan lingkungan. “Hampir setiap hari kiriman sampah terus berlangsung. Terlebih saat terjadi banjir akibat meluapnya sungai dan sampah sampah tersebut juga berasal dari terminal dan Pasar Piru” cetusnya.

Dengan terus meningkatnya volume sampah di pesisir pantai, lanjut dia, kondisi pantai semakin rusak. Sebab, tumpukan sampah tersebut sulit dikelola. Sampah dari berbagai jenis tersebut akhirnya menumpuk begitu saja di sepanjang bibir pantai.

“Selain menimbulkan kerusakan pantai, menurut saya, sampah di pesisir panatai Piru terlebih khusunya Sungai Layueng menyulitkan para pegiat lingkungan untuk melakukan upaya konservasi berupa penanaman mangrove di lokasi tersebut,’’ terangnya.

Lebih lanjut dia katakan, dengan tumpuhkan sampah yang begitu banyak dan berhamburan kemana-mana di peisir pantai Piru akan berdampak terjadi kerusakan dan hal ini dalam jangka kurun waktu lima tahun terakhir kondisi pantai akan sangat memprihatinkan.

Dia menjelaskan, tumpukan sampah di pesisir pantai Piru adalah kiriman dari pembuangan sampah di sekitar terminal dan pasar Piru. Sampah-sampah itu mengalir lewat Sungai Layueng, kemudian menumpuk di pesisir. Oleh sebab itu, dirinya memintah kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait untuk segerah mengatasi hal tersebut. (CR1)

Most Popular

To Top