spurs takluk 0-1 dari leverkusen – Ambon Ekspres
Olahraga

spurs takluk 0-1 dari leverkusen

Tottenham Hotspur gagal memaksimalkan dukungan suporter sendiri ketika menjamu Bayer Leverkusen. Spurs takluk 0-1 dari tamunya itu.

Menjamu Leverkusen di Wembley, Kamis (3/11/2016) dinihari WIB, Spurs sejak awal direpotkan dengan pressing gencar Leverkusen. Meski pada prosesnya berhasil keluar dari tekanan, skuat Mauricio Pochettino kesulitan membangun serangan yang baik.

Sebaliknya, Leverkusen beberapa kali diuntungkan kesalahan pertahanan Spurs. Lewat sebuah serangan di menit ke-65, anak-anak asuh Roger Schmidt pada akhirnya mencetak gol lewat sepakan Kevin Kampl.
Kemenangan ini membawa Leverkusen naik ke posisi dua Grup E dengan nilai enam dari empat laga. Mereka menggusur Spurs ke posisi tiga yang baru mengumpulkan empat poin.

Sementara itu, AS Monaco masih memimpin klasemen usai menang telak 3-0 atas CSKA Moskow di partai lainnya. Monaco kini punya nilai delapan, sementara CSKA yang menempati posisi terbawah punya dua angka.

Jalannya Pertandingan

Selepas kick-off, Leverkusen mengambil inisiatif menyerang dan menekan lewat sisi kanan. Beberapa kali mereka berhasil melepaskan umpan silang berbahaya ke dalam kotak penalti, tapi masih belum ada rekan yang menuntaskannya.

Spurs di sisi lain sempat agak kewalahan dengan pressing yang dilakukan Leverkusen. Tapi perlahan-lahan mulai mampu mengatasinya, meski masih belum mampu membangun serangan yang mengancam.

Percobaan pertama baru tercipta di menit ke-33, dari kubu Spurs. Christian Eriksen menggiring bola di tengah dan melepaskan sepakan keras. Bola masih meluncur tepat ke arah kiper dan ditepis oleh Bernd Leno.
Sebuah kesalahan dari Kyle Walker nyaris saja dibayar mahal oleh Spurs. Kontrol yang kurang sempurna membuat bola dicuri Julian Brandt yang berlari dari belakang.

Akan tetapi Brandt kehilangan momentum karena terlalu lama menggiring, lantas menyodorkan bola ke Javier Hernandez yang berlari bebas di belakangnya. Tapi sepakan Hernandez cuma melesat di samping kiri gawang, setelah sempat membentur kaki Walker yang melakukan tekel.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Charles Aranguiz mengarahkan bola lambung ke tiang dekat. Bola disambar Admir Mehmedi tapi cuma berakhir di kiri gawang.

Di masa injury time, Spurs sempat mengancam lewat sepakan keras Vincent Janssen. Bola pantul disambar Dele Alli jadi gol. Tapi sebelum itu wasit sudah lebih dulu menyatakan pelanggaran oleh Janssen terhadap Jonathan Tah.
Babak pertama berakhir 0-0.

Empat menit babak kedua berjalan, Spurs mengklaim penalti setelah Alli terjatuh saat melakukan tusukan dari sisi kiri. Tapi wasit tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Bola kemudian bergulir ke arah Eriksen dan disepak ke arah gawang, namun melebar tipis ke kiri.

Eriksen kembali melakukan percobaan dari luar kotak penalti di menit ke-55. Masih bisa diantisipasi oleh Leno. Empat menit berselang giliran Janssen melepaskan upaya dari sudut sempit, yang berakhir di samping kiri gawang.
Sebuah kesalahan lagi-lagi dilakukan lini pertahanan Spurs di menit ke-61. Eric Dier kehilangan bola saat hendak melakukan backpass dan diserobot Mehmedi.

Mehmedi mengoper ke tengah, disambar sepakan oleh Hernandez tapi membentur Jan Vertonghen. Bola pantulan kembali disepaknya ke arah gawang, kali ini tepat di pelukan Hugo Lloris.

Empat menit berikutnya, Leverkusen benar-benar mencetak gol. Di depan kotak penalti, Kevin Kampl memantulkan bola ke Aranguiz di belakangnya.

Aranguiz lantas coba melepaskan sepakan, tapi membentur bek Spurs. Beruntung bagi Leverkusen, bola jatuh di kaki Kampl yang sudah berpindah posisi ke sisi kiri di dalam kotak penalti. Dengan satu sepakan ringan, dia menaklukkan Lloris.

Kesempatan untuk Leverkusen tiba lagi di menit ke-80 melalui sepak pojok. Umpan lambung Calhanoglu disundul Omer Toprak, hanya saja masih melesat sedikit di atas mistar gawang.

Tiga menit kemudian Spurs nyaris menyamakan kedudukan. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, Dier maju sebagai eksekutor dan mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang. Bola tak terjangkau Leno, tapi mental kembali ke lapangan permainan usai menghantam mistar gawang.

Sampai laga usai, tak ada lagi gol tambahan. Leverkusen pun meraup angka penuh dari kunjungannya ke London. (raw/rin)

Most Popular

To Top